(4) RR : Jalur Mariwati Cipanas


image

image

image

image

image

image

Memangkas perjalanan bisa jadi trik baik untuk mendapatkan suasana baru. Contohnya, anda dari Cipanas hendak menuju Bekasi. Untuk yang belum tau mungkin default route akan membuang waktu menggunakan jalur Puncak dan turun ke Bogor dan selanjutnya menyusuri jl Raya Bogor menuju timur Jakarta.

Sebagai opsi hadir pangkasan jalur melalui Gadog dan melalui Bukit Pelangi hingga kemudian muncul di Sentul lalu Cibinong dan seterusnya. Atau mau cari jalan mulus dari Cipanas berbalik ke kota Cianjur untuk kemudian menyisir Ciranjang lalu masuk rute Jonggol.

Nah pangkasan lain yang tersedia adalah jalur Mariwati. Di jalur ini rute Cipanas menuju Jonggol akan lebih menghemat waktu. Pemetaan Endomondo seperti terlampir mungkin bisa jadi gambaran dimana Mariwati berada.

Jalur ini adalah terusan jalan dari kawasan wisata Taman Bunga Nusantara. Plang penunjuk jalan menuju Jonggol mudah terbaca dan tinggal ikuti saja jalur utamanya.

Sayangnya memang jalur ini belum terurus sebagai jalur potong kompas. Aspal yang ada tampak buruk dan berlubang, menjadi berbahaya saat musim penghujan plus ketiadaan lampu penerang saat malam. Jadi urungkan niat jika ingin mencoba jalur ini saat malam.

Aspal boleh buruk toh kendaraan lalu lalang masih mampu melewati rute kurang mulus ini. Yang bisa menjadi pengobat kekecewaan terhadap jalan adalah panorama di kanan kiri jalan, perkebunan hijau siap menemani. Bahkan pada satu titik kita bisa melihat Waduk Cirata dari atas, sayang saya tampaknya terlalu pagi melintas disana karena pemandangan waduk masih tertutup kabut.

Ya begitulah jalur Mariwati yang kemudian masuk ke Cariu dan rute Jonggol. Khusus jalur Jonggol keadaan jalan sudah sangat baik. Gas pol dari Cianjur menuju Cileungsi sudah bisa dilahap dengan singkat.

Done. 7 pagi start dari hotel dan sampai Alhamdulillah di rumah dengan selamat pada pukul 12 siang. Perjalanan Curug Cikondang 2-3 Juli 2011 rampung sudah.

3 thoughts on “(4) RR : Jalur Mariwati Cipanas

  1. Menurut informasi dari warga yang tinggal dekat kebun sawit, memang kalo jln malem tidak dianjurkan dilewati mengingat sering terjadi tindak kriminal. Info terakhir sekitar sebulan lalu ada pemilik angkot dibunuh kawanan garong, mayat dibuang angkot nye dibawa kabur.
    Kalo siang emang indah bro, kaya di sumatra pemandangannya. trek ini ane laluin tiap dapet aplikasi surveyan daerah mariwati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s