Meraba Indonesia ala Zamrud Khatulistiwa


 photo IMG_20140520_201247709-1_zpse3ad0fbf.jpg

Ahmad Yunus, seorang guru, seorang mentor, setidaknya mewakili apa yang saya dapatkan dari sosok kawan yang tengah sibuk dengan rencana perjalanan MERABA INDONESIA yang kedua. Soal seperti apa perjalanan milik beliau berikutnya saya tidak akan bocorkan disini tapi tulisan ini akan menyempit soal buku ‘MERABA INDONESIA’ sesi pertamanya. Bersama mas Farid Gaban, Ahmad Yunus menepikan ‘kendaraan dinas’ nya yang berwujud Honda Win 100 ke hampir setiap sisi terluar milik Indonesia, menyentuh pesisir untuk menggali cerita Indonesia lebih dalam.

Gila, ini ekspedisi gila, segila kendaraan yang mereka bawa. Jakarta mereka tinggalkan dengan semangat untuk bisa keliling Indonesia, keliling untuk mendatangi pulau-pulau terluar di Indonesia. Di buku seharga 75.000 rupiah ini pembaca akan mendapatkan sebuah cerita perjalanan dengan narasi sastrawi yang menarik diikuti, sisipan keping dvd dengan durasi film 50 menitan melengkapi ilustrasi perjalanan.

Dalam buku ini dokumentasi tidak dominan, cerita berpusat pada gaya penulisan Ahmad Yunus yang ringan serta mampu membawa serta pembaca ke setiap jengkal pengalaman mengasyikan saat berpetualang. Temukan ceritanya saat tak sadar masuk tol di Merak, saat bersusah payah masuk di lingkungan wisata Kiluan, saat menemukan ‘bajak laut’ hingga saat pasrah menerima keadaan di sebuah kapal feri yang mengangkut mereka ke pulau-pulau terluar nusantara.

 photo IMG_20140520_232523096-1_zps0d34d165.jpg

Sebagai sebuah bagian dari koleksi pustaka setidaknya buku MERABA INDONESIA saya pikir wajib dimilki oleh mereka yang gemar berpetualang. Cerita demi cerita mengalir menarik dan runut sesuai alur rute yang mereka gunakan. Mereka dalam buku tampak tidak saling klop 100% dan disitulah ‘drama’ menjadi kian menarik, terlebih fakta bahwa Ahmad Yunus sebenarnya adalah ‘anak gunung’ dan pantai bukanlah lingkungan yang akrab buatnya. Tapi yang terjadi sebaliknya, rangkaian cerita mengalir mulus menceritakan banyak pengalaman. MERABA INDONESIA, sebuah referensi, sebuah edisi sadar diri wahai kau Indonesia.

 photo IMG_20140510_113413241_zpse3fd0b74.jpg

(kika) : Ahmad Yunus – Andry – Ari BAFin

One thought on “Meraba Indonesia ala Zamrud Khatulistiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s