Viar Q1, Ride for the Future


Apa yang kamu harapkan dari sebuah produk sepeda motor dengan konsep motor listrik? Efisiensi bahan bakar, penghematan energi atau untuk maju dengan gaya terdepan soal simplisitas berkendara? Coba lihat produk yang satu ini, Viar Q1, sebuah produk yang resmi diperkenalkan Juni hanya selang beberapa hari sebelum pintu acara Pekan Raya Jakarta 2017 dibuka.

Bagi penggemar browsing otomotif maka produk Viar Q1 ini akan sepintas sama dengan produk Gogoro asal Taiwan. Sepintas sama, pembeda ada di beberapa sisi jika mau memperhatikan detailing-nya. Produk sepeda motor listrik jelas berupaya keras untuk jadi barometer kendaraan masa depan. Q1 di dapuk bisa jadi alat kontribusi bagi masa depan bumi dengan menawarkan kinerja mesin tanpa emisi. Suara yang dihasilkan cenderung nihil hingga kamu tak akan sadar sedang dihampiri Q1.

 photo IMG-20170606-WA0019_zpsco7aiibz.jpg

Dari sisi operasional jelas akan rendah dengan gerakan yang dihasilkan dalam satu kali pengisian penuh baterai, Q1 diklaim mampu melahap hingga 50 kilometer. Penggeraknya pun tidak main-main karena disokong BOSCH yang punya komitmen untuk menggandeng satu produk lokal di setiap negara sebagai upaya kerjasama. Nilai plus yang amat menguntungkan bagi Viar tentunya.

Garis desain membulat memang untuk saya tampak tidak terlalu futuristis tapi dengan janji ketahanan terhadap air dan kemudahan mengisi daya layaknya mengisi baterai ponsel membuat Q1 kian menjanjikan. Apalagi secara lisan pihak Perusahaan Listrik Negara sudah mengatakan dukungannya dalam metode pengisian yang akan tersedia di banyak tempat. Tinggal colok ke gardu.

Lalu impresi berkendaranya?

Low noise jelas jadi PR karena entah bagaimana hilangnya suara ini jadi membuat kurang aman dari sudut pandang ‘safety‘. Tidak ada pemberitahuan gerakan bahwa sedang ada motor yang melintas karena tidak mungkin harus membunyikan klakson setiap saat.

 photo IMG-20170606-WA0020_zps8bpp93xl.jpg

Sudut duduk cenderung tegak dengan jok yang nyaman, sayang ruang bagasi masing terbilang kecil padahal moda motor listrik ini lebih pas jadi kendaraan rumahan dengan radius jarak tempuh yang cukup beberapa kilometer saja. Bukan sebagai kendaraan harian pulang pergi di dalam perkotaan. Setidaknya itu menurut saya ya…

Anyway congrats. Saya tertarik punya ini tapi dengan skup pemakaian di lingkar perumahan saja. Untuk berkendara di keramaian kota jelas saya tidak begitu merekomendasikan. Untuk spesifikasi lengkap kendaraan seharga 16jutaan, Viar Q1 dapat dilihat di kanal www.e-viar.com. Foto : Didik/Teguh

 photo IMG-20170606-WA0022_zpsar8jhkyo.jpg

Advertisements

About this entry