Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk


 photo IMG_20150822_090135-01a_zpso9y0zqqe.jpeg

Hari cerah. Motor masih tegak terparkir di halaman belakang. Ada rencana saya untuk menyambangi Gunung Pancar pagi itu, sayang debit hujan yang kabarnya tengah naik di wilayah Sentul mengurungkan niat saya. Pilihan kedua adalah bergerak ke utara Jakarta, tepatnya sebuah lokasi wisata alam bernama Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk. Jalan-jalan singkat pun dilakukan.

Mendengar lokasinya saja saya sedikit was-was. Utara Jakarta punya koleksi lalu lintas yang bikin ngeri, tidak lain mulai dari kendaraan berbadan super besar, bertebarnya debu hingga tentunya para pemotor berani mati. Dag dig dug ser bener…

Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk berada di wilayah Angke (Jakarta Utara), nama daerah yang cukup familiar dengan banjir, macet dan truk-truk besar. Untuk mencapainya sebenarnya tidak jauh dari pusat kota Jakarta, hanya soal simpul macetnya saja yang bikin gemas. Stres dan penat bisa hilang timbul saat datang dan pergi.

Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk memiliki harga tiket masuk Rp 25,000.- untuk orang dewasa dan Rp 10,000.- untuk anak kecil, sementara kendaraan dikenai Rp 5,000.- untuk motor dan Rp 10,000.- untuk mobil. Lalu ada lagi biaya yang sulit diterima yaitu beban Rp 1,000,000.- untuk pengunjung yang membawa kamera profesional alias DSLR.

 photo IMG_20150822_090150-01a_zps0oht8nu7.jpeg

Dengan mudahnya promosi lokasi wisata melalui jejaring media sosial rasanya beban biaya soal kamera profesional rasanya angka tersebut tidak wajar, entah karena apa kebijakan itu timbul. Harusnya pengelola bisa memanfaatkan masyarakat wisatawan kita yang doyan gaul melalui foto-foto dengan lanskap cantik, mereka berfoto (dengan kamera jenis apapun) dan mengunggahnya ke dunia maya justru bisa dijadikan promosi gratis kawasan mangrove yang notabene punya misi mulia dalam hal pelestarian alam. Gegara kebijakan itu beberapa teman menyatakan emoh masuk taman.

HIJAU MANGROVE
Wisatawan sejak awal sudah disuguhi hawa teduh dimata meski secara riil panas Jakarta tetap masih saja menyerang daerah ini.

Jejeran bangunan mulai dari taman kelinci hingga kantin ada di bagian depan lokasi wisata, bangunan toilet mendampingi di sebelah kiri. Sejauh mata memandang saya melihat beberapa bangunan kayu dan lapangan yang difungsikan sebagai area inap dan berkegiatan. Sayang tak tampak para petugas lokasi wisata yang idealnya ada di segala penjuru yang bisa difungsikan sebagai teman jalan yang informatif.

 photo IMG_20150821_155220-01a_zps5rvovzqb.jpeg

 photo IMG_20150821_153724-01a_zpsph9it7bv.jpeg

Menilik dari fungsi, hutan mangrove atau hutan bakau memiliki kemampuan melindungi garis pantai dari ancaman gelombang air yang hendak masuk ke daratan. Di areal wisata taman mangrove sendiri bahkan menjadi hunian beberapa macam burung yang hilir mudik melintas. Yang sedikit kontras adalah ‘burung besi’ yang ikutan lewat setiap saat mengingat taman mangrove ada pada jalur pendaratan pesawat terbang di bandar udara internasional Soekarno-Hatta.

Nah buat yang enggan melepas waktu jauh dari kota Jakarta dan butuh tempat singgah hijau bisa datang menikmati pesona tepian utara Jakarta di taman mangrove ini. Bahkan jika punya waktu lebih bisa memanfaatkan ruang-ruang homestay yang dipatok harga mulai dari Rp 400,000.- per malam.

 photo IMG_20150821_154755-01a_zpsre9wyr8g.jpeg

Tips nya tak lain soal lalu lintas keluar masuk lokasi wisata taman mangrove yang terhitung menyebalkan, bersabar saja ya karena ini Jakarta. Lalu soal biaya yang dipatok soal penggunaan kamera profesional. Terakhir jangan lupa siapkan air minum untuk bekal jalan serta tak ketinggalan tongkat narsis (tongsis) untuk mendokumentasikan senyum kita di setiap sudut hutan dan taman mangrove. Oiya, buat yang mau menyumbang pengadaan bakau bisa langsung menghubungi pengurus yang ada disana.

Selamat jalan-jalan di Jakarta.

Perjalanan ini didukung oleh :
#VIARCrossX200SE
#CORSAmotorcycletire
#Donimoto
#WDGarage

2 thoughts on “Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s