Day Four #2Ride7Adv

Photobucket

Kuta Bali menjadi tempat start kami di hari ke 4 perjalanan 2Ride7, hitungannya menjadi hari pertama saya dan Hendrawan menjalani perjalanan bersama dalam ekspedisi ber tajuk Motorcycle Safety Adventures ini. Di saat catatan perjalanan ini saya tulis, perjalanan ini juga sudah menjadi salah satu artikel traveling di kolom Adventure milik majalah Tamasya. Dalam terbitan Juli 2012, 2Ride7 hadir 5 halaman tepatnya di halaman 83-87. Disana terpampang sebagian dokumentasi kami saat di Bromo, bukit Jemplang, Piket Nol Jember hingga Gili Air dan sudut rute utara Lombok. Yuk lanjut cerita di hari ke 4.

Agenda sekaligus target berikutnya adalah menuju Lombok dengan destinasi utama Pantai Mandalika dan Tanjung Aan, pantai Mandalika ini sebelumnya dikenal dengan nama pantai Kuta (juga). Atas alasan tidak ingin hadir sebagai bayang-bayang ketenaran nama Kuta Bali akhirnya nama Mandalika dipilih sebagai nama baru pantai di sudut selatan Lombok.

Untuk destinasi Lombok ini saya sudah jauh-jauh hari membuka pertemanan dengan mereka yang jauh lebih mengenal Lombok, mereka adalah komunitas @onofflombok dan sis Meyza Mawarila, yang satu adalah sebuah komunitas sementara satunya lagi adalah Putri NTB yang kini aktif jadi duta pariwisata. Via akun twitter saya banyak chit-chat dengan mereka dan mengumpulkan informasi seputar keindahan Lombok.

Photobucket

Berangkat santai dari Kuta dan mampir terlebih dahulu di sebuah warung untuk sarapan akhirnya tim bergerak di jalur menuju pelabuhan Padangbai dan selanjutnya menyeberang ke pelabuhan Lembar di Lombok. Satu hal yang pasti membuat saya tertarik di pesisir selatan Bali ini adalah ditunjukannya banyak plang jalan menuju belasan pantai di Bali. Destinasi yang harus saya tahan dulu karena agenda awal tim yang harus tetap di prioritaskan.

7GEAR
Dalam perjalanan ini tim di beri perlengkapan memadai dari produk 7Gear. 7Gear sendiri adalah produk dalam negri yang berkutat dalam produksi perlengkapan turing (touring equipment) hingga apparel macam boots. Kami sendiri di beri perlengkapan side bags hingga tank bag plus sepatu boots. Satu produk percobaan di tempel di buritan Kawasaki D Tracker 250 yaitu dry bags. Dry bag warna stabilo kuning ini menjadi tempat penyimpanan perlengkapan pengganti box. Awalnya dry bag yang difungsikan sebagai side bag juga diberikan tapi paska kekecewaan dalam instalasi besi penampang side bag akhirnya equipment tersebut saya tinggalkan.

Photobucket

7Gear yang dikomandoi bro Adet secara signifikan mampu memberikan alternatif perlengkapan yang terjangkau dari sisi harga bagi para peturing. Web nya sendiri bisa dilihat di 7Gear-Road, tinggal pilih yang disuka dan order bisa dilakukan secara online. Sebuah produk anak bangsa yang kami taruh dalam respect yang tinggi.

MANDALIKA BATAL, BERALIH KE SENGGIGI
Dalam masa penyeberangan ke Lembar saya dan partner memastikan lagi rute yang akan ditempuh termasuk kami melakukan survey kecil-kecilan ke beberapa penumpang kapal. Hasilnya kami harus menyurutkan niat kami bergerak ke Mandalika, atas alasan keamanan akhirnya tim memutuskan bergerak ke Senggigi dan menginap disana. Beberapa penumpang tidak merekomendasikan rute tersebut untuk perjalanan sore hari dan masih minimnya tempat menginap, plus isu tengah ‘hangatnya’ situasi di rute selatan. Memang pada prakteknya kami baru bersandar di Lombok sekitar pukul 4 sore, cukup riskan bagi kami yang masih awam untuk memaksakan perjalanan ke Mandalika.

Akhirnya tim bergerak ke Senggigi. Proses awal perjalanan cukup menarik dan berbekal navigasi GPS di motor New Mega Pro Hendrawan akhirnya tim pun bergerak perlahan keluar dari pelabuhan. Tampak akses keluar pelabuhan masih dalam proses penataan jalan karena kontur jalan yang masih buruk. Lepas dari pelabuhan dan bertemu di persimpangan yang juga menjadi rute ke bandara Lombok akhirnya kami masuk ke kota Mataram.

Lepas makan sore di Mataram maka Senggigi lah tujuan berikutnya. Perjalanan ini saya post secara live di akun Twitter @2Ride7 dan ternyata tim dari Adira FoI (Faces of Indonesia) pun tengah berada di jalur Senggigi. Saling saut di Twitter akhirnya secara tak terduga kami bertemu di sudut bukit yang menampakkan keindahan pantai Senggigi dari kejauhan. Yang membuat saya kaget adalah beberapa dari mereka adalah wajah yang cukup saya kenal. Ada yang dari insan pers otomotif, ada juga yang ternyata teman lama di SMA dulu, ahh…. sempitnya dunia.

Photobucket

Melepas kangen, berkelakar sekaligus saling support atas ekspedisi masing-masing akhirnya harus terbentur matahari yang perlahan menghilang dari pandangan yang membuat sudut bukit kian gelap. Adira FoI sendiri adalah ekspedisi cinta tanah air yang kini masih terus bergerak memberikan wajah Indonesia dari sudut pandang mereka yang catatannya bisa dibaca di website http://adirafacesofindonesia.com/.

Aklhirnya tim pun menepi dan ber istirahat di salah satu homestay harga backpacker yang berada di jalur pantai Senggigi. Esoknya agenda kami adalah memisahkan diri untuk sementara, saya akan menyeberang ke Gili Air atas undangan Omah Gili sementara Hendrawan bergerak ke utara Lombok untuk menikmati megahnya Rinjani dari kejauhan serta menikmati keramahan penduduk sepanjang perjalanan.

Lombok mempesona.

5 thoughts on “Day Four #2Ride7Adv

1. thanks for this updates and really impressed by the tours that you enthusiastic bikers venture into. please continue to send me your up coming events/tours, and would like to meet you one day soon and join a ride with you all. Happy and safe wheeling to all out there. I am in KL now and wish to start living here, being a motorcyclist enthusiast myself, i need to get in touch with you all.
    Thanks once again. Cheers for now-Shyam