Ganti Laher Komstir KLX 150


komstir03

Banyak hal yang harus di persiapkan dalam sebuah perjalanan, terutama ketika perjalanan itu dilakukan dengan sepeda motor. Jelang perjalanan Lampung mid Mei 2011 nanti tentunya persiapan Kawasaki KLX 150 tidak bisa saya anggap remeh. Perjalanan akan panjang dan tentunya melewati beberapa medan yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Beruntung kendala teknis pada sepeda motor bisa terbaca dari sekarang. Masalah komstir muncul sejak sepekan dan ini sangat mengganggu. Kendaraan tampak kaku ketika berbelok ke kiri dan cenderung membuang ke kanan. Gangguan di deteksi muncul pada masalah komstir, velg, ban hingga shock. Dan semua mengarah pada trouble komstir.

komstir02

Akhirnya Sabtu (31/4) semua perbaikan di jalani. Kawasaki Motorave yang tidak menyanggupi penyediaan spare part laher bambu – KLX 150 menggunakan laher model bambu kecil dan bukan model peluru / pelor – kalah oleh bengkel resmi Kawasaki Bekasi, Kawansakti.

Alamat Kawansakti sendiri ada di Jl Ir H Juanda no. 105 D Bekasi Timur. Jalur jalan Ampera dekat Margahayu Bekasi Timur. Kontak 021.88349301.

Total harga perbaikan cukup menguras dana hingga 455rb. 200rb untuk laher atas-bawah, kanvas rem depan 100rb dan belakang 80rb plus ongkos kerja 75rb untuk bongkar komstir.

komstir05

Kini semua sudah kembali normal dan kendaraan siap digunakan kembali. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa komstir sudah bermasalah saat kilometer baru mencapai angka 20rb-an. Pemakaian tidak ekstrem meski kerap menjajal trek semi offroad saat turing.

Tapi tidakkah seharusnya motor dengan desain dua alam memiliki kekuatan laher yang mumpuni dan tidak lekas rusak dalam jarak kilometer yang dekat ?

Memang kembali pada pemakaian tapi seharusnya desain komstir bisa lebih tangguh dari ini….

Let’s Ride.

komstir04

komstir01

komstir06

Advertisements

14 thoughts on “Ganti Laher Komstir KLX 150”

  1. Msh mending, CS1 long’s baru 15rb km udah bermasalah komstir ny truz selang 10rb setelah penggantian satu set komstir malah kambuh lg 😥

  2. sharing ide aj, mungkin salah mungkin benar:
    1.Sparepart kawasaki sekarang made in indonesia (pulogadung), beda dengan jaman th 80an-97. Bandingin aja dengan harga KLX 140 di kawasaki.com.au. tentu saja downgrade material(ie:takasagoexcel vs stainless steel; petal disk vs…. etc) untuk menurunkan harga sesuai kantong bikers indonesia pada umumnya. klo mau oke, coba KX85 ato KX450 mas.
    2. Sepertinya sudut rake motor anda mempengaruhi posisi laher, karena anda memasang ban profil lebar dengan diameter double 17in F/R. Coba bandingkan dengan originalnya 19F-16R. Beban motor condong ke depan, Laher tromol dan laher komstir pastinya bekerja berat.
    Demikian juga Dtracker150 dibuat beda sudut rakenya dengan klx.

    Salam

    1. coba KX85 ato KX450 mas.
      —> ini untuk mencoba apanya mas bro ? laher atau ubah garpu depan ?

      wah thanks info nya, benar juga karena memang sudutnya dah beda yah …

  3. waduh.. derita sama kaya sekarang masbro..
    dan hampir semua temen sy jg sama penyakit utamanya komstir ma unitrack nya ga empuk kayak sbelumnya..

  4. Bro komstir saya juga bermasalah. Sudah parah. Jika lewat jalan tidak rata bunyi geledek. Saya juga heran seharusnya motor ini tangguh tapi kenyataan jauh dari harapan. Uni trak sayakocak. Banyak kendala motor saya. Menyesal sudah beli klx hahaha. Sekedar sharing aja bro. Saya baca di online banyak keluhan atau penyakit motor ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s