Hindari Pemakaian HP Saat Mengemudi


stopponsel

Seberapa tinggikah tingkat kepentingan anda menjawab telpon – sms atau messenger ketika mengemudi ? Garis bawahi …. “ketika mengemudi”. Apakah gatal rasanya untuk tidak menjawab panggilan atau chat yang masuk ? Gatal pastinya ya ! …

Berkaitan dengan ini beberapa hari terakhir beredar gambar semi-vulgar tentang korban kecelakaan. Isi thread broadcast nya kurang lebih seperti ini : xXx (20) anak psikologi , bandung. Mobilnya tertabrak truck tronton dan terseret sepanjang 2km. Mata kiri nya bolong terkena besi tronton dan kaca mobil. tubuhnya luka parah.. MAKANYA PLEASE JANGAN BBM’AN WAKTU NYETIR!! BE SAFETY FOR UR SELF N OTHERS.

Terus kenapa ?

Mau ngangkat rules ? Boleh .. ini dia pegangannya.

Setiap  orang  yang  mengemudikan Kendaraan Bermotor  di Jalan  secara  tidak  wajar  dan melakukan  kegiatan  lain  atau dipengaruhi  oleh  suatu  keadaan  yang  mengakibatkan gangguan  konsentrasi  dalam  mengemudi  di  Jalan sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  106  ayat  (1)  dipidana dengan  pidana  kurungan  paling  lama  3  (tiga)  bulan  atau denda  paling  banyak  Rp750.000,00  (tujuh  ratus  lima  puluh ribu rupiah) = Pasal 283 Undang-Undang no.22 tahun 2009 =

Sebagai pengemudi yang berlisensi – SIM apapun itu – tentunya peraturan sudah bukan menjadi masalah. Anda pasti tau dan pasti bisa taat. Sayangnya fakta bicara beda. Kembali ke soal gambar-gambar tadi saya asumsikan sementara benar adanya bahwa pengemudi tadi memang tengah asik ber-BBM ria di tengah aktifitas mengemudi.

ponsel02

Rekan Otoblogger yang juga penggiat Road Safety sekaligus litbang Road Safety Association Indonesia bro Edo Rusyanto pernah berbagi info tentang penyebab kecelakaan. Angka paling tinggi pada penyebab kecelakaan adalah soal LENGAH. Meski ada penyebab karena HP di tabel berikutnya tentunya faktor lengah tadi menjadi bagian dari aktifitas menggunakan ponsel (telpon-sms-chat dlsb)

Sumber lain rekan dari AutoBild Indonesia menyebutkan bahwa mengemudi dalam kecepatan 100 km/jam maka adan akan kehilangan konsentrasi selama dua detik dan melakukan aktifitas mengemudi tanpa kendali sepanjang 55,56 meter. Bisa terbayang kan betapa bahayanya ? Atau justru anda belum mengenai esensi dari bahaya.

ponsel03

Bagaimana kondisi korban sekarang ? Kita berharap ybs segera pulih.

Saya lantas berpikir bahwa sosok korban diperlukan untuk menjadi sebuah ikon atau penggambaran kepada masyarakat luas bahwa sesungguhnya menikmati ponsel saat mengemudi adalah sebuah aktifitas berbahaya. Tidak perlu menunggu korban lain. Tidak perlu menyundul kendaraan lain. Tidak perlu saling adu mulut adu konflik di jalan raya akibat aktifitas ber ponsel.

ponsel04

Cukup sudah.

Lantas saya ber imajinasi bersediakah korban menjadi penggiat keselamatan baru dengan menggenggam amunisi pernyataan “STOP BER PONSEL SAAT MENGEMUDI … CUKUP SAYA KORBANNYA”. Saya lalu melihat postingan bro Edo lagi soal “Saatnya bertindak“. Mari pelan namun pasti tindakan harus ada.

Baliho mungkin bisa di plot sebagai amunisi awal. Berikutnya langsung mencari akar masalah dan lalu mengeksekusi agar tidak ada lagi korban akibat kecelakaan.

Saya sampai berandai-andai nantinya foto kecelakaan korban menjadi baliho besar di sudut-sudut jalan ibukota. Lengkap dengan ilustrasi yang lebih dramatis berikut fakta angka dan anjuran yang mengena. Lalu bisa saja muncul sebagai iklan layanan masyarakat yang beredar tiap jam di televisi swasta nasional.

