Ruang Henti Khusus Sepeda Motor di Bekasi


rhk01

Warga pengguna jalan Bekasi kini kedatangan wahana baru di jalan raya bernama RUANG HENTI KHUSUS. Lho kok wahana ? Ya iya, simak saat motor pelan-pelan datang setelah lampu merah menyala. Suara dari speaker besar di tepi jalan mengucap kurang lebih, “SELAMAT DATANG DI AREA RHK. RHK ADALAH RUANG HENTI KHUSUS BAGI … bla bla bla …”. Suara kencang yang terdengar mirip-mirip saat pengunjung Dunia Fantasi masuk ke tiap wahana permainan. Bermanfaatkah ?

Dikutip dari Pustaka soal RHK ,”Ruang henti khusus sepeda motor merupakan salah satu fasilitas bagi sepeda motor untuk berhenti di persimpangan selama fase merah. Ruang henti khusus sepeda motor ini telah diujicobakan dalam skala terbatas untuk mendukung pergerakan sepeda motor pada salah satu persimpangan bersinyal“.

Jelas bermanfaat bagi mereka yang mau mengedepankan keselamatan dan menghormati aturan lalu lintas. RHK ini berbentuk bujur sangkar dengan warna orange dan gambar motor di dalamnya. Fungsi ini diharapkan bisa menjadi tempat khusus kendaraan roda dua agar rapi di tiap persimpangan tanpa harus berebut pole position di depan garis putih.

rhk02

Plus, RHK berupaya menekan angka kecelakaan akibat aksi penyerobotan hak jalan dari masing-masing persimpangan. Ingat, MERAH adalah kewajiban anda untuk berhenti dan hak orang lain untuk jalan sementara HIJAU adalah hak anda untuk jalan dan kewajiban orang lain untuk berhenti. Masih bisa membedakan bukan ?

Ada plus ada minus. Pertama jelas soal tabiat pelaku jalan. Meski sudah di fasilitasi dengan ruang khusus tetap ini bukan solusi bagi yang ‘ndableg’. Posisi paling menjulur di depan RHK pun tetap jadi pilihan. Jika mau realistis memang ruang yang diciptakan masih kurang panjang sehingga terkadang sudah tak mampu menampung kendaraan roda dua. Belum lagi roda empat yang ternyata pengetahuannya pun terbatas sehingga RHK ini masih di korupsi kendaraan lebih besar.

Usaha edukasi sudah dibuat tinggal kembali ke pemahaman dan kepintaran masing-masing pengguna jalan apakah tetap ‘ndableg’ atau mau pintar demi keselamatan. Oya, RHK Bekasi ini ada di persimpangan Bekasi Cyber Park, Bekasi Barat dan traffic light di jalan Haji Mulyadi Djoyomartono, Bekasi Timur.

3 thoughts on “Ruang Henti Khusus Sepeda Motor di Bekasi

  1. di bandung uda lumayan lama ada, setaun lebihan.. untungnya bandung belum separah jakarta atau bekasi yg banyak berhenti di depan zebra cross.. *mudah2an jangan sampe.. jujur ane ngeri kalo disuruh berkendara di jakarta dan sekitarnya..

  2. kalo yang dari arah stadion udah pada tertib mobil2 berhenti sebelum karpet merah(soalnya ada polisi berdiri ga jauh dari lampu merah nya)..cuma kalo yang dari kalimalang ke cikarang masih aja pada cacat..enak ada RHK ga usah nyempil2 diantara mobil yg salah2 malah ngebaretin mobil orang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s