Mengunjungi Markas Ring of Fire Adventure


Kesempatan jarang datang dua kali. Saling komunikasi melalui jalur email akhirnya tuan rumah mengiyakan permintaan kunjungan saya ke ‘dapur’ tim ekspedisi bermotor “RING OF FIRE ADVENTURE” (RoF). Sore itu, 10 November 2010, saya bergegas pergi ke lokasi sesuai janji temu. Lokasi yang saya tuju adalah kantor INDLINE yang juga menjadi markas tim RoF ini, lokasinya ada di jalan Gotong Royong di kawasan jalur Warung Buncit – Ragunan. Bersyukur bisa hadir tepat waktu dan langsung dijamu tuan rumah, pak Youk Tanzil, beliau notabene juga adalah seorang businessman di bidang Multimedia.

rofbike01

Di rumah yang asri dan teduh itu KLX 150 milik saya seperti menemukan rekan-rekannya, 3 unit Kawasaki D Tracker 250 warna merah, orange, dan kuning ditemani satu unit KLX 150 dan KX versi orisinil ter-parkir rapi. Khusus D Tracker 250 warna merah, motor itulah yang dipajang di gelaran Jakarta Motorcycle Show 2010 3-7 November kemarin. Singkat hadir mengagumi keberadaan motor D Tracker yang sudah di modif ala turing maka saya pun langsung naik ke lantai 2 ruangan pak Youk.

rofbike02

Sapa ramah pak Youk Tanzil membuat agenda bincang-bincang seperti tak menemui kata habis, maklum segala pernak-pernik persiapan perjalanan RoF di geber habis-habisan dan tanpa di rahasiakan. Sangat terbuka. Tak terhitung banyak hal di tunjukkan sepanjang perbincangan malam itu seperti :

  • Video presentasi RoF tampak apik. Sekedar catatan, perjalanan ini di ikuti oleh dua putra dan satu putrinya, sementara satu putri nya yang lain absen. Konsep awal perjalanan ini adalah tentang bagaimana kecintaan bapak pada anaknya dan kecintaan itu ditunjukkan pada sebuah perjalanan keliling Indonesia dan mengunjungi ratusan gunung berapi yang ada di Indonesia, soal gunung api ini Indonesia memang masuk dalam lingkaran api di Asia-Pasifik.
  • Simulasi perjalanan melalui aplikasi Google Earth untuk rute NTT – Jakarta via darat,
  • Kelengkapan perjalanan mulai dari Safety Gear, gadget (laptop, GPS, mobile charger, HT hingga I-Pod), mini satelit dll,
  • Unit motor dan mobil, kabarnya perjalanan ini akan menggunakan 5 motor Kawasaki 250 cc dan 2 mobil Toyota,
  • Video latihan jelang keberangkatan,
  • dan lain-lain yang sontak membuat saya cukup kagum dengan konsep dan persiapan perjalanan ini.

Tak kurang dari setahun perjalanan ini terus disiapkan hingga hari H. Rencana perjalanan ini pula yang sukses menggandeng sponsor-sponsor skala besar untuk mendukung perjalanan RoF. Siapa saja pendukungnya ? Lihat nanti di website resmi mereka yang akan meluncur kemudian, soal website ini saya cukup beruntung bisa melihat sejenak ‘daleman’ website yang saya rasa sangat menarik dan informatif.

rofbike03

Perjalanan yang juga di inspirasikan oleh konsep Long Way Round – Long Way Down ini tentunya membutuhkan dedikasi tinggi dari mereka yang terlibat. Simak ucapan Youk Tanzil soal apa yang akan tersaji sepanjang perjalanan ini. RoF akan secara gamblang akan melakukan sharing pengetahuan sepanjang daerah yang akan mereka lewati. Sejarah lokal yang belum di ketahui khalayak banyak akan muncul di sela-sela obrolan para pemeran RoF ini. Sebuah ide yang sangat menarik.

rofbike04

Sementara hanya itu yang bisa saya share dan nantikan sharing info persiapan perjalanan RoF ini berikutnya. Kabar terakhir perjalanan ini melakukan penundaan start dari rencana awal akhir November 2010 diganti menjadi sekitar akhir Januari 2011. Penundaan ini lebih kepada situasi darurat dan tidak kondusif atas bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Perjalanan bapak dan anak ini pun akan menunggu hingga waktu yang tepat. Good Luck RoF.

*karena keterbatasan dokumentasi via hp maka gambar jadi kurang maksimal, lain kali lebih baik ye

21 thoughts on “Mengunjungi Markas Ring of Fire Adventure

  1. itu jok kudunya di benahin dikit..jalan jauh pake jok kek gitu, pasti puanasss😀
    trus depannya dipakein fairing kayak motor rally Dakar..pasti mantaff..

    btw, itu tangki-nya standar ya??bukannya isinya dikit??kalo gak salah, ada deh tangki KLX250 yg isinya lebih banyak..

