Ujung Genteng : Curug Cigangsa


cg03

Lelah tidak terlalu terasa saat hari pertama yang dihabiskan 8 jam perjalanan serta mencicipi hangatnya matahari sore pantai Pangumbahan. Penginapan Hexa Ujung Genteng yang cukup nyaman dengan biaya inap yang terjangkau membuat perjalanan 3 hari menjadi tidak terasa. Belum lagi kawalan pemandu hingga suasana cerah di hari pertama dan pagi ke dua. Target Minggu (22/1) adalah mengunjungi Curug Cigangsa, mampir Amanda Ratu hingga mencoba menaklukkan rute Cipanarikan.

CURUG CIGANGSA
Atau juga dikenal dengan Curug Luhur dapat ditemukan melalui jalur Terminal Surade. Dari arah penginapan jika anda sudah mencapai arah jalan Terminal Surade maka tikungan ke kiri menjadi akses masuk awal menuju air terjun yang punya ke khas-an landasan air berupa batu hitam ini.

Curug Cigangsa alirannya juga bermanfaat bagi desa sekitar karena juga menjadi bagian dari irigasi. Alpa mengaktifkan GPS maka sumber dari situs yang satu ini bisa jadi catatan : 7° 19′ 35.36″ S  106° 32′ 35.54″ E. Silakan di mark.

Jika dibandingkan oleh sesama curug di Ujung Genteng maka Cigangsa saya pikir kalah panorama oleh Curug Cikaso. Curug Cikaso untuk masuk saja sudah harus mengikuti alur sungai terlebih dahulu dengan kondisi air terjun yang apik dan dapat dibuat mandi. Sedang Cigangsa sebaliknya.

Curug Cigangsa memiliki akses yang belum terjamah campur tangan pemerintah setempat. Parkir kendaraan berada di desa terdekat untuk kemudian jalan turun menuju air terjun kurang lebih 20 menit. Sayang saat kedatangan akses nya cenderung tertutup karena pegangan kayu untuk turun bukit sudah rusak, patah-patah dan membuat turunan makin ber resiko. Pemandu pun urung membawa turun atas dasar keselamatan.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Dari segi ukuran memang Cigangsa cukup besar dengan bentuk yang cukup indah. Berita bahagianya kabarnya 2012 ini pemerintah setempat siap memberikan perbaikan akses agar lokasi air terjun ini lebih mudah di jangkau. Kita sama-sama tunggu deh ya janjinya karena jika semua sudah rapi maka Curug Cigangsa akan jadi luar biasa.

cg02

Eitsss .. ada tim PRIDES nih di jalan 🙂 …

Photobucket

AMANDA RATU
Sepulang dari Curug Cigangsa rute kembali ke penginapan melewati satu lokasi yang cukup mudah hampiri. Amanda Ratu adalah sebuah spot view ke laut bebas dengan pemandangan pulau kecil yang tumbuh mirip seperti pulau kecil Tanah Lot.

cg10

Untuk melihat panorama ini wisatawan berada di daerah villa Amanda Ratu. Yang cukup memprihatinkan menurut saya adalah kondisi villa yang di beberapa bagian tampak lusuh. Keadaan ini menutupi rekomendasi website yang tampak menonjolkan bahwa villa Amanda Ratu itu indah.

Tanpa bermaksud menurunkan referensi maka jika anda berencana ke daerah Ujung Genteng maka banyak pilihan yang bisa diambil jadi tempat inap di sepanjang pantai Ujung Genteng. Puluhan penginapan sederhana baik dari konstruksi kayu, rumah panggung hingga model rumahan tersebar untuk dijadikan pilihan.

Diluar referensi penginapan maka view Amanda Ratu jangan sampai dilewatkan. Pandangan bebas nya ke laut lepas cocok jadi tempat istirahat sembari membeli jajanan yang mampir di sekitar villa.

Di artikel selanjutnya akan saya ceritakan soal pantai Cipanarikan yang seru itu ya..

Photobucket

Photobucket

Photobucket

cg04

cg05

cg06

cg07

cg08

cg09

Advertisements

About this entry