Ke Bromo Lagi …


bromo05

BROMO. Ga ada habis-habisnya minat pengunjung mengunjungi titik wisata yang satu ini. Bromo praktis menjadi tujuan wisata wajib kunjung saat anda plesiran di Jawa Timur. Jangan takut mencari pintu masuk menuju Bromo karena tersedia 4 gerbang masing-masing dari Probolinggo, Malang, Pasuruan serta Lumajang. Masing-masing akses punya kelebihannya. Dan malam tadi (7-8 Juli 2012) saya kembali ber kesempatan mampir Bromo bersama rekan-rekan instruktur lain yang tengah punya agenda pelatihan motor di Surabaya Jawa Timur selama satu bulan. Bagaimana kabar Bromo ?

bromo04

Pertama saya hadir di Bromo adalah di 2009 dengan mengendarai Honda City Sport One yang disusul kemudian Mei 2012 lalu dalam ekspedisi 2Ride7 dengan kendaraan Kawasaki D Tracker 250. Ride report versi 2Ride7 menyusul saja ya dan ini saya post soal perjalanan malam tadi.

Awalnya saya pikir grup bergerak ke arah Tosari sekaligus mencicipi jalur menunju Penanjakan via Pasuruan. Tapi ternyata justru bergerak ke arah pintu masuk Probolinggo, jalur yang sudah saya cicipi di 2009. Akibatnya lepas sudah kesempatan mencicipi jalur Pasuruan. Jalur ‘adventorous’ lain yang sudah saya cicipi adalah pintu masuk desa Ngadas dari kota Malang.

bromo16

Gagal naik ke Penanjakan kami pun memutuskan bergerak ke lautan pasir hingga matahari terbit. Malam minggu hingga minggu dini hari suasana di Bromo memang sangat padat baik dengan kendaraan roda empat maupun dua. Cuaca dingin seolah tak mampu menggubris pengunjung untuk mengagumi salah satu panorama terbaik nusantara.

Kini BROMO :

  • Jalur naik tangga menuju kawah dilapisi pasir paska meletusnya Bromo beberapa waktu lalu. Ini membuat lalu lintas naik menjadi berat karena anak tangga nyaris tak terlihat dan licin untuk dibuat naik,
  • Konyolnya, ada saja pengunjung yang naik melalui jalur pasir di luar tangga. Ini sangat berbahaya dan tadi pagi saja saya melihat 3 orang terjatuh terjerembab saat bergerak turun. Satu cukup parah karena kepalanya membentur tanah cukup keras,
  • Pagar pembatas di kawah juga nyaris tak berbentuk, jangan dibayangkan jika sampai ada yg jatuh ke mulut kawah.

Pengawasan keamanan benar-benar NOL di Bromo ini, ketiadaan petugas pengawas di bibir tangga ataupun mulut kawah membuat resiko wisatawan benar-benar dipayungi bahaya. Tangga yang kecil, tidak ada railing, licin dan lalu lintas yang padat makin menaikan kadar bahaya dan resikonya.

bromo09

PR besar buat pengelola entah pemerintah atau swasta yang berkepentingan dengan Bromo dimana tingkat keamanan sudah seharusnya jadi prioritas dan tidak membiarkan wisatawan bermain-main dengan keberuntungan mereka sendiri.

bromo08

Terlepas dari pesona Bromo melalui kawah, padang rumput hingga padang pasir, kawasan ini masih butuh penanganan besar dari sisi safety dan pelayanan publik agar wisatawan bisa leluasa menikmati perjalanannya.

NB : Saat mengunjungi Bromo pastikan tubuh anda terlindungi dari terpaan cuaca dingin, panas hingga terpaan debu dan gunakan perlengkapan yang memang di desain untuk aktifitas luar ruang (outdoor) mulai dari jaket, sarung tangan, penutup kepala, masker hingga celana panjang dan sepatu.

Have a safe adventure in Bromo. Ayo pemerintah jangan diem aja .. malu sama seragam.. !!

bromo01

bromo02

bromo03

bromo06

bromo07

bromo10

bromo11

bromo12

bromo13

bromo14

bromo15

BONUS , @ mas bro Joko, yg ini bukan penampakan kawah nya :

kawah bromo

23 thoughts on “Ke Bromo Lagi …

  1. Assalamu alaikum,,, keren kapan ya saya bisa maen ke bromo, numpang lapak mas andry, di buka pendaftaran untuk menjadi penulis di garasiotomotif[dot]com, syarat gampang banget bro! bisa operasiin wordpress, suka nulis artikel tentang otomotif.. kalo berminat hubungi saya, nanti pihak kami akan kasih username dan password. kirim minat kamu jadi penulis ke email: social@garasiotomotif.com 100% gratis, kirim email isinya alias formatnya seperti ini: Tertarik jadi penulis+nama asli+URL blog otomotif kamu. trus di bawahnya ketik: mohon dikirim username sama passwordnya donk! gitu aja. kami akan proses paling lambat 24 jam udah dapat username sama password biar kamu bisa log-in ke garasiotomotif[dot]com/wp-admin. gampang kan tinggal nulis deh soal otomotif tentunya bro!

