Test Drive New Hyundai Tucson


hyu_full

Hyundai New Tucson 2010, Sport Utility Vehicle (SUV) berkelas dengan kapasitas 2.000 cc ini hadir secara resmi pada gelaran “The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS 2010)” lalu, tepatnya pada Jumat, 23 Juli 2010. Tampil elegan dengan balutan warna putih Hyundai New Tucson adalah kendaraan kategori SUV pertama yang berada pada jalur gaya Sport Coupe. JDDC Crash Free Int’l berkesempatan mencoba Hyundai Tucson ini dari dekat, mulai dari sisi performa hingga aspek safety. Apa saja hasilnya bisa disimak pada lanjutan tulisan di bawah ini.

Dengan banderol OTR Rp 285 juta Hyundai New Tucson menjadi produk SUV dengan angka jual paling kompetitif. Produk ini melanjutkan eksistensi Tucson yang sudah hadir sejak 2005. Desainnya sendiri langsung datang dari tangan Thomas Buerkle, seorang Chief Designer Hyundai Eropa.

Tampak luar mengadopsi bentuk sedan yang di gelembungkan ala SUV. Penempatan lampu kabut dibuat menyatu dengan bumper sementara aliran chrome membentuk keindahan pada grill radiator berbentuk hexagonal. Tampilan lampu depan pun sangat sporty. Pewarnaan bodi menyediakan pilihan Vanilla White, Phantom Black, Grey Titanium, serta Sleek Silver.

hyu_front

Hyundai New Tucson ber kubikasi pada angka 1.998 cc di kenal secara internasional dengan nama Hyundai iX-35. Teknologi bawaan menganut sistem Teknologi CVVT (Constantly Varianle ValveTechnology). Masuk ke dalam kabin pengemudi akan disuguhkan tampilan elegan yang dibawa New Tucson. Two-space seater terbilang nyaman meski dimensi seat belakang tampak terlampau ke bawah, secara umum bidang yang tersaji bagi penumpang di belakang terbilang lega dan nyaman. Tak perlu khawatir pada penumpang anak-anak, New Tucson sudah menyelipkan child lock pada pintunya.

hyu_panels

Duduk di belakang kemudi maka pengemudi akan mendapatkan shortcut pengaturan in-car entertainment pada sisi kiri bidang kemudi. Tersedia soket auxiliary audio dari MP3 player dan jack USB untuk membaca flashdisk atau iPod. Panel pada dashboard lengkap menyuguhkan angka putaran RPM pada sisi kiri dan penunjuk kecepatan di sisi kanan. Panel digital pada dashboard bidang tengah lengkap menyuguhkan semua data yang diperlukan sesuai standar yang sudah ada.

Panel transmisi matik tampil apik, sistem ini juga diselipkan teknologi shifttronic dimana pengemudi dapat mengubah metode transmisi dari matik ke manual. Saat percobaan pada pemakaian transmisi matik perpindahan gigi pada akselerasi halus terasa gigi berpindah pada RPM 2000 sedangkan pada penggunaan akselerasi kasar perpindahan gigi terasa di RPM 6000. Untuk pemakaian transmisi manual 6 percepatan perpindahannya tidak diperlukan jasa kopling, cukup pindahkan secara manual pada jalur plus (+) dan minus (-).

ASPEK SAFETY
Secara umum aspek safety sudah terpenuhi. Seatbelt tersedia untuk 5 penumpang. Redaman suspensi depan (MacPherson) dan belakang (Multi-link) memiliki performa baik dalam meredam getaran saat dicoba masuk dalam rute yang bergelombang.

hyu_dash

Catatan awal pada saat mulai pengetesan, pergerakan pada saat men-starter New Tucson dapat di hidupkan pada posisi tuas di P dan N dengan kondisi pedal rem tidak di tekan. Catatan penting untuk menekan pentingnya keselamatan dalam fitur kendaraan.

Electric mirror memang bisa disesuaikan dari dalam kabin tapi untuk hinggap di jalur padat bodi spion tidak dapat dilipat secara mekanis, tetap harus ada usaha manual jika ingin melipat spion.

Secara umum Hyundai New Tucson adalah sebuah kendaraan SUV apik yang dapat dijadikan andalan transportasi harian, kenyamanan ala Hyundai akan membuat perjalanan semakin aman dan nyaman.

7 thoughts on “Test Drive New Hyundai Tucson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s