(Motomaxx) Jajal Royal Enfield Classic 500 Battle Green


 photo panen_padi01_small_zps4609baca.jpg

Matahari tampak masih malu-malu menyapa saya di sudut desa Baturiti, kecamatan yang punya udara sejuk dan masuk dalam kabupaten Tabanan, Bali. Di selatan dan timurnya berbatasan dengan kabupaten Badung, sementara di utara bertetangga dengan kabupaten Buleleng dan berdampingan dengan kecamatan Tabanan di barat. Hari itu (Senin, 30/6) saya memenuhi undangan seorang kawan yang tinggal di Baturiti, pak Zacharia Soedjito yang menjanjikan sebuah pengalaman baru dari sebuah paket tur sepeda motor klasik.

Pak Zacharia, yang juga pengusaha sukses Cafe Tahu, tampak sudah mengeluarkan dua unit Royal Enfield Classic 500 persis di beranda garasi yang juga menyimpan lima unit Royal Enfield lain, beberapa motor mini Gazgas dan satu unit Honda Goldwing. Satu yang menarik minat mata adalah unit berwarna hijau doff yang  menggendong aksesoris dua tas kulit, sebuah Royal Enfield 500 Battle Green.

Saya tidak ingin membandingkan Royal Enfield Classic 500 ini dengan Suzuki Inazuma yang saya kendarai dari Jakarta menuju Baturiti, keduanya jelas punya arah dan gaya yang 360 derajat berbeda. Tepat pukul 7 pagi tur mengelilingi pedesaan di Baturiti dan Buleleng pun dimulai. Saya kenakan helm jenis ‘open face’ dengan desain klasik, menyamakan gaya dengan kendaraan yang punya aura klasik kental. Saya harus menyingkirkan sejenak nyamannya jok dan tenaga besar dari Suzuki Inazuma dan berpindah mengalirkan semangat era peperangan di atas ledakan mesin Royal Enfield (RE).

 photo IMG_0097_small_zpsb34bfb57.jpg

RE Classic 500 Battle Green ini menggendong mesin injeksi murni 499 cc, 4 tak dan satu silinder. Wheelbase nya yang mencapai 1370 mm memiliki beberapa fitur menarik seperti pegas pada jok hingga desain lampu depan menyerupai peluru. Tool boxnya terselip di sisi kanan dengan posisi sedikit di bawah paha pengendara. Mengusung ban 18 inchi dengan karakter suspensi yang sebenarnya saya rasakan cukup keras.

Sedari awal pak Zacharia sudah mengingatkan saya untuk menikmati getaran dan ledakan mesin baik saat kendaraan melahap tikungan hingga turunan di perbukitan Buleleng, pun saat masuk ke sudut-sudut lahan offroad ringan saat menuju sebuah situs geo-thermal yang sudah tidak terpakai.

 photo RE01_zpsc12a2f0a.jpg

RE mengusung tagline ‘Made Like a Gun’, tagline yang ternyata memang bisa membawa saya seperti sedang mengusung meriam. Saya sebenarnya juga tidak tau seperti apa getaran meriam, sebuah senjata maha dahsyat di era peperangan jaman Belanda dulu.

Paket tur RE yang ditawarkan pak Zacharia ini memang menawarkan pengalaman yang berbeda, dentuman mesin yang meledak-ledak, pemandangan apik pura di desa-desa Bali, kuliner khas pulau Dewata hingga mengunjungi lokasi pariwisata yang mengedepankan panorama apik danau dan perbukitan seperti saat mengunjungi danau Buyan dan danau Tamblingan.

 photo RE_Tours03_small_zpsc47a7532.jpg

Paket tur wisata bermotor yang dapat dirasakan baik oleh wisatawan lokal maupun internasional ini dapat menjadi pilihan saat melakukan wisata di pulau Bali. Lupakan sejenak bermain di pantai-pantai indah Bali dan mulailah merasakan pengalaman berbeda dalam menikmati pulau yang kerap di cap punya sensasi surgawi ini.

Tak habis opsi, pak Zacharia masih memiliki tur dengan motor mini Gazgas Gorilla sebelum saya mengakhirinya dengan petualangan kuliner menyantap enam menu olahan tahu ala Cafe Tahu. Mau coba petualangan-petualangannya? Silakan kontak nomor 0811.392.334 atau langsung ke jalan raya Bedugul, lokasinya sekitar satu kilometer setelah toko kaos terkenal Bali, Joger Luwus jika datang dari arah Denpasar.

Perjalanan ini turut didukung oleh Suzuki Indomobil Sales, ban motor Corsa, 7Gear, Ticket to the Moon, Hippo powerbank, Contin, Bafin headwear, Kuta Playa Hotel & Villa, Stuart Komodo Travelindo, Badakhitam serta Ring of Fire Adventure (RoFA) Perlindungan. | Tulisan sudah naik cetak di majalah Motomaxx edisi September 2014.

One thought on “(Motomaxx) Jajal Royal Enfield Classic 500 Battle Green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s