Hambalang Half Day Ride

Photobucket

Niat hati riding ke Hambalang akhirnya kesampaian juga dilakukan Kamis, 1 September 2011. Motif nya apalagi jika bukan dengan alasan butuh penyegaran setelah baik si pengendara maupun si kendaraan break lama saat libur hari raya. Akhirnya, pagi 6.30 saya berangkat dan kembali tengah harinya pas pukul 12 siang. Endomondo mencatat 133 km dengan durasi perjalanan 5 jam. Khusus Endomondo ini saya gunakan murni karena kemampuan mappingnya yang user-friendly.

Arah berangkat saya menggunakan jalur sepi Bekasi – Pekayon – Hankam hingga masuk jalur Kp. Rambutan yang selanjutnya masuk jalur Jl Raya Bogor. Dari jalur ini arah kemudian mengambil jalur Sentul menuju sirkuit dan masuk melalui jalur utara sirkuit. Jalur utara yang saya maksud adalah jalan masuk persis sebrang POM bensin Pertamina sekitar 2 km dari sirkuit menuju arah Citeureup.

Jalur ini memiliki kontur jalan naik turun yang mengarah ke bukit Hambalang. Sedikit di puncaknya kita akan menemukan bangunan besar Canti Darma. Mungkin semacam bangunan pusat kegiatan keagamaan. Pembangunan gedung masih tampak aktif di Canti Darma. Di titik ini saya berhenti dan memutuskan turun kembali ke jalan masuk lalu mengambil jalur selatan sirkuit. Ini saya lakukan karena tampaknya spot yang dilalui kurang menjanjikan tempat yang apik.

Turun lalu mengambil jalur selatan, tepatnya menuju akses masuk Sirkuit Residence. Jalur ini adalah jalan naik menuju bukit Hambalang yang jalurnya menyisir sisi samping dan belakang sirkuit, terutama jalur S besar. Tampak dari kejauhan tribun utama sirkuit bisa di lihat di jembatan dan sedikit dekat akses masuk Sirkuit Residence. Untuk melanjutkan naik beloklah ke kanan dan ikuti saja jalan utama yang ada.

hb16

Di jalur ini aroma perbukitan jauh lebih menarik karena trek nya cenderung naik melewati padang golf hingga persawahan dan beberapa lokasi perumahan elit yang belum kelar di bangun. Ketika bertemu persimpangan disana akan ada 3 tawaran trek, satu menuju Madang yang nantinya akan tembus jalur Bukit Sentul sementara dua lainnya adalah jalan menuju lahan lapang tempat dimana kita bisa melihat dari atas daerah Sentul. Cukup apik untuk jadi lahan istirahat di tempat yang teduh. Disini saya mengambil break cukup lama. Spot ini juga tampaknya layak di jadikan tempat kumpul bikers jika ingin sesekali lepas dari kesibukan dan break sambil melihat kota dari atas bukit.

Photobucket

Lepas dari sini saya langsung mencari trek lain menyusuri desa Madang hingga desa Hambalang. Sempat beberapa kali mencoba hingga aspal berakhir dan kembali ke rute yang lebih motorsiawi alias saya tidak mencari medan hard offroad, cukup light offroad saja. Sekedar informasi beberapa bulan ke depan wilayah Hambalang juga akan jadi ajang sirkuit buatan untuk lomba enduro motocross hingga eksebisi supermoto. Simak perkembangannya di blog ini.

Jauh naik turun saya menemukan jalur ini cukup baik dan berliku dengan aspal yang juga cukup mumpuni untuk dilalui kendaraan. Jalan rusak pun tidak bisa dibilang rusak parah dan masih bisa dilalui kendaraan dengan baik. Lucunya ujung dari percobaan melalui trek ini justru saya kembali ke bangunan tempat saya memutuskan turun, Canti Darma. Wah ternyata saya muncul dari balik bukit dari tempat pertama saya berhenti di jalur utara. Ada-ada saja.

Selebihnya, trek pulang menuju Bekasi mengambil rute standar melalui Citeureup hingga Cileungsi dan Rawa Panjang. Jam 12 pun sampai kembali di rumah dan langsung istirahat. Half day adventure, cukup lah.

14 thoughts on “Hambalang Half Day Ride

1. Wohhh…
    Blog ini tnyata blm tersentuh para pemburu pertamaaxx..

Btw klxnya ganti ban profil mbah? Keren jg, ga kliatan cungkring

1. hehehe …. hanya sebuah blog biasa kok mas bro :p ..
      thanks soal kerennya .. biar bisa ngaspal beneran tanpa pake ban trail🙂, sejarah modifikasi ban bisa di search di blog ini juga ..