Curhat Nijmi Soal Ngebut


Kecelakaan lalu lintas. Ngeri saya mendengar kalimat satu ini. Yang menarik saat membaca timeline Twitter teman saya Nijmi. Untuk seorang penulis suasana hati tentunya curhatan soal kecelakaan membuat saya langsung mematok mata ke timeline gadis cantik pemilik blog http://www.longredhairwithstilletos.blogspot.com/ ini. Apa yang tertulis disana adalah soal kecelakaan lalu lintas.

Photobucket

Photobucket

Berikut saya coba compile apa yang Naaj tulis di timeline nya, sebuah kepedulian terhadap sesama pemilik raga agar saat naik kendaraan bermotor kita tak perlu melakukan aksi kebut yang mengancam nyawa.

“Bro, ASELI DEH NGEBUT DAN NYALIP NYALIP SAAT NAIK MOTOR ITU BAHAYA!! Lo bukan pembalap yg kalo ngebut trs dapet piala!!!”
“Jangan pernah juga naik motor trs lo naik ke trotoar cuma krn ga sabar sama macet, itu ngebahayain PEJALAN KAKI!!”
“Ngebut dan nyalip nyalip emang bisa bikin cepet sampe tujuan, tapi itu juga berpotensi besar untuk membuat lo cepet sampe ke akherat!”
“Kalo pun lo diboncengin dan temen yg ngeboncengin lo ngebut bawa motor just keplak aja palanya dan ingetin biar ga ngebut.”
“Bawa motor dengan ngebut dan ugal2an ga akan ngebuat lo jd macho dan muka lo jd ganteng, yg ada orang2 pada enek!”

Dan ada lanjutan timeline yang sungguh membuat hati merinding saat membacanya. Road Kills.

“Gw mau sharing based on true story temen gw sendiri ttg kecelakaan motor yg bikin dia nyesel seumur hidup.”
1. Waktu itu temen gw ngajak cewenya ke daerah jakarta utara tepatnya ke ancol buat nonton konser, mereka naik motor.
2. Begonya temen gw, cewenya ga ada helm dan temen gw blg ke cewenya kalo gpp nanti lewat jalan tembus aja biar ga ketangkep polisi
3. pas kelar konser, mereka pun pulang. Di jalan pulang temen2nya ngajakin balapan, wktu itu cewenya udah blg jangan, tp temen gw ga peduli.
4. So, dia ngebutlah balapan ngebonceng cewenya bareng temen2nya. Sampe dia ga ngeliat ada mobil dan dia banting ke kiri buat ngehindarin.
5. Motor temen gw ngehantem trotoar, cewenya kelempar berapa puluh meter, motornya ringsek parah karena nabrak dgn kcpatan tinggi.
6. Temen gw lgsg bangun walaupun badannya sakit bgt dan bedarah2 dia nyamperin cewenya buat nolongin cewenya.
7. Pas dia mau angkat cewenya, lepasnya kulit kepala cewenya dan kelihatanlah isi kepalanya. Cewenya meninggal ditempat. Temen gw ngejerit
8. smp skrg temen gw ini nyesel banget2an dan hidupnya ga pernah tenang krn keluarga si cewe jg nyalahin dan msh belum ikhlas.

Naaj berkutat soal ajakan agar tidak ngebut. Saya setuju sepenuhnya. Di tengah sebuah laju kendaraan yang cepat tentunya resiko akan semakin berlipat. Pernah menghitung laju kendaraan dapat bergerak berapa meter dalam satu detik dalam satu tingkatan kecepatan tertentu ? Jika kita sedang mengembangkan kecepatan 40 km/jam maka dalam 1 detik kendaraan bergerak ke depan sejauh 12 m. Semakin tinggi, hitung sendiri seberapa jauh kita bergerak dalam hitungan satu detik.

Photobucket

Tapi kalo ngebutnya safety gimana bro? Mata saya terbelalak jika lantas ada pertanyaan seperti ini. Tidak ada hal yang aman jika sudah dilakukan tidak pada tempatnya. Semakin tinggi kecepatan yang dikembangkan maka si pengendara tersebut harus mampu melakukan kalkulasi pergerakan, menghitung reaksi manusia dan mekanikal hingga kewaspadaan mata terhadap objek di sekitar selama pergerakan berlangsung.

Yang lebih harus diperhatikan, ada pengguna jalan lain di sekitar kita yang terancam. Rasa empati jelas dibutuhkan dalam situasi seperti ini. Sayangnya, kemampuan ini jelas-jelas tidak dimiliki oleh mayoritas pengguna kendaraan di negri ini. Egois, berbahaya dan tidak taat hukum adalah gambaran mayoritas pengguna jalan. Kecelakaan mengintai kapan saja.

Photobucket

Tanya diri kita sendiri apa yang sudah kita lakukan untuk sebuah keselamatan di jalan raya.

Pada akhir timeline malam itu mungkin Naaj tengah kembali menyeruput minuman favoritnya sebelum tidur dan bernafas lega telah bisa meluapkan curhat seputar keselamatan jalan sesuai harapan saya.

Photobucket

Photobucket

12 thoughts on “Curhat Nijmi Soal Ngebut

  1. Ya setuju dengan temannya masbro. kudu di copy paste untuk blogger yang suka ngebut, bahkan demi berbagai alasan tes kecepatan motor, perbandingan dengan GPS ataupun hal-hal tak masuk akal lainnya. Jangan ngebut dijalan raya. Selain berbahaya bagi diri sendiri terlebih lagi membahayakan orang-orang sekitar.

Leave a Reply