    Hormat saya,

    Imam Sadikin

  2. mas…sy rencananya mau ke bromo liburan lebaran ini naik sepeda motor bersama istri dari denpasar bali..mohon sarannya dong jalur pintu masuk mana yang sebaiknya saya ambil? utk penginapan apakah ada yang cukup nyaman dengan biaya terjangkau ? untuk ke penanjakan dan lautan pasir apakah aman dengan menggunakan sepeda motor ataukah harus menyewa jip? thanks ya mas utk sarannya

    1. Jika datangnya dari arah Bali maka :
      1. Jalur Probolinggo paling dekat serta paling mudah di akses dengan kondisi jalan yang lebar dan motor bisa sampai ke mulut anak tangga Bromo.
      2. Jalur Malang (Ngadas) tentunya harus ke Malang dulu tapi jalurnya sangat menyenangkan jika menyenangi perjalanan adventure bermotor, tp motornya kudu siap luar dalam.
      3. Jalur Lumajang masih harus turun lagi dan kejauhan.
      4. Jalur Pasuruan harus maju lagi dari Probolinggo dengan kondisi jalan yang kabarnya tidak mulus.

      Saran saya ya main aman saja melalui pintu Probolinggo.
      Kalo ke Penanjakan kudu sewa jip, kalo motor nya trail dan single riding ya pasti ga masalah untuk nekat naik🙂

      1. Thank you mas utntuk sarannya..Kalo Motornya Yamaha Byson dan goncengan dengan istri kira kira aman engga ya kalo naik motor ke penanjakan dan lautan pasir. Kalo sampai di kaki anak tangga bisa engga ya parkir motor disana ?

      2. kalo bawa bison saya kira cukup kuat kalo naik kepenanjakan, saran saya jgn bawa mobil, karena musti di parkir di rest point dan disuruh sewa jeep oleh penduduk sana.

      3. @Bro Mohammad Rosyidan…berarti di sekitar penanjakan dan lautan pasir itu kita bisa parkir motor ya gan…

      4. @mas wibisana : parkirnya hanya sampai deket pura/atau kita harus tetap jalan kaki untuk menuju Calderanya. sebenarnya dulu bisa, namun terakhir saya kesana dipagar. Untuk ke penanjakan, bisa pakai motor, namun hati2 dan kalau malam rawan tersesat di lautan pasir. Oh ya, Penanjakan letaknya lumayan jauh dari Calderanya. Untuk hotelnya monggo dipilih yang sesuai.

      5. mas..kalo penginapan yg cukup baik dengan harga dibawah Rp 300rb apa ya ? kalo nginep di daerah cemoro lawang kalo mau ke penanjakan apakah mesti melewati lautan pasir atau tidak ?

  3. Ada yang tahu kalau mau bermotor dari Bromo ke Pandaan apakah ada jalan pintas tembus puspa-purwosari-pandaan? kondisi jalan saat ini bagaimana? Sebab melalui yang mulus mesti lewat Probolinggo dan muter….

    1. nyoba bantu jawab mas , mas bro montor miber …. bisa mengakses via bangil maupun pasuruan kota , kemudian cari arah “Gondang wetan” dan setelah itu terdapat per tigaan akses bromo ( jalan Ranggeh-Wonokitri ) jalanan ini juga relatif landai dan halus hingga menuju Pasrepan dan Puspo , setelah melewati puspo ada cabang lagi yang ujungnya sama saja jalanan akan bertemu di sentral parkir Wonokitri meski bisa memutar via Tosari

      selengkapnya pernah saya tulis disini ==>> http://azizyhoree.wordpress.com/2011/12/16/akhir-pekan-pada-mau-ke-honda-bikers-day-bromo-ini-nich-akses-route-nya/

    1. buseeettt, biker tulen nih, bawa vespa ampe bromo, kalo jalan aspalnya sih oke vespa kuat banget nanjaknya, tapi gimana kalo di padang pasir,, bener2 edyaaannnn, hehehehe,, salut bro😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s