PR besarnya sekarang adalah mencari korban, mengajak sharing, tukar pikiran tanpa ada maksud melakukan judgement berlebihan lalu jika bersedia mengajaknya ke lahan kampanye Road Safety. Apapun itu organisasinya.

Jika ada yang ingin mencari kebenaran berita ini lalu mewujudkan pemikiran saya maka .. count me in. Sekali lagi … STOP BER PONSEL SAAT MENGEMUDI  ! … Anda tidak sedemikian penting. Atur waktu kembali untuk melanjutkan komunikasi via ponsel dan fokuslah mengemudi.

*ajakan ini tidak hanya untuk pengemudi mobil tapi juga pengendara motor !!

sumber foto : Milis RSAIndonesia

12 thoughts on “Hindari Pemakaian HP Saat Mengemudi

  1. DEWA 19 – Cindy

    ***

    Cindy, apa kataku Semua tlah terjadi
    Mengapa kau serahkan Semua padanya
    Hingga kau tersudut
    Untuk lepaskan jasad darimu Dan juga darinya
    Dan kini dia menghilang Tanggalkan semua janji
    Oleskan empedu di hidupmu

    Reff :
    Cindy ini bukan akhir dunia
    Jangan kau coreng hidup
    Kilang harapan pun masih terbentang
    ‘Tuk kembali nurani
    Cindy ini bukan akhir dunia
    Kembalilah padanya

    Kau benamkan diri diantara selipmu
    Tampakkan kalapnya dirimu
    Ternyata kau pun sengaja
    Semakin deras hitamkan sejarah hidupmu
    Pasti kusebrangi ‘Tuk tambatkan perahu

    Cindy apa kataku Semua tlah terjadi
    Mengapa kau serahkan Semua padanya

  2. terus terang ane gondok buanget gan kalo ngeliat orang bawa motor gan.. kaya jalan punya moyangnya aje… pernah kejadian oknum berseragam dan berpostur tegap lagi sms an sambil bawa motor…jalannya pelan banget nggak ngerti yg di belakang pada klasonin mulu.. tak kira si do’i baru blajar naik motor atw motornya lagi kurang fit.. ehhh taunya lagi sms an tuh si doi… dan gubrakkkk… dia nabrak angkot yg berhenti mendadak.. dan dasar emang si do’i angkuh banget karna seragamnya… tuh supir angkot di tonjok… wehh wehhh,, ane cuma bisa geleng geleng pala gan… bukannya ane takut bantuin tuh si supir… tapi takut terjadi pertumpahan darah aja gan..he he he… ngeles.com

  3. permisi. pertama-tama saya minta maaf saya salah satu orang yang mengenal korban. saya meminta tolong dengan sangat kepada para penyebar foto-foto dan berita ini, berita ini bukan untuk disebarkan. apalagi foto korban. dan untuk informasi korban sedang TIDAK menggunakan HP saat kecelakaan terjadi.
    kalau anda-anda sekalian tidak tau kejadian yang sebenarnya harap jangan berkata2 sembarangan atau mengomentari sembarangan. dan apabila ada memang merasa iba, tolong hapus berita ini. karena apabila korban tau bahwa fto2nya tersebar apakah kalian (para penyebar) tahu apa akibat yang akan muncul akibat dampak psikologis korban????
    tolong renungkan hal ini. dan kalau bisa tolong hapus berita ini.
    Peace.

  4. buat info yah :
    cindy itu penumpang, yg nyetir orang lain. jadi jangan menjudge seenaknya anda yg nulis artikel ini! apalagi sampai mengusulkan bikin baliho foto ybs! pikirkan bagaimana kalo yg difoto itu keluarga anda!

    1. dears,

      email japri sudah saya alamatkan dan saya dengan senang hati berdiskusi.

      seperti pada content artikel bahwa ini hanya asumsi dan saya tergerak mencari berita aslinya yang nantinya bisa di re share.

      demi keselamatan jalan saya siap berdiskusi baik ke arah positif maupun negatif.

      salam kenal dan terima kasih telah memberikan perhatian dan semoga cindy dapat lekas ber aktifitas seperti sedia kala.

  5. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s