Kencani Honda CRF250 Rally


 photo _DSC2662_zpss8h9gl7i.jpg

Saya menatap agak lama sebuah Honda CRF 250 Rally yang dipajang persis di depan resto tempat berkumpul sebelum test ride. Saya perhatikan satu per satu pengunjung yang mencoba naik ke atas motor dan berfoto. Saya perhatikan setiap kaki mereka berbanding dengan tinggi tubuhnya. “Motor yang cukup jangkung”, bathin saya. Oke saya akan mencobanya, dan ternyata saya jinjit saat idle.

Honda CRF 250 Rally adalah dagangan baru Astra Honda Motor di tahun 2017 dan langsung menarik perhatian publik. Kedatangannya tak jauh dari tanggal di rilisnya Kawasaki Versys 250, varian si hijau yang sebenarnya punya DNA berbeda dengan si merah. Versys punya roh sport-adventure sementara CRF punya off-road lebih kental.

 photo _DSC2667_zpsagwrizvb.jpg

Surprisingly Honda CRF 250 Rally amat ringan, seperti menunggangi motor kelas 150. Saat duduk pertama kali saya mencoba naik turun jok dan suspensinya dengan bobot saya yang 79 kg. Goyang kanan goyang kiri tampak mudah. Jok akan mudah membuat joki kepanasan jika dipaksa tur on road, ini wajar karena aura main off-road nya lebih kental ketimbang jadi mesin penjajah aspal.

Bagaimana dengan kapasitas tanki bahan bakar? Tanki penuhnya dapat menemani jarak perjalanan dari Jakarta menuju Tegal alias sekitar 300 kilometer.

 photo _DSC2664_zpsa6aa84b2.jpg

Beberan spesifikasi bisa langsung dilihat di web Astra Honda dan spesifikasi pihak pabrikan memasukkan seri 250 ini ke lini big bike mereka. Dengan garis desain  Honda CRF 450 Dakar Rally, seri 250 ini sangat menggoda mata calon konsumen. Yang saya pikir agak mengganggu adalah desain lampu depan asimetris ala mata Sinchan. Ini memang opini pribadi dan rasanya sisi tersebut bisa tertutupi dengan pagar lampu yang asesoris-nya dijual terpisah.

Sekarang mari menabung untuk pundi-pundi mencapai 60 jutaan untuk membawa Honda CRF 250 ini pulang. Berminat ?

 photo _DSC2659_zpst7pgsyho.jpg

Foto by Elang Jalanan.

About this entry