Buku ‘Stalking Indonesia’-nya Margareta Astaman


 photo 10155361_491106197656899_4652012334890751255_n_zps125b614a.jpg

Apa yang anda cari dari sebuah buku tematis traveling? Tentunya opini akan mengalir berbeda, seperti ada yang murni mencari referensi hingga ke aspek detil, sekedar mencari gambaran umum destinasi hingga mereka pemburu cerita perjalanan. Lalu kemana arah bacaan berjudul ‘Stalking Indonesia’ karya Margareta Astaman ini?

Dari sinopsis yang tertulis sang penulis sudah mewanti-wanti para calon pembeli untuk memastikan buku apa yang dicari. Katanya begini, “Mereka yang sedang mencari buku panduan bagaimana cara mencapai sebuah daerah tujuan wisata dan macam-macam atraksi yang bisa dinikmati di sana, harap cari buku lain! Ya, yang di sana itu! Termasuk yang ada tulisan LONELY PLANET!”.

 photo 10329196_491106237656895_8832463645174421834_n_zps91a72010.jpg

Nah, cukup gamblang dan memang buku bukan membahas ‘how to get there’ ke sebuah destinasi-destinasi apik milik Indonesia, yang ada hanyalah curhatan menarik seorang pejalan (traveler) yang selalu ingin tau. Tidak heran cerita pengalaman buruk selama perjalanan akan menjadi bagian dari buku ini termasuk culture shock hingga over-pede dalam menyikapi kegiatan jalan-jalannya.

Sebagai sebuah referensi alternatif saya melihat buku ini sebagai sebuah bacaan yang seru dan ringan, tindak-tanduk riang dan pengalaman lucu (=buruk) sang penulis ditampilkan secara sederhana. Mungkin saja kita di kesempatan perjalanan berikutnya akan mengalami hal serupa. Cocoklah untuk bacaan di saat senggang.

Dengan banderol 60ribu-an, buku yang saya lihat pertama kali di Gramedia Matraman Jakarta ini akhirnya baru bisa terbeli di Gramedia Jogjakarta. Sampulnya menarik karena menempatkan sebuah teropong yang mengarahkan pandangannya ke sebuah gambaran peta nusantara. Dominasi warna kuning dan menaruh penyebutan ‘gue’ di tiap artikel nya membuat buku ini makin ringan untuk dibaca.

Awas, bagi yang punya gaya traveling yang berbeda barangkali bakal spontan menyerukan semburan kalimat negatif buat buku seperti yang dituturkan teman saya saat dimintai pendapat, “ah … lebay banget jalan-jalan kesitu doank, bukan petualang kayaknya nih!”. Saya pun mengiyakan dan terus membaca buku ringan ini.

Foto : pribadi dan blog Margareta

One thought on “Buku ‘Stalking Indonesia’-nya Margareta Astaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s