By Any Rides : Jogja – Kaliurang

headerjog

Perjalanan mudik singkat rasanya ga lengkap kalo tidak ditambah “kabur” sebentar sekedar merindukan perjalanan luar kota. Menyadur semangat “By Any Means” nya Charlie Boorman akhirnya kesampaian juga mencicipi jalur Jogja – Kaliurang dengan menggunakan berbagai macam moda transportasi. Yup, kali ini saya tidak membawa serta KLX 150 yang sedang istirahat di garasi rumah. Kita lihat satu-satu.

BUS UMUM
Alat transportasi ini saya gunakan dari Bantul menuju Jogja dan Jogja kembali ke Bantul. Dengan tarif sangat bersahabat antara 2000 – 5000 rupiah transportasi ini menawarkan suasana Jawa yang hangat. Mulai penumpang dari kalangan pekerja kelas bawah hingga menengah. Tentu saja tidak ada pendingin udara di bus ini toh lingkungan sekitar tetap menawarkan kesejukan.

jog05

Hati-hati jika anda memulai perjalanan dari kota yang memiliki jam operasional bus yang terbatas. Bus jurusan Bantul ini memiliki masa operasi jam 3 dini hari hingga pukul 4 sore dari arah Bantul (Brosot / Sranda’an) dan bis terakhir yang datang dari Jogja ke Bantul berakhir di 5.30 sore. Jangan tertinggal kecuali anda siap dengan ongkos taxi kembali ke tempat awal.

NUMPANG TEMAN
Terimakasih banyak buat mas bro Ali, pengasuh blog http://tigeritem.wordpress.com/ ini cukup cekatan membalas pesan singkat saya di Facebook hingga akhirnya kontak lanjutan berujung di SMS. Saya mencari informasi motor sewaan dan bro Ali yang cepat tanggap akhirnya mengantar saya ke salah satu penyewaan motor PAHALA Motor Bike Rental di Jl Pasar Kembang, persis dekat stasiun Tugu Jogja dan akses masuk Jl Malioboro.

jog06

MOTOR SEWAAN
Tanpa babibu lagi akhirnya saya menggandeng sementara Honda Vario lansiran 2006 berwarna hijau. Sewa sepeda motor jadi solusi paling mudah jika anda kesulitan mencari alat transportasi yang mudah di ajak kemana-mana.

jog04

Prosedur sewa di PAHALA Motor :

• Cukup sediakan identitas pribadi untuk ditinggal di tempat penyewaan dan uang jaminan (akan dikembalikan setelah sewa) 500.000,- ,
  • Biaya sewa kemarin cukup 50.000,- karena hanya meminjam sekitar 5 jam saja. Range harga sewa berkisar dari 70 hingga 100 ribu tergantung jenis motor yang dipinjam, tenang tersedia semua tipe transmisi dan matik menjadi primadona karena sistem operasinya yang paling mudah dan sederhana, cocok untuk menikmati setiap lekuk kota Jogja,
  • Pinjam helm – duh lupa bawa buff jadi rela ga rela deh kena kulit kepala – dan sedikit isi bensin dan akhirnya saya meninggalkan lokasi dan kemudian menuju jalur Kaliurang.

Silakan buat bro/sis yang ke Jogja dan ingin sewa motor silakan sambangi Pahala Motor yang dijaga pak Albert, pria blasteran Medan – Jogja :p .

Dengan tekad bulat akhirnya saya menyusuri jalur menuju Kaliurang dan sedikit hinggap di persimpangan Museum Merapi. Sayang hari Senin (19/12) merupakan hari libur museum dan tidak ada salahnya jika sedang ke Jogja sebelum berleha-leha di Kaliurang anda mampir dulu ke Museum Merapi.

jog12

Lokasi yang sempat hangat akibat letusan di 2006 kini perlahan kembali asri. Saya yang sampai di lokasi ditemani hujan gerimis harus menyurutkan niat karena bukit-bukit disana sudah tertutup kabut dan dengan alasan menghindari hujan yang lebih lebat akhirnya saya memutuskan turun kembali ke kota Jogja.

Jalanan menanjak terhitung lebar dan apik hingga saya ingin berlama-lama dan membatasi kecepatan tak lebih dari 60 km/jam.

jog08

Puas meski tidak maksimal akhirnya motor kembali ke tempat penyewaaan sekitar pukul 16.30.

JALAN KAKI dan MBECAK
Tak lengkap rasanya jika tidak berjalan sebentar di aspal Malioboro untuk wisata mata dan akhirnya memanggil bapak becak untuk mengantar saya ke sudut benteng dekat Tamansari untuk selanjutnya menunggu bus umum menuju kembali ke Bantul.

jog17

Dengan tarif 15.000 sebagai awalan akhirnya 20.000 saya berikan karena ternyata jalur nya cukup jauh dan ramai. Ini memang kembali ke niatan kita saja apakah tetap di tarif awal atau menambah tarif untuk menghargai kerja kaki yang menggowes becaknya di tengah hiruk pikuk sepeda motor di kota Jogja.

So .. Begitulah, by any means, by any rides. Tidak banyak keluar dana dan hasilnya sudah cukup memuaskan saya untuk jalan setengah hari di kota Jogja dan Kaliurang. Cuaca panas hingga hujan menjadi pemandangan dan pengalaman menarik sepanjang jalan. Sesuai semangat Nusantaride “Ride the Archipelago” via kaus yang saya kenakan akhirnya agenda pun dapat terpenuhi.

Terimakasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran perjalanan ini dan tidak akan membuat saya kapok. Sampai jumpa di agenda berikutnya.

Dokumentasi Pribadi dan bro Ali via Blog dan FB.

jog07

jog18

jog19

12 thoughts on “By Any Rides : Jogja – Kaliurang

1. oh sewa motor harus ada jaminan segede itu ya, biasanya sewa mobil nggak ada tuh malah.. dan setau saya di daerah kampus2 swasta (atmajaya, UPN, dll) sewa motor cuma 25 ribu.. (ralat: letusan merapi terakhir tahun 2010, kan siklusnya 4 tahunan)๐Ÿ˜‰