Ke Bromo Lagi …


bromo05

BROMO. Ga ada habis-habisnya minat pengunjung mengunjungi titik wisata yang satu ini. Bromo praktis menjadi tujuan wisata wajib kunjung saat anda plesiran di Jawa Timur. Jangan takut mencari pintu masuk menuju Bromo karena tersedia 4 gerbang masing-masing dari Probolinggo, Malang, Pasuruan serta Lumajang. Masing-masing akses punya kelebihannya. Dan malam tadi (7-8 Juli 2012) saya kembali ber kesempatan mampir Bromo bersama rekan-rekan instruktur lain yang tengah punya agenda pelatihan motor di Surabaya Jawa Timur selama satu bulan. Bagaimana kabar Bromo ?

bromo04

Pertama saya hadir di Bromo adalah di 2009 dengan mengendarai Honda City Sport One yang disusul kemudian Mei 2012 lalu dalam ekspedisi 2Ride7 dengan kendaraan Kawasaki D Tracker 250. Ride report versi 2Ride7 menyusul saja ya dan ini saya post soal perjalanan malam tadi.

Awalnya saya pikir grup bergerak ke arah Tosari sekaligus mencicipi jalur menunju Penanjakan via Pasuruan. Tapi ternyata justru bergerak ke arah pintu masuk Probolinggo, jalur yang sudah saya cicipi di 2009. Akibatnya lepas sudah kesempatan mencicipi jalur Pasuruan. Jalur ‘adventorous’ lain yang sudah saya cicipi adalah pintu masuk desa Ngadas dari kota Malang.

bromo16

Gagal naik ke Penanjakan kami pun memutuskan bergerak ke lautan pasir hingga matahari terbit. Malam minggu hingga minggu dini hari suasana di Bromo memang sangat padat baik dengan kendaraan roda empat maupun dua. Cuaca dingin seolah tak mampu menggubris pengunjung untuk mengagumi salah satu panorama terbaik nusantara.

Kini BROMO :

  • Jalur naik tangga menuju kawah dilapisi pasir paska meletusnya Bromo beberapa waktu lalu. Ini membuat lalu lintas naik menjadi berat karena anak tangga nyaris tak terlihat dan licin untuk dibuat naik,
  • Konyolnya, ada saja pengunjung yang naik melalui jalur pasir di luar tangga. Ini sangat berbahaya dan tadi pagi saja saya melihat 3 orang terjatuh terjerembab saat bergerak turun. Satu cukup parah karena kepalanya membentur tanah cukup keras,
  • Pagar pembatas di kawah juga nyaris tak berbentuk, jangan dibayangkan jika sampai ada yg jatuh ke mulut kawah.

Pengawasan keamanan benar-benar NOL di Bromo ini, ketiadaan petugas pengawas di bibir tangga ataupun mulut kawah membuat resiko wisatawan benar-benar dipayungi bahaya. Tangga yang kecil, tidak ada railing, licin dan lalu lintas yang padat makin menaikan kadar bahaya dan resikonya.

bromo09

PR besar buat pengelola entah pemerintah atau swasta yang berkepentingan dengan Bromo dimana tingkat keamanan sudah seharusnya jadi prioritas dan tidak membiarkan wisatawan bermain-main dengan keberuntungan mereka sendiri.

bromo08

Terlepas dari pesona Bromo melalui kawah, padang rumput hingga padang pasir, kawasan ini masih butuh penanganan besar dari sisi safety dan pelayanan publik agar wisatawan bisa leluasa menikmati perjalanannya.

NB : Saat mengunjungi Bromo pastikan tubuh anda terlindungi dari terpaan cuaca dingin, panas hingga terpaan debu dan gunakan perlengkapan yang memang di desain untuk aktifitas luar ruang (outdoor) mulai dari jaket, sarung tangan, penutup kepala, masker hingga celana panjang dan sepatu.

Have a safe adventure in Bromo. Ayo pemerintah jangan diem aja .. malu sama seragam.. !!

bromo01

bromo02

bromo03

bromo06

bromo07

bromo10

bromo11

bromo12

bromo13

bromo14

bromo15

BONUS , @ mas bro Joko, yg ini bukan penampakan kawah nya :

kawah bromo

Advertisements

About this entry