Ring of Fire Kumpulkan Penjelajah Indonesia


RoF_Stage01

(Written by Ahmad Yunus on RoF FB Fan Page) Indonesia adalah surga bagi para penjelajah dunia. Dari era Alfred Russel Wallace hingga saat ini. Cerita demi cerita tentang penjelajahan negeri ini tak ubahnya seperti kisah 1001 malam. Asik sekaligus menantang orang untuk merasakan berbagai pengalaman menarik. Mulai mencicipi pesona alam hingga mengenal keragaman khazanah budaya Nusantara.

Ring of Fire (RoF) akan mengundang para penjelajah Indonesia November ini. Khususnya mereka yang melakukan penjelajahan dengan sepedamotor. Mereka ini adalah Jefrey Polnaja “Kang JJ” dengan ekspedisinya Ride For Peace yang mengelilingi tiga benua selama 2.5 tahun. Melewati kawasan benua Asia, Eropa dan Afrika sebanyak 72 negara.

Dua orang wartawan, Ahmad Yunus dan Farid Gaban dalam Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Mengelilingi Indonesia selama satu tahun; merekam alam dan kehidupan manusia di 80 pulau. Dari ujung Sabang hingga Merauke. Dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote.

Wulung Damardoto dan Aditya Birawa dari Indonesia Exploride yang menjelajah Nusantara selama 184 hari atau sekitar 19.100 kilometer. Dan satu orang pelaut solo, Rob Rama Rambini yang berlayar dari California ke Bali.

“Kita akan berkumpul dan berbagi cerita. Bukan untuk bersaing. Kita akan mengenalkan Indonesia secara dekat pada generasi saat ini,” kata Youk Tanzil dari RoF kepada komunitas Milys yang anggotanya memiliki Yamaha Scorpio.

Pertemuan ini sekaligus memperkenalkan tentang penjelajahan Ring of Fire. Perjalanan ayah dan anak menggunakan sepedamotor Yamaha Tenere mengelilingi Indonesia. Rute selanjutnya adalah menjajal Kepulauan Maluku dan Sulawesi. Dan perjalanan di Sumatera, Kalimantan dan terakhir di Papua.

“Pertemuan ini semacam silaturrahmi sebelum kita melanjutkan perjalanan berikutnya,” kata Youk Tanzil.

RoF juga akan menghadirkan salah satu penjelajah yang film dokumentasinya sudah dinikmati di saluran tv kabel. Penjelajah ini telah melibas perjalanan dari Scotlandia hingga Cape Town di Afrika Selatan pada tahun 2007.

Sebelumnya mereka telah merampungkan perjalanan panjang dari London hingga New York di Amerika Serikat pada tahun 2004. Penjelajah tersebut juga terlibat dalam kampanye dan isu kemanusiaan di badan Unicef saat perjalanan di Afrika.

“Saya belum menyebutkan namanya. Ini kejutan,” kata Youk Tanzil. Menurutnya, kehadiran rider internasional ini akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan. Juga mengangkat citra Indonesia dalam kancah internasional sebagai wilayah yang menarik untuk dikunjungi dan jelajahi.

Rencananya acara ini akan berlangsung di Cafe Rolling Stone, Jalan Ampera Raya No 16 Jakarta Selatan. Acara ini akan diramaikan dengan diskusi, pemutaran film, pameran foto maupun buku dari hasil catatan perjalanan masing-masing penjelajah.

STAY TUNE FOR FURTHER INFO

2 thoughts on “Ring of Fire Kumpulkan Penjelajah Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s