Nostalgia Laguna Seca 1985


lagunaseca

Bentar lagi seri MotoGP masuk ke arena Laguna Seca Amerika. Ajang yang tidak menampilkan tarung mesin 125cc dan Moto2 tetap akan semarak dengan nuansa hiburan ala Amerika. Layout sirkuitnya pun sama menghibur. Dari sekian layout sirkuit mungkin Laguna Seca lah yang saya anggap paling indah. Tidak sekedar layout dari atas tapi juga aspal berbukit dimana badan pembalap akan menari kencang.

Ben Spies membahasakannya dengan Dino Roars. VR dan CS membahasakannya dengan adu tarung gravel di seri 2008. Sebuah manuver VR yang saya anggap sangat memaksa hingga mengupas gravel sisi dalam CS. Terlepas dari itu semua Laguna Seca is so entertaining. Apalagi jika liat pergerakan bodi pembalap setelah melalui tanjakan cilukba ala Corkscrew.

Sekedar nostalgia, web Asphalt and Rubber mengeluarkan postingan rekaman balap jadul tahun 1985, tepatnya 14 Juli. Saat itu pembalap belum dibekali piranti elektronik, motor cenderung liar saat gas di putar. Laguna Seca yang sudah terlihat liar tambah makin liar saat tiga motor balap bertarung di depan. Hentakan gas membuat motor berdiri meski balapan belum habis.

Link nya ada disini : http://www.asphaltandrubber.com/racing/motogp-laguna-seca-electronics-video/ , nikmati penampakan ban depan yang meloncat saat ber akselerasi, sesuatu yang sudah minim terjadi di pentas balap sekarang kecuali saat pembalap benar-benar niat membangunkan motor di finish line. Perhatikan juga di saat masuk ke Corkscrew. Look at that damn front wheel.

Balapan 26 tahun yang lalu ini bisa jadi nostalgia tepat sebelum seri modern Laguna Seca dan nostalgia indah keliaran kuda besi. Sesuatu yang amat dinikmati bagi motorcycle racing enthusiast.

Lalu Laguna Seca jadi milik siapa Senin dini hari besok ? Satu tempat mungkin akan di pegang rider lokal, soal ini Spies lebih siap meski Hayden punya peluang. Edwards ? Baru akan finish di luar tiga besar, but who knows. So, who will the round of the magnificent hilly corners of Laguna Seca ?

Wild guess :

Pole : Pedrosa

Podium : Stoner – Spies – Pedrosa

Advertisements

About this entry