(2) Purwokerto – Dieng PP


day2_05

Perjalanan panjang sehari sebelumnya terbayar lunas setelah pasangan saya datang malam hari nya. Keinginan kami untuk mencicipi rute Dieng akan kami penuhi di hari ke dua ini. Catatan khusus tentang Dieng adalah munculnya fakta kemunculan gas beracun di wilayah Dieng. Alamat gagal dan kudu memunculkan plan B karena perjalanan Purwokerto tetap berjalan dengan opsi tetap ke Dieng atau berputar mencari objek lain.

Survey pun di gelar mulai dari rekan miliser, kerabat hingga grup Indobackpacker serta petugas gas alam disana. Survey menyimpulkan untuk saat itu Dieng dinyatakan aman dan bisa dikunjungi. Berdoa agar tidak terjadi apa-apa maka kami niatkan perjalanan ini dan menuntaskan apa yang kami cari. Ternyata kasus gas beracun memang muncul di daerah Dieng, tepatnya di daerah Batur, sekitar 15 km dari objek wisata utama Dieng. Petugas jaga di lokasi menyatakan perjalanan hanya bisa sampai di titik tertentu dan Telaga Warna dinyatakan masih aman.

day2_12

Setelah sarapan pagi standar hotel yaitu nasi goreng telur ceplok kami pun beranjak pergi dan meninggalkan kunci kamar untuk kami datangi lagi sore nanti. Rute saya ambil menuju utara Sokaraja yaitu jalur Wonosobo melalui Kedungbenda, Bawang, Banjarnegara hingga masuk kota Wonosobo dan naik lagi menuju Dieng. Perjalanan sangat cerah tanpa hambatan dengan jalur yang cukup ramai. Saya mewaspadai perilaku mikro bus karena gerakannya acap kali membahayakan pengguna jalan lain.

Puncaknya setelah sedikit keluar dari kota Wonosobo menanjak naik. Satu mikro bus tampak menanduk pengendara motor dan ketika saya melewati nya sudah tampak pengendara tadi sudah tersungkur persis di depan hidung bus dengan muntahan oli di seputaran kendaraan. Semoga tidak fatal. Tidak berani melihat lebih lama saya pun bergerak pergi dari kerumunan orang yang tengah berlarian menuju tempat kejadian perkara.

Naik melewati Kalianget untuk selanjutnya menuju arah Tambi dan seterusnya hingga gapura Dieng yang terkenal itu. Pasangan saya sampai tidak sabar untuk segera beranjak dari tempat foto untuk menuju Telaga Warna. Jalur ini bisa saya samakan dengan kondisi jalan saat saya ke Bromo pada tahun 2009. Tanjakan-turunan curam, aspal halus hingga aspal berkerikil memaksa pengendara waspada apalagi banyak tikungan buta serta keramaian penduduk yang hilir mudik. Saat itu hawa tengah hangat sembari saya lihat sekitar bahwa saya tengah berada di tengah ketinggian tak kurang dari 2000 m di atas permukaan laut.

day2_11

Dieng sendiri ada di wilayah Banjarnegara dan Wonosobo. Pegunungan hijau oleh pertanian dan hutan sungguh jadi lanskap terindah untuk kami pandangi sepanjang perjalanan naik dan turun. Dieng dari bahasa jawa juga bisa diartikan tempat bersemayam nya dewa-dewi ini memang pantas disebut demikian. Eksotis dan juga indah.

Video ala TRIPWOW klik disini.

day2_04

Harga tiket masuk sangat murah baik dari gerbang Dieng di jalur bawah hingga tiket masuk lokasi wisata Telaga Warna. Sebuah lokasi yang juga menyimpan hunian goa ber semedi, teater Dieng hingga telaga apik. Di parkiran luar lengkap tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Dieng. Di parkiran ini pula saya sempat menyapa rekan-rekan GPMR (GL Pro Max Rider) Jakarta yang ternyata juga tengah turing ke Dieng. Dalam perjalanan saya juga melihat rekan klub/komunitas Milys hingga CBR 150.

Puas menaruh pandangan setinggi mungkin akhirnya saya beranjak pergi turun sembari mencari makan sore untuk selanjutnya kembali ke penginapan di Sokaraja. Empuknya sate kambing muda di Wonosobo akhirnya menjadi pit stop awal kami saat turun. Setelah KLX 150 terus menenggak Pertamax maka si pengendara pun harus mencari hidangan setara pengisi perut tingkat tinggi.

Puas karena akhirnya bisa mencapai Dieng dan jauh dari isu gas beracun. Terimakasih Tuhan atas perjalanan ini. Target kami untuk mencapai hotel jam 17 ternyata urung kesampaian. Pukul 19 kami baru masuk ke sisi luar kota Sokaraja dan mampir terlebih dahulu membeli penganan dari ketuk goreng hingga selai pisang plus menyantap satu mangkuk Soto Sokaraja.

Perjalanan Dieng terhitung lancar. Perjalanan hari ke dua ini saya mengenakan jaket turing prototipe 7Gear berwarna merah. Buat yang tau jaket ala Long Way Down maka jaket menyerupai jaket tersebut dengan banyaknya kantung di setiap sisi, material hangat dan waterproof dan menggunakan double retsleting. Sementara pasangan saya tetap setia mengenakan wind jaket Respiro yang ditebusnya saat gelaran Tumplek Blek lalu di stand Respiro.

What a day .. what a ride. Alhamdulillah.

( Bersambung … )

day2_02

day2_03

day2_01

day2_06

day2_07

day2_08

day2_09

day2_10

day2_13

day2_14

20 thoughts on “(2) Purwokerto – Dieng PP

  1. mangstab boss…. ane maren tgl 30 mei jga abis dr dieng boss…
    ajiplah disna panorama alam’a… keren abiz….

      1. klo lewat purbalingga lg monggo mampir t4 ane om…
        ntr ane suguhi mendoan hihihi… ma ngopi” om…
        klo mau mancing jga ada om… ;D

  2. hiks kangen touring ke dieng!

    tuhh disaat yg bersamaan ada gathering CBR club dari berbagai regional se jawa mas bro aku dapat undangan *sayang ga bisa hadir 😦

  3. Mr. Hans itu pak Ketu GPMR mas bro. sayang Qt ngga sempet ngobrol yaa, padahal satu milist di FSRJ dan RSA (ane cuman melongos doang, enak bener dehh boncengan dingin dingin begini) . xixixiiiii

    1. Hahaha …… sempet mau ngucap pada kenal RSA ga .. tp ane urung sebut xixixiixix ….. jadi play as civilian aja :p ….
      maklum honeymoon lanjutan sob hehehe …

  4. ketemunya di Parkiran sihh, padahal di tas samping ane ada stiker RSA-nya, wahhh enak bener bulan madunya, sekalian ngetes kemanjuran Purwaceng khas Dieng yaa masbro, kayak kemaren ane lihat di Boks ada beberapa dus tuhh. hahahahaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s