Run with the Yamaha Byson


byson0002

Gear up … ignite … brumm … the engine …. oopppsss not roaring. Posting terdahulu bicara penampilan, sekarang coba sedikit melihat performa. Miniatur moge boleh dibilang cukup apik memanjakan pengguna melalui penampilannya tapi jika bicara performa memang ada keterbatasan sendiri. Seperti beberapa narasumber yang saya ajak tes beberapa lap menggunakan Yamaha Byson pinjaman dari rekan GilaMotor.com ini.

Putaran bawah tampak kurang bertenaga sehingga lompatan start akan tertinggal dari kendaraan lain. Kekuatan baru muncul di putaran atas saat bermain di gigi 4 dan 5 di wilayah 5000 – 6000 rpm. Tenaga tersalur dengan baik dan stabil melibas perjalanan. Cukup oke jika dituntut berjalan jauh layaknya aktifitas turing sepeda motor. Sayang kurang lincah, salah satunya karena keterbatasan radius putar akibat bongsornya Byson.

byson0001

Sistem suspensi tampil baik, terutama dari sisi tampilan. Suspensi depan ber ukuran besar, paling besar di antara motor sekelas bahkan motor dengan kelas di atasnya. Suspensi belakang Monocross juga memperkuat aura cantik ala moge. Sayangnya bantingan suspensi belakang saya rasakan berbeda dengan suspensi depan, bagian belakang terasa keras saat dicoba melibas berbagai halangan yang tidak rata.

byson0004

Sistem rem depan sudah menganut cakram. Sistem rem belakang masih setia menganut sistem tromol. Dengan penampilan miniatur moge harusnya pabrikan Yamaha mau dengan senang hati meng instal cakram belakang. Secara performa berjalan baik menunjang aksi pengereman, tinggal bagaimana rider meng eksplorasi kebutuhan pengereman.

Beberapa rekan tester coba berbicara soal putaran mesin Byson, tenaga seakan tak sebanding dengan konsep besar knalpot ala moge. Knalpot seperti menghambat pergerakan awal dan cenderung tidak responsif. Untuk mendulang tenaga lebih ada baiknya pengguna Byson menggantinya dengan spek aftermarket pilihan.

byson0007

Handling Byson memiliki nilai lebih. Mudah dikuasai meski bermasalah pada radius putar. Kestabilan motor juga terjaga berkat dibenamkannya ban tubeless ukuran besar depan-belakang. Stabil saat dicoba lepas tangan.

Well ……….. untuk konsumsi perkotaan tampak Byson layak di acungi jempol, pun soal konsumsi perjalanan jauh. Tinggal bagaimana rider Byson mencari posisi ideal dalam pengendalian dan coba menyiasati kurangnya tenaga Byson. Yah namanya juga miniatur moge.

byson0006

byson0005

byson0003

Advertisements

About this entry