Buku Panduan Aman Berkendara ala Polda Riau


image

Harapan adanya pergerakan kampanye dari pihak by Direktorat Lalu Lintas Polda soal keselamatan jalan sedikit banyak terjawab melalui buku ini. Paska meeting kecil dengan Kompol Indra K Mangunsong, SH, SIK selaku Kasi SIM Direktorat Polda Riau tempo hari saya mendapatkan kiriman dua buah buku, masing-masing “Aman dan Selamat Mengendarai Sepeda Motor” dan “Buku Panduan Motorcycle Safety Riding”. Buku apa ini?

Sesuai dengan judulnya maka target pemilik buku ini adalah setiap individu yang menjadi pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. Buku yang disebut pertama mengulas segala detil aspek soal berkendara sepeda motor. Mulai dari persiapan berkendara, saat berkendara hingga selesai berkendara. Termasuk juga soal pengenalan kendaraan, etika berkendara hingga usaha pematuhan hukum oleh pengguna jalan. Lengkap.

Buku yang dikerjakan oleh duet Kompol Indra Mangunsong, SH, SIK dan AKP Yudhi Herry Setiawan SIK ini mengusung bahasa-bahasa singkat dan resmi ala bahasa Kepolisian. Soal ini sebenarnya bisa disiasati dengan bahasa yang lebih humanis, sederhana dan mengakrabkan diri ke pembaca. Sudah rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia adalah tipikal masyarakat yang sulit membaca.

Bagaimanapun apresiasi patut diarak, apalagi Polda Riau kini jadi pilot project pembenahan penerbitan SIM ke arah yang lebih baik. Polda Riau yang tengah dipimpin oleh Kombes Pol Dr Chryshnanda DL, M.Si kini sudah memiliki area apik bernama Riau Safety Driving Center. Salut.

Oiya, buku yang disebut kedua lebih mengarah ke soal dinamika penanganan motor besar alias moge. Kerjasama penyusunan menjadi milik Dirlantas Polda Riau dan Harley Davidson Club Indonesia Riau.

Sayangnya buku ini belum bisa didapatkan secara luas. Sifatnya masih terbatas. Semoga suatu saat buku ini bisa dinikmati orang banyak demi tercapainya pemahaman berkendara yang lebih baik.

Semoga implementasi pihak penyusun bergerak positif demi mendapatkan sumber daya manusia (pengendara) yang lebih berkualitas. Taat hukum, mau berbagi dan punya nilai lebih dalam hal ketrampilan. Semoga. Amin.

Advertisements

About this entry