MotoGP Sachsenring : Dominasi Duo Mini


sachs01

Duo mini ? Siapa mereka ? Tak lain adalah dua pembalap Spanyol, Toni Elias di kelas OMR Moto2 dan Dani Pedrosa di kelas utama MotoGP. Kemenangan ini seolah menjadi tambahan keperkesaan Spanyol setelah sebelumnya sukses meraih gelar juara Piala Dunia Sepakbola 2010 (Afsel). Apalagi di dua pentas ini terselip pula fenomena Jerman. Pertama Jerman takluk di semifinal PD. Yang kedua takluk oleh Spaniard yang notabene sirkuit nya sendiri mengambil tempat di Jerman.

Catatan lain yang bisa disimak adalah dominasi pabrikan Honda di tanah Sachsenring. Kemenangan Dani sukses membuntuti raihan Mick Doohan, Alex Barros, Valentino Rossi, Sete Gibernau dan Max Biaggi. Dani sendiri di Sachsenring sudah pernah menang yaitu di 2007. Sukses ini juga memotong kesempatan quattrick Jorge Lorenzo yang harus puas di tempat kