Test Ride Minerva GTR 150 dan 170


Hari Rabu yang cerah (13/10) memayungi Sirkuit Sentul yang hari ini kedatangan belasan tester rider undangan dalam hajatan “Experiencing World Class Technology” milik Minerva Indonesia. Saya – datang dengan rombongan Mr Testo Otomotif Friends – tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan menjajal barisan produk yang dipajang dari berbagai kelas. GTR 150 dan 170 di kelas sport matik, Megelli 250 generasi terbaru di segmen medium-sport hingga penghuni kasta tertinggi Minerva yaitu Fischer 650, plus penampakan mungil Benelli Pepe yang cuma menggendong mesin 50cc. Kita cek satu-satu per tulisan yang akan berdiri sendiri berdasar tipe. Pertama … sensasi berkendara Minerva GTR 150 dan 170.

gtr01

Minerva GTR yang di tawarkan pada tes adalah varian dengan cc 150 serta 170. Harga jual nya berapa ? Ada di angka 19 juta-an. Cukup mahal di banding harga pasar motor matik. Generasi yang diangkat adalah aura sport meski secara desain tidak menyamai Gillera DNA. Proses start sama dengan matik kebanyakan yaitu dengan menekan tuas rem kiri dan tombol start. GTR 150 dan 170 tidak ringan secara beban, motor jadi memang butuh tenaga ekstra untuk menungganginya. Tidak ada pembeda fitur baik pada varian 150 dan 170 nya.

gtr03

Saat masuk sirkuit untuk mencari top speed di lintasan lurus ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Meski di bedakan hanya sekitar 20 cc pada varian 150 tenaga seperti berat pada akselerasi trek panjang, top speed manteng di 95 km/jam dan susah naik. Pada varian 170 gas masih bisa diputar hingga 115 km/jam. Lumayan. Saat melahap tikungan juga cukup mumpuni dan mudah di ayun.

gtr07

Secara desain memang sangat berani alias out of the box, inilah kekuatan Minerva. Untuk pemakaian harian saya rasa cukup terwakili dengan kemudahan sistem matik yang tinggal gas dan rem. Dimensi nya memang masih terbilang panjang, jadi kemungkinan agak kesulitan mengalahkan manuver-manuver ringkas dan pendek. PR buat konsumen nantinya ya jangan takut untuk menilai bagus-tidaknya produk ini. Pada saat tes terjadi beberapa kendala seperti speedometer yang tidak menyala. Masih banyak tugas Minerva untuk masuk ke pasar matik dengan desain kuat seperti ini tapi dengan kekuatan after-sales yang belum teruji. Berminat ?

gtr05

gtr04

gtr06

*Ucapan terimakasih di alamatkan pada undangan dari Mr Testo Otomotif Friends sekaligus Minerva Indonesia atas kesempatannya.

mrtesto

foto diambil oleh : http://bodats.wordpress.com/

Advertisements

About this entry