Why “Ring of Fire” ?


Turing. Kata yang menarik dan menggelitik. Turing itu apa siy ? Turing berasal dari kata bahasa inggris “Touring”. Tour sendiri artinya adalah jalan-jalan. Media apa yang nantinya akan jadi teman jalan-jalan tentunya beragam, bisa sepeda motor, sepeda, mobil, kereta api dan lain-lain. Youk Tanzil selaku leader RoF meyakinkan saya bahwa sebuah turing harus lah bernilai, tidak sekedar jalan dari satu titik ke titik lain.

artrof1005

Turing adalah juga mencari hal-hal baru, menikmati perjalanan, serta mengambil segala pengetahuan baru di tiap kilometernya. Setidaknya perjalanan yang saya lakukan selama ini berada di trek yang benar hingga kadang saya dibuat geli oleh beberapa kalimat “eh .. elu paling jauh dah turing kemana aja?” … kalimat pertanyaan yang aneh karena sebuah perjalanan tidak bisa dinilai dari seberapa jauhnya kita berkendara tapi justru nilai-nilai apa yang berhasil kita ambil selama perjalanan itu dilakukan. Bahkan sebuah perjalanan ke Puncak pun akan begitu bernilai jika kita mau melihat sisi lebih dalam lagi dari sebuah perjalanan bermotor.

Perjalanan versi RoF ini lebih ke sebuah ekspedisi dimana eksplorasi hal-hal baru menjadi target yang nantinya akan di share ke khalayak ramai. Simak rangkaian kalimat sebagaimana pak Youk presentasikan via layar plasma yang tersambung ke pc. “THE RING OF FIRE ADVENTURE is an adventure riding around Indonesia by father and son making a documentary film about the people, culture, beliefs, life, natural beauty, history, technology and many more”. The journey of Youk and Giovanni Tanzil.

artrof1002

artrof1003

Jumat lalu, 19 November untuk kali kedua saya kembali mendatangi markas Ring of Fire Adventure, lokasi yang juga menjadi kantor Indline.com. Saya hadir bersama rekan blogger bro Adet, bro Stephen dan bro Jayadi plus jurnalis majalah Motobike. Kita semua dibuat saling berdecak kagum atas kesiapan perjalanan Ring of Fire ini yang juga didukung oleh World Vision Indonesia dan Kick Andy Foundation ini.

artrof107

Why “RING OF FIRE” ? Dinamai demikian karena Indonesia termasuk dalam lingkaran gunung berapi dari Asia Pasifik hingga Amerika Selatan. Keinginan berbagi perjalanan serta ilmu dari bapak ke anak serta fenomena gunung berapi menginspirasi nama perjalanan ini menjadi RING OF FIRE ADVENTURE.

Simak cerita lain dari kunjungan ini pada artikel-artikel berikutnya. Well … this journey will be great to follow. Semoga target keberangkatan mereka pada Januari 2011 tidak meleset dari target.

artrof114

artrof1004

artrof115

artrof1006

artrof1010

artrof111

artrof1009

artro8

4 thoughts on “Why “Ring of Fire” ?

  1. wow.. sudah sangat-sangat tidak sabar nih menunggu cerita perjalanan turingnya.. setuju sekali turing tuh harus lebih luas artinya dari sekedar menjalankan sepeda motor, tetapi juga menceritakan budaya tempat yang dikunjungi serta variasi manusia yang ditemui.. There are so many stories behind the journey

  2. @ meet_hana: Sering orang lebih mementingkan kesiapan “Kendaraan” ketimbang kesiapan “Perjalanan” itu sendiri dalam arti mengenal dan menggali apa yang dapat kita lihat, rasakan dan pelajari dari tujuan dan route yang akan dilewati. “Why just SEE if we also can UNDERSTAND & FEEL it? Moga2 Andry dan kawan2 bisa menikmati apa yang kita share dari persiapan perjalanan kita. Thanks to all of you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s