    1. @ shinobi … thanks bro
      @ asmarantaka … itu headlamp asli D Tracker, ubahan hanya pada tudungnya saja .. next ane tulis soal modifikasinya lagi
      @ jahe … doakan lancar sob
      @ dono … domain yang digunakan adalah ringoffireadventure.com, tp masih under construction dan menunggu launch karena masih di rapihkan detil nya
      @ noe … kemarin hanya bersama pak Youk Tanzil sendiri, peserta lain masih pada sibuk dengan kegiatan masing-masing, soal jok memang akan mengalami ubahan material dan lebar jok untuk mencari sisi nyaman .. gambar paling atas warna motor orange sudah mengalami perubahan jok dan akan di modif sedikt lagi joknya .. motor lain akan mengikuti ..🙂

  2. Wah banyak yang comment… Maaf website kita masih “Under Construction”. Terima kasih atas semua saran dan support dari kawan2, Semoga semuanya bisa lancar. Walaupun persiapannya sudah cukup lama tapi masih banyak yang kurang dan masih dalam pengerjaan. Antara lain seperti Tangki Bensin. Cerita2 yang lain saya persilahkan bang Andry yg cerita. sekali lagi terima kasih banyak. terutama buat Andry. YT

  3. wuich….., muantep bgt mas bro…., touring bgt…
    klo klx 150 bisa ga ya..di modiv pake brecket box samping mirip d-tracker x 250 milik bro ROF???
    trus di mana q bs dpt breket box samping klx
    di tunggu infonya ya..mas bro

    thaks

  4. nah ini baru manteb! turing pake motor sendiri! modal bro…….modal!

    pantas dibanggakan daripada turing pake motor pinjeman lalu sok pamer banggain diri sendiri!

    kalo belum mampu kaya pak youk kagak usah maksa deh!

    1. @ adul .. so far tidak ada kendala / kerusakan / cacat material pada KLX 150 saya, sempat mengalami kecelakaan terbanting saat menikung tapi semua kondisi motor dalam keadaan baik2 saja .. kalo di KLX 250 atau DTracker nya saya kurang tau, akan saya cek lagi ke rekan sesama owner KLX / D Tracker deh

      @ dpouwel .. thanks bro …

      @ pak YT … siap pak .. up close and personal with RoF bisa saya teruskan di artikel2 lain🙂

      @ deni … bisa aja KLX 150 dibenamkan segala macam, pada gambar ke 2 di atas, perhatikan KLX 150 pake box E45, itu motor saya, pembuatan bracket samping bisa langsung ke rujukan bengkel las yang sudah dikenal.

      @ anakmotordepok … turing turing turing .. wuhuuuuu

  5. Kawan2, mungkin sedikit ada perbedaan antara touring dan Expedisi. Yang kami lakukan di RoF adalah sebuah expedisi yang bertujuan membuat film/TV serial/DVD/ Bluray dokumentasi tentang Indonesia. Expedisi ini disupport oleh berbagai pihak dengan berbagai macam cara dan kondisi tentunya. Misalnya KMI memberikan kami (dikasih gratis lengkap dng BPKB atas nama RoF) 5 buah motor terdiri dari 2 KLX250 dan 3 D-Tracker X 250. 2 buah mobil double cabin kami dipinjami selama beberapa bulan. Perlengkapan camping kita di dukung sepenuhnya oleh Eiger Adventure mulai dari tenda, sepatu, raincoat sampai semua peralatan camping. Motoritz memberikan semua product GIVI. BUD-PAR menyediakan helicopter dan kapal Penisi selama di Kelimutu dan Kep.Komodo. Koneksi Satelit dan perangkatnya disediakan oleh Indonusa melalui IP-Star. jadi bukan semuanya “Modal Sendiri” melainkan ada sponsornya. Untuk itu maka kita punya tanggung jawab untuk memberikan timbal balik yang sesuai dengan support masing2 dan tertuai dalam kontrak yang jelas. Jadi bisa dibilang kami “bekerja” bukan “jalan2” atau boleh dibilang “Business & Pleasure” he he he he.

  6. menjawab perihal “Modifikasi Motor”. Modifikasi yang kami lakukan sangat minimal mengingat kondisi route dan jarak 6000 Km selama 38 hari. Modifikasi head light itu dilakukan karena kami membutuhkanpenempatan peralatan elektronik yang sensitive dari debu dan air. Antara lain: GPS, Handy Talky, Bluetooth PTT, battery charger berapa buah, HP dsb. bayangkan kalau kita harus ngecharge 7 macam electronic setiap malam – berat charger yag harus dibawa. oleh karena itu kita membuat sistim charging yang ada dibalik kedok Ninja 150 itu. sedangkan bracket side back itu kita dibantu oleh Gurkha R&D yang berhasil membuat bracket seringan mungkin tapi kuat sekali. experimentnya barangkali lebih dari 10 kali sampai achirnya berhasil. Sadel juga harus experiment mungkin sudah yang ke delapan kali kita mencoba membuat sadel agar lebih nyaman tanpa mengurangi kelincahan dalam handling dan posisi mengendarai. Masih ada pekerjaan yang jauh lebih sulit dan berat adalah research tentang route yang kita lewati… apa yang kita bisa gali dan ceritakan siapa yang bisa memberikan informasi lengkap, apa referensinya, buku riset kami terdiri dari 600 halaman hanya untuk stage 1. kami butuh waktu hampir 1 tahun untuk persiapan. Semoga berguna infonya

  7. sy ada klx 250 dan sdh sy modif jadi supermoto adventure touring. jog sadel sdh pelebaran, hasil nyaman utk long trip ( baru balik dari rute Bali -malang -jogya -baturaden-salatiga-bali total 2598 km) pantat tdk sakit. silahkan lihat foto foto nya di fb saya, zacharia soedjito hadiwidjaya . butuh info lebih lanjut ke 0811392334/ bb pin:210EE34E

  8. “Video presentasi RoF yang apik hasil karya putra dari Youk Tanzil sendiri.”

    Tolong dikroscek kembali kalimat ini kepada yang bersangkutan. Saya harap kredit dapat diberikan pada orang yang tepat. Terima kasih.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s