20 November : Hari Mengenang Korban Kecelakaan Lalu Lintas ?


decade02

Apa ini ? Tak lain adalah sebuah cara untuk memperingati / mengenang para korban kecelakaan lalu lintas. Oktober 2005, PBB menandai pekan ketiga di setiap November sebagai “World Day of Remembrance for Road Traffic Victims“. Sebuah hari yang diciptakan untuk menunjukkan bahwa kecelakaan dan korbannya menjadi momok paling menakutkan.

WHO serta PBB yang berada di ranah Road Safety secara global mendesak pemerintah maupun pihak swasta dan organisasi untuk menaruh perhatian utama pada epidemi bernama kecelakaan lalu lintas.

Indonesia ? Sayangnya apapun yang berkaitan dengan program keselamatan jalan selalu jalan di tempat, bahkan lompat-lompat minta perhatian dari pemerintah.

Ketika pemerintah tutup mata muncul organisasi swasta yang bergerak pun punya keterbatasan. Sebuah usaha untuk menggerakan individu untuk memaparkan fenomena kecelakaan lalu lintas. Konyolnya, perilaku yang tersebar di jalan raya sama sekali tidak menunjukkan orang takut pada kecelakaan. Pengguna jalan dengan kendaraannya semakin tidak aman, tidak trampil dan tidak benar.

decade01

Kita bisa apa ? Kita hanya bisa memperbaiki individu kita dulu sebelum menyentuh individu lain. Saat kita memiliki ilmu tentunya kita tidak ingin mengunci ilmu itu untuk dimiliki diri sendiri.

Akan ada apa nanti di 20 November 2011 sebagai World Day of Remembrance for Road Traffic Victims di Indonesia ? Entahlah.

Btw … sedikit menyimpang dari alur di atas, ke depan saya akan coba berbagi semampu saya untuk mengupas ilmu keselamatan jalan yang ada di serial Rider Risk milik New South Wales. Tentunya dengan menaruh situasi riil Indonesia sebagai bahan studi kasus.

Pada video Rider Risk disebutkan “A good rider is a good risk manager“, Steve Crombie selaku pembawa acara menggiring kita lebih dalam pada usaha perubahan perilaku bagaimana agar selamat di jalan raya. 9 video akan saya bagi satu per satu di artikel berikutnya. Harap menunggu 🙂

Advertisements

About this entry