Bagaimana Rasanya Touring Naik Motor Sport Seperti Yamaha R25?


(Aditya Maulana/Padang) – Anda pasti sudah tahu Yamaha R25 merupakan motor sport, bukan motor yang memiliki karakter touring. Tapi, jika dipakai touring, bagaimana rasanya ya, apakah nyaman?

 photo pdg_bkt3_zpscf0679a6.jpg

Dalam touring Road Warriors 2014 dengan tujuan Jakarta-Padang. Ada 2 motor sport Yamaha R25. Motor itu digunakan oleh Konsultan Safety Riding dari MotorMasse Motourindo Andry Berlianto. Ia mengendarai R25 dimulai dari Bandar Lampung hingga ke Padang, Sumatera Barat.

Menurut pria yang akrab disapa Andry, Yamaha R25 memang bukan motor touring melainkan motor sport. Jadi untuk dibawa perjalanan panjang sedikit kurang cocok.

Tapi, ada yang menjadi nilai positif jika motor ini dibawa touring. Yup, dari sisi suspensinya ternyata R25 cukup nyaman untuk dibawa jalan jarak jauh apalagi melibas jalanan yang rusak atau bergelombang.

“Bukan berarti enak dibawa off-road, tapi jalanan aspal yang sedikit bergelombang dan berlubang. Selama di perjalanan kan banyak tuh jalan yang seperti itu, dan saya merasakan suspensinya sangat nyaman,” beber Andy.

 photo YamahaR25_RW2014_zpsb37d1c19.jpg

Dari posisi berkendaranya juga karena R25 merupakan motor sport, jadi stang jepit kurang nyaman. Tapi kalau jalanannya lurus dan berkelok-kelok tanpa adanya lubang sangat nyaman dan enak sekali.

Menariknya lagi kata Andry, indikator yang ada di odometernya sudah digital semua. Apalagi ada lampu indikator yang akan memberikan informasi kepada pengendara untuk memindahkan gigi.

“Jika digas dan RPM sudah tinggi, lampu di odometer akan berkedip-kedip, itu waktunya Anda memindahkan gigi. Kalau tidak dipindahkan giginya maka lampu itu berkedip lebih cepat,” ujarnya.

Andry juga mengagumi desain Yamaha R25 yang fairingnya berbentuk hiu sehingga sudut desainnya terlihat lebih apik dan bisa mewakili karakter R25 secara keseluruhan.

Sementara karakter R25 itu sendiri menjurut Andry tidak galak pada putaran awal, ini yang menjadikan motor sport seperti R25 sedikit nyaman diajak touring atau jalan jauh, apalagi jika jalannya lurus dan berkelok-kelok.

 photo RW2014_FullTeam_zps41d7cfac.jpg

CERITA DAN VIDEO PERJALANAN #roadwarriors2014 BISA KLIK DISINI

Teks : Adit DetikOto – Foto : Pribadi

Advertisements

About this entry