Mengunjungi Markas Ring of Fire Adventure


Kesempatan jarang datang dua kali. Saling komunikasi melalui jalur email akhirnya tuan rumah mengiyakan permintaan kunjungan saya ke ‘dapur’ tim ekspedisi bermotor “RING OF FIRE ADVENTURE” (RoF). Sore itu, 10 November 2010, saya bergegas pergi ke lokasi sesuai janji temu. Lokasi yang saya tuju adalah kantor INDLINE yang juga menjadi markas tim RoF ini, lokasinya ada di jalan Gotong Royong di kawasan jalur Warung Buncit – Ragunan. Bersyukur bisa hadir tepat waktu dan langsung dijamu tuan rumah, pak Youk Tanzil, beliau notabene juga adalah seorang businessman di bidang Multimedia.

rofbike01

Di rumah yang asri dan teduh itu KLX 150 milik saya seperti menemukan rekan-rekannya, 3 unit Kawasaki D Tracker 250 warna merah, orange, dan kuning ditemani satu unit KLX 150 dan KX versi orisinil ter-parkir rapi. Khusus D Tracker 250 warna merah, motor itulah yang dipajang di gelaran Jakarta Motorcycle Show 2010 3-7 November kemarin. Singkat hadir mengagumi keberadaan motor D Tracker yang sudah di modif ala turing maka saya pun langsung naik ke lantai 2 ruangan pak Youk.

rofbike02

Sapa ramah pak Youk Tanzil membuat agenda bincang-bincang seperti tak menemui kata habis, maklum segala pernak-pernik persiapan perjalanan RoF di geber habis-habisan dan tanpa di rahasiakan. Sangat terbuka. Tak terhitung banyak hal di tunjukkan sepanjang perbincangan malam itu seperti :

  • Video presentasi RoF tampak apik. Sekedar catatan, perjalanan ini di ikuti oleh dua putra dan satu putrinya, sementara satu putri nya yang lain absen. Konsep awal perjalanan ini adalah tentang bagaimana kecintaan bapak pada anaknya dan kecintaan itu ditunjukkan pada sebuah perjalanan keliling Indonesia dan mengunjungi ratusan gunung berapi yang ada di Indonesia, soal gunung api ini Indonesia memang masuk dalam lingkaran api di Asia-Pasifik.
  • Simulasi perjalanan melalui aplikasi Google Earth untuk rute NTT – Jakarta via darat,
  • Kelengkapan perjalanan mulai dari Safety Gear, gadget (laptop, GPS, mobile charger, HT hingga I-Pod), mini satelit dll,
  • Unit motor dan mobil, kabarnya perjalanan ini akan menggunakan 5 motor Kawasaki 250 cc dan 2 mobil Toyota,
  • Video latihan jelang keberangkatan,
  • dan lain-lain yang sontak membuat saya cukup kagum dengan konsep dan persiapan perjalanan ini.

Tak kurang dari setahun perjalanan ini terus disiapkan hingga hari H. Rencana perjalanan ini pula yang sukses menggandeng sponsor-sponsor skala besar untuk mendukung perjalanan RoF. Siapa saja pendukungnya ? Lihat nanti di website resmi mereka yang akan meluncur kemudian, soal website ini saya cukup beruntung bisa melihat sejenak ‘daleman’ website yang saya rasa sangat menarik dan informatif.

rofbike03

Perjalanan yang juga di inspirasikan oleh konsep Long Way Round – Long Way Down ini tentunya membutuhkan dedikasi tinggi dari mereka yang terlibat. Simak ucapan Youk Tanzil soal apa yang akan tersaji sepanjang perjalanan ini. RoF akan secara gamblang akan melakukan sharing pengetahuan sepanjang daerah yang akan mereka lewati. Sejarah lokal yang belum di ketahui khalayak banyak akan muncul di sela-sela obrolan para pemeran RoF ini. Sebuah ide yang sangat menarik.

rofbike04

Sementara hanya itu yang bisa saya share dan nantikan sharing info persiapan perjalanan RoF ini berikutnya. Kabar terakhir perjalanan ini melakukan penundaan start dari rencana awal akhir November 2010 diganti menjadi sekitar akhir Januari 2011. Penundaan ini lebih kepada situasi darurat dan tidak kondusif atas bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Perjalanan bapak dan anak ini pun akan menunggu hingga waktu yang tepat. Good Luck RoF.

*karena keterbatasan dokumentasi via hp maka gambar jadi kurang maksimal, lain kali lebih baik ye

Advertisements

About this entry