Pelabuhan Ratu on the Weekend


Pelabuhan Ratu sejatinya memiliki nama Palabuhanratu, ditulis sambung, setidaknya itu yang saya lihat di beberapa plang jalan maupun perkantoran, selanjutnya disebut PR saja. Perkiraan jarak dari kota Sukabumi sekitar 60 km. Destinasi PR inilah yang saya lakukan di akhir pekan kemarin (18-19 Sept 2010), di dalam perjalanan saya menggunakan motor KLX 150 yang sudah dibangun menjadi supermoto agar aspal-friendly. Perjalanan ini sekaligus menjadi perjalanan panjang pertama si KLX yang saya namai FREE, plus menjadi ajang ujicoba supermoto ber boncengan dan ujipakai tank bag khusus KLX 150 kreasi 7Gear. Total perjalanan terhitung 360.3 km Bekasi – PR – Bekasi.

Rute berangkat saya mengambil jalur Bekasi – Depok – Bogor – jalur utama menuju Sukabumi via Caringin – Cicurug hingga Parungkuda dan masuk ke jalur Cibadak – Cikidang dan berakhir di Cisolok. Pada saat berangkat saya agak ragu dengan trek singkat Bogor – Cipaku – Parungkuda sehingga saya dan rekan istimewa perjalanan pun harus rela terkena padatnya lalu lintas jalur Sukabumi.

PR01

PR02

Uji jalan KLX 150 Supermoto terhitung baik-baik saja untuk digunakan berboncengan, kisaran berat rider sekitar 78 kg dan pembonceng yang < 50 kg. Suspensi sudah di naikkan sedikit keras demi menghindari gesekan ban ke sisi dalam knalpot, ini karena profil ban sudah naik. Efeknya memang ada keluhan dari pembonceng ketika melibas jalan bergelombang, maklum setelan yang tadi soft menjadi hard. Pada jalan kondisi normal baik lintasan lurus maupun menikung semua menghasilkan ‘goyangan’ yang baik. Tidak ada keluhan berarti. Atas uji jalan ini mungkin di bulan mendatang saya harus menyisihkan dana untuk modifikasi jok agar lebih empuk plus mencari desain knalpot yang lebih pipih dan stylish.

PR03

Lalu bagaimana dengan rute ? Rute menarik baru akan hadir di sesi Cikidang – Cisolok. Perhentian pertama rute Cikidang ada di sisi bukit yang menatap perkebunan hijau. Supermoto yang tampil beda memang selalu jadi pusat pertanyaan saat berhenti. Dari sekedar tanya harga, jenis modifikasi sampai pujian-pujian bahwa akan asik saat berkendara dengan motor jenis ini. Meminjam jalinan kata rekan offroader “You Can Go Fast, I Can Go Anywhere”.

PR07

PR04

Tidak perlu berlama-lama menunggu habisnya rute Cikidang – PR atau Cikidang – Cisolok. Ayunan motor saat menyantap banyak tikungan tak akan membuat kita cepat lelah. Menjelang PR bersiaplah dikenai biaya retribusi tak lebih dari 2000 rupiah dan tak jauh dari pos retribusi perjalanan akan bercabang. Plang akan menawarkan rute utama menuju kota PR atau langsung cut ke jalur Cisolok tanpa harus lewat kota. Bagi yang ingin mencicipi tikungan naik turun – awas curam – silakan ambil jalur menuju kota PR. Bagi yang ingin memangkas jarak silakan ambil jalur berpanah menuju Cisolok. Jalan sedikit rusak di beberapa ruas tapi ini justru akan menambah nuansa perjalanan. Belum lagi hidangan pantai PR dari atas yang begitu indah, itulah bayaran nya. Magnificent view. Awas jangan salah jalur, begitu ada cabang silakan ambil kanan untuk turun menuju Cisolok.

PR05

Perjalanan berakhir di salah satu penginapan di bibir pantai di daerah Cisolok. Saya pun beristirahat untuk selanjutnya menikmati lagi sajian Palabuhanratu. Long time no see the ocean, dan saya begitu bahagia. (bersambung ..)

PR08

PR09

PR10

PR06

Advertisements

About this entry