Day Two #2Ride7Adv

002_08

(16 Mei 2012) Jam 7 pagi dan tak kurang dari 430 km lebih yang harus saya kejar di hari ke dua perjalanan menuju Denpasar via jalan darat. Seperti pada gambar saya mengambil rute panjang menuju Solo – Sragen – Ngawi dan bergerak menuju Jombang dan masuk pedesaan Jambon untuk mengambil rute Mojosari menuju Gempol – Pasuruan – Tongas – Probolinggo dan berakhir di Situbondo. Situbondo ? Atas referensi rekan Nusantaride, pak bro Reza, maka saya hentikan perjalanan di Situbondo.

Niat menggelar live report via artikel berjalan harus saya tangguhkan karena penempatan notebook tidak akan aman di dalam dry bag yang desainnya belum memihak bawaan elektronik besar. Tak ingin lepas dari reportase berjalan saya pun memanfaatkan media sosial Twitter melalui akun @2Ride7 yang di broadcast menggunkan tablet Light Tab dari ZTE. Disana follower dapat melihat perkembangan perjalanan serta titik mana saja yang sempat tim 2Ride7 datangi.

Perjalanan hari ke 2 setidaknya menyuguhkan dua titik singgah menarik yang bisa diambil pejalan, masing-masing PLTU Paiton dan penginapan menarik milik SPBU Utama Raya yang keduanya ada di daerah Situbondo, Jawa Timur. Kenapa harus me referensikan dua tempat itu ?

002_06

002_09

PLTU Paiton
PLTU Paiton terletak persisinya berada disini. Sebagai Pembangkit Listri Tenaga Uap, tenaga besarnya mampu menghidupi listrik Jawa Bali. Konon pasokan tenaganya hingga 800 MW melalui dua unit PLTU. Lokasi ini pasti dilewati jika anda melakukan perjalanan menyusuri jalur utara Jawa Timur.

Kurang lebih jam 7 malam saya sampai di titik ini dan cukup surprised juga saat melihat dari kejauhan terangnya lampu dari PLTU ini. Buat saya yang baru pertama kali mencicipi rute utara Jawa Timur saya sempat mengira kilau lampu itu adalah lampu hotel besar yang mungkin berdiri di daerah Probolinggo.

pltu paiton

Penasaran saya berhenti dan melihat dari tepian jalan sebuah bangunan megah yang saya anggapsama megahnya seperti kilau lampu pesawat luar angkasa di film-film. Kilau nyala lampu nya benar-benar membuat sudut jalan disitu sangat berbeda. Beberapa pejalan banyak yang menyempatkan berhenti dan ber foto dari balik jeruji pagar PLTU. Setelah browsing untuk mendapatkan sedikit informasi ternyata saya baru tau ada sebuah PLTU, ya PLTU Paiton namanya.

Lepas dari rasa penasaran saya pun bergerak maju yang kemudian saya temukan sudut rest area tradisional tempat pejalan bisa sebentar beristirahat untuk sekedar minum kopi atau makan jagung bakar. Suasananya mirip-mirip sudut Puncak Pass di Jawa Barat.

SPBU Utama Raya
Sesuai referensi bro Reza dari Nusantaride saya pun langsung mencari titik singgah terakhir di hari ke dua yaitu SPBU Utama Raya. Awalnya saya cukup bingung kenapa saya harus berhenti dan menginap di SPBU ini ketimbang mencari hotel di sudut kota Situbondo misalnya. Rekan saya yang satu ini memang top soal referensi karena ternyata SPBU ini juga menyimpan usaha lain yaitu jasa hotel dan villa, plus sudut rest area yang tertata rapi seperti yang dibangun oleh SPBU-SPBU di banyak tol di Jakarta-Jawa Barat. Bedanya ini langsung di tepian jalur utama Utara Jawa Timur.

002_02

Oke saya akhirnya menepi di tengah keramaian SPBU, disana sudah ramai pengunjung dan bis-bis wisatanya plus kerumunan orang yang tengah istirahat menikmati secangkir kopi hingga makan malam. Sudutnya terbilang lengkap dan modern termasuk mini market serta pusat oleh-oleh berikut restoran dengan belasan opsi menu yang dijamin bisa mengisi perut dengan maksimal. Lokasinya sendiri sekitar 5 km dari PLTU Paiton tempat saya berhenti sebelumnya.

Check-in dan cukup surprised lagi karena ternyata room rate nya jauh dari perkiraan awal. Pejalan yang mau singgah cukup mengeluarkan dana 150.000 per malam dengan layanan istimewa yaitu kamar yang rapi berdesain minimalis hingga sarapan pagi di ke esokan paginya. Buat saya ini sudah lebih dari cukup.

Di titik ini pula saya harus beristirahat untuk melanjutkan perjalanan ke Kuta Bali di ke esokan harinya. Akan saya post di kesempatan berikutnya yah. Semoga dua titik henti menarik tadi bisa menjadi referensi yang cukup.