Safety on Valentine’s Day


 photo Motorcycle-passenger-pillion_zpse6wbxlri.jpg

(Andry for Gentlemancode) Happy valentine. Well you know what, dalam korelasinya dengan keselamatan jalan, hari valentine bisa jadi hari baik untuk menunjukkan kasih sayang Lo terhadap orang yang Lo cintai. Bukannya sok romantis, tapi hari valentine ini bisa jadi momentum yang pas buat Lo berdua untuk berubah demi keselamatan. Duh seperti apa sih perubahan yang dimaksud ?

Berilah si dia helm
Sudah sering dong liat pasangan yang menggunakan motor? Buruknya kadang yang terlihat adalah si pengendara mengenakan helm, sementara si pembonceng hanya bermodalkan hoodie untuk menutupi rambutnya alias nggak pake helm.

Tahukah Lo bahwa helm punya fungsi untuk mengurangi efek cedera pada kepala jika terjadi benturan saat berkendara? Selain itu, Lo harus ingat bahwa pemakaian helm saat bermotor bukanlah sebuah formalitas karena takut ditilang polantas tapi bentuklah sebagai sebuah kebutuhan teratas.

Pasangan Lo tentu akan senang kalo Lo memberinya helm dengan kualitas yang sama dengan helm yang Lo gunakan. Apalagi dengan grafis yang sama atau dengan permainan warna yang juga sama. Seragam gitu bro keliatannya. Dengan begitu dia bakal tahu kalo Lo sekarang lebih peduli sama keselamatan dirinya.

Ingatkan si dia tentang seatbelt
Seatbelt. Tidak banyak orang yang mau lebih mengetahui tentang fitur keselamatan yang satu ini. Taunya ya harus dipakai saat naik mobil aja, padahal seatbelt secara fungsi dapat melindungi pengemudi dan penumpang untuk tetap di tempatnya saat terjadi benturan keras. Badan tidak lantas terpental keluar dari kursi yang dapat memperburuk kendaraan.

Layaknya penggunaan helm, penggunaan seatbelt juga harus disertai bunyi KLIK di akhirannya. Ini untuk memastikan bahwa pengunci sudah bekerja dalam melindungi orang yang berada dalam kursi. Dengan menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman maka efek lebih buruk dari sebuah benturan dalam kecelakaan bisa dikurangi, bro.

Pasangan Lo tentu senang kalo Lo mengingatkannya untuk mengenakan sabuk pengaman sebelum kendaraan bergerak. Berikan pengertian dengan bahasa yang manis dimana kebutuhan keselamatan adalah hal yang utama dan katakan padanya bahwa keselamatan dirinya adalah hal terpenting buat Lo.

Semua dimulai dari hal terkecil dan semua dimulai dari diri Lo dan pasangan Lo. Selamat Hari Kasih Sayang.

Advertisements

About this entry