(1) Curug Cikondang


image

image

image

Curug Cikondang kelar juga saya sambangi hari ini. Beberapa catatan penting akan coba saya share dan di fokuskan ke soal curug nya saja. Jumlah kilometer tercatat di Endomondo adalah 148 km sekian – jalur bekasi, cileungsi, jonggol, cariu, cianjur, cikondang -, itu sudah termasuk perjalanan salah arah dan beberapa kali menanyakan posisi curug ke penduduk lokal.

Curug Cikondang berada di selatan Cianjur berdampingan dengan sebuah kawasan asri perkebunan teh. Ada satu gumaman, pantas saja curug ini belum kondang terlebih karena rute nya yang menyulitkan dan minim petunjuk. Mapping akan saya attach di postingan Ride Report.

Curug Cikondang ternyata bukan bentukan air mata asli tapi lebih karena tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar. Ukurannya terbilang sangat besar. Deru air jatuhnya pun sangat indah. Sayangnya keindahan dimensi air terjun tidak dibarengi pengelolaan yang baik. Mungkin pemerintah setempat mahfum bahwa curug ini sepertinya tidak layak jual. Praktis akses 3000 rupiah hanya sebagai usaha sampingan warga lokal.

Dimensi besar, turunan anak tangga cukup baik tapi minim tempat istirahat. Ditambah karena ini jalur sungai air yang tumpah tampak keruh. Saya coba konfirmasi ke penduduk lokal ternyata air keruh terjadi saat wilayah sungai tersiram hujan.

Belum tau jika belum dikunjungi dan Curug Cikondang memuaskan rasa penasaran saya terlepas dari buruknya akses jalan umum menuju lokasi dan keruhnya air, curug ini cukup layak dijadikan tempat singgah asal jangan gunakan untuk mandi dan berendam. Datangi aja deh.

About this entry