Escapeventure : Ciwidey (2)

cdey07

Dibandingkan dengan perjalanan pertama lokasi wisata kawah putih Ciwidey mengalami beberapa perubahan signifikan. Pada gerbang masuk kini di pasangi konblok dan di sisi kanan kini dipusatkan daerah jajanan.

Daerah jajanan ini menggantikan lokasi warung-warung yang mulanya ada di atas bukit dengan pintu masuk kawah dan area parkir atas. Perpindahan ini saya rasa patut disayangkan karena area parkir kendaraan kini tak lagi di hiasi penganan khas hawa dingin, plus warung-warung strawberry seperti pada saat perjalanan pertama saya ke Ciwidey.

Bagaimana dengan akses jalan ? Ternyata perubahan bersifat positif. Aspal mulus hingga ujung jalan di area parkir kini mulus. Dengan permainan gigi yang sesuai saya bisa cepat sampai di puncak. Berbeda pada saat pertama dimana jalur jalan masih dihiasi bebatuan dan kendaraan sering sulit naik terutama roda empat. Kini bebas hambatan. Mulus.

cdey01

cdey06

cdey17

cdey14

17.00
Puas melepas lelah di iringi gerimis kecil di Kawah Putih akhirnya saya bergerak turun untuk pindah ke lokasi berikutnya. Pemandian air panas Cimanggu.

Disini tersedia 3 kolam pemandian dengan derajat panas yang berbeda. Cukup cari kolam yang sesuai dengan keinginan. Saya memilih kolam di sisi kiri akses masuk karena di kolam ini derajat panas bisa di tolerir oleh tubuh untuk langsung mencelupkan diri. Berbeda dengan kolam sisi kanan akses masuk yang panasnya butuh waktu lama untuk bisa diterima tubuh. Sangat panas cenderung seperti air yang baru saja mendidih.

cdey22

cdey23

cdey24

Pemandian ini masih tampak sedikit kumuh dan tidak banyak mengalami perubahan dari kunjungan pertama saya. Tapi untuk sekedar berendam melepas pegal tentunya sudah lebih dari cukup. Hawa panas kolam mampu mengurangi pegal saya secara signifikan dan ini saya rasakan pada perjalanan pulang dimana kondisi tubuh menjadi fit dan sudah sama seperti saat berangkat dari Bekasi.

18.00
Puas berendam. Sukses menghilangkan pegal. Akhirnya saya turun ke penginapan. Buat yang ingin melakukan perjalanan turun ke Ciwidey ada baiknya mengurungkan niat turun malam. Tidak ada penerangan sama sekali pada rute turun sehingga saya harus menunggu mobil lain di belakang saya untuk maju dan saya membuntuti sampai ke bawah. Kondisi gelap gulita dan dingin, beruntung hawa hangat tubuh masih tersisa dan tidak cenderung menyiksa saat perjalanan turun.

Kondisi gelap gulita ini yang sangat berbahaya, baik ancaman kejahatan pada larut malam sampai potensi menyeruduk pinggir jurang di sisi kiri jalan turun. Lebih baik menginap di atas jika sudah terlampau larut.

Good Night Riders ……..

08.00
Checking out. Tidak perlu berlama-lama saya memutuskan turun pagi dan kembali ke Bekasi. Kali ini akan mengambil rute Ciwidey – Soreang – Padalarang melalui jalur stadion Jalakharupat. Akses belok masuk jalur stadion ini cukup mudah yaitu cukup mencari patokan Masjid Agung Soreang di kiri jalan, kelokan pertama setelah masjid berbeloklah ke kiri dan terus ikuti jalan utama. Tentunya awasi juga keberadaan plang penunjuk jalan. Jika ragu kehilangan arah maka putuskanlah untuk bertanya sebelum berubah arah terlampau drastis.

cdey19

Mid Day
Tengah hari saya sudah masuk jalur arah Jonggol setelah sebelumnya mengambil makan siang dengan menu ayam goreng – sayur asem – es kelapa di daerah Cikalong.

Bagi yang sering menggunakan jalur Jonggol -Jakarta maka berbahagialah. Dengan kondisi aspal dan beton yang sudah bagus perjalanan bisa dipangkas cukup singkat. Tidak lagi harus berkutat dengan jalan buruk. Handicap jalan rusak di satu-dua titik sama sekali tidak mengganggu perjalanan.

Kurang dari sejam pun dari Cikalong saya sudah masuk daerah Cileungsi yang selanjutnya kembali masuk Bekasi melalui Rawa Kalong. Cuaca gerimis di Ciwidey, terik di Jonggol hingga hujan deras di Cileungsi hingga kembali terik di Bekasi menjadi menu utama dua hari perjalanan saya hari ini.

15.30
@ Home. Tidak ada kendala pada kondisi fisik dan kendaraan serta tentunya saya harus ucapkan terima kasih Tuhan yang melindungi perjalanan saya pergi dan pulang. A very nice escapeventure trip for the weekend.

LoL.

cdey08

cdey09

cdey10

cdey11

cdey15

cdey16

cdey18

3 thoughts on “Escapeventure : Ciwidey (2)

1. pemandian air panas yang agak lumayan di walini & klo dah nyampe ciwidey harusnya mampir juga ke situ patenggang😀