Sejenak di Palembang


image

image

“Tempat makan ini terkenal di seluruh dunia, …. “, pamer wak Aan rekan seperjalanan saya ke Palembang. Tambahnya lagi, “…di seluruh dunia perminyakan Sumatra Selatan”, sambil terkekeh-kekeh. Resto sederhana ini berada di jalur Jalan Angkatan 45 no.18 kota Palembang. Nama resto nya Pindang Musi Rawas.

Menu pindang ikan hingga gulai bisa disantap dalam satu meja dengan menu saling tumpuk. 3 orang dikenai harga kurang lebih 114rb, cukup mahal memang tapi itu relatif. Menu ini cukup membuat perut saya terisi karena sepagian cuma bisa menelan ludah akibat sakit.

Kota Palembang, sebuah kota yang lalu lintas nya sama saja dengan ibukota lain di negri ini. Semrawut, sumpek, egois dan berbahaya. Egoisme muncul ketika terdengar suara klakson bersahutan meminta setiap kendaraan yang di depannya untuk minggir bahkan ketika kami mundur keluar dari area parkir rumah makan. Belum lagi fakta-fakta lain yang akan panjang disebut.

Kota yang sebentar lagi jadi arena Sea Games 2011 ini pun tampak tanpa persiapan yang enak dilihat. Palembang, kota pempek yang hanya sebentar saya singgahi untuk sebuah program kerja. Semoga terus berbenah sembari menunjukkan kekuatannya layaknya Jembatan Ampera.

Satu hal yang sangat menarik adalah variasi jalan raya nya ketika anda keluar dari Palembang, seperti saat saya mencicipi jalur menuju Kayuagung, Indralaya hingga perkebunan karet dan sawit di belantara Prabumulih. Trek yang menantang, sepi dan mengejutkan. See you soon Palembang.

image

image

4 thoughts on “Sejenak di Palembang

  1. mgejutkan kecil dan sempit…menu makanan itu biasa disajikan di rumah panggung mas bro..didaerah indralaya banyak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s