Berkendara Aman bagi Wanita


zuma01

Wanitaaa .. perhatikan ini ! .. Jika sepeda motor menjadi keputusan anda dalam memilih moda transportasi maka cermati tips sederhana di bawah ini. Faktanya memang kini kaum hawa rela berkeringat di belantara jalan untuk bisa beraktifitas, ke kantor, kuliah atau sekedar jalan-jalan sore. Penampakan wanita pun tak luput dari mata pria yang memang masih dan tetap akan jadi mayoritas penghuni hutan jalan raya.

Simak penekanan komandan JDDC Jusri Pulubuhu dalam menanggapi serbuan email dari redaksi Motorplus tempo hari, “Mengendarai sepeda motor diketahui sebagai salah satu aktivitas fisik yang memiliki peluang tinggi terhadap kecelakaan dan beresiko cedera serius! Lebih – lebih berdasarkan stastik 8 dari 10 kecelakaan kendaraan bermotor dijalan melibatkan 10 bikers!. Jika hal ini di camkan, maka sepatutnya ketika kita merencanakan sebuah perjalanan perioritas utama adalah keselamatan semata, segala sesuatu di luar aspek keselamatan menjadi nomor sekian.

Secara garis besar tidak ada pembeda referensi atribut antara bikers pria dan wanita. Yang menjadi pembeda mungkin hanya dari sisi pewarnaan dan modis nya saja. Jenis perlengkapan ? Sama. Mulai dari pelindung kepala (helm), Jaket, Celana Jeans, Sarung Tangan hingga Sepatu.

Untuk sepatu ada baiknya menghindari pemakain hak tinggi. Dari sisi pengendalian yang bertumpu pada kaki jelas ini sangat berpengaruh. Jika jatuh tentunya luka luar akan spontan menggerus si pemilik kaki mulus.

Sarung tangan pun begitu. Hindari pemakaian sarung tangan berbahan tipis yang kondisinya hanya sekedar menutup jari dan tangan. Kurang lebih silakan lihat gambar wanita yang sedang mengendarai skutik Zuma dan mojang geulis Rini yang doyan jalan naik motor di bawah ini. Pada gambar lady biker tersebut tampak elegan dengan stelan yang membalut dirinya dari atas hingga bawah.

zuma03

rini

Ada wanita tentu hadir pula potensi kejahatan. Maraknya pemerkosaan memaksa para wanita bekerja keras mencari keselamatan bagi diri nya sendiri. Bagi yang sudah memutuskan nyemplak sepeda motor maka tips berikut bisa berguna, dikutip dari email Jusri Pulubuhu ke meja redaksi Tining dari M+ :

  • Sikap dengan cara berpakaian yang tidak  menarik perhatian (no hot pant, mini, u can see, dll)
  • Hindari rute – rute yang sepi, yang jarang dilalui oleh orang atau jauh dari perumahan penduduk atau sistem penerangan yg kurang.
  • Hindari perjalanan malam hari / tengah malah dan dini hari.
  • Selalu memperhatikan kondisi belakang (cek spion) perhatikan jika ada yg membututi beberapa lama, segeralah berhenti ditempat keramaian.
  • Jika parkir cari didekat gardu satpam, tempat yg ada penerangan yang baik
  • Ketika hendak menuju tempat parkir khususnya malam hari, perhatikan sekeliling. Sikapi bilamana ada seseorang yang telah berada di area tsb terlebih dahulu. Sebaiknya tunggu orang yang akan menuju tempat parkir atau minta temani satpam setempat jika areanya sepi.
  • Ditempat yang sepi Jangan ber-lama2 mempersiapkan kendaraannya, sebaiknya sikapi dengan menempat helm, jacket ditempat penitipan sehingga ketika menuju motor waktu yg terbuang tidak terlalu lama.

So …. Mengendarai sepeda motor jelas merupakan aktifitas berbahaya. Dengan segala resikonya maka cermat-cematlah bergerak di jalan raya.

Have a nice ride ladies ………🙂

zuma02

5 thoughts on “Berkendara Aman bagi Wanita

  1. pake atribut ‘bikers’ kayak sepatu n glove yg ada protektornya sebenernya bukan cuma ngelindungin diri dari aspal..bisa juga buat nampol orang yg punya niat jahat😀

  2. Good info gan,, hayoo wanita2 mari sama2 kita safety riding utk menjauhi sagala marabahaya..
    Go go girl bikers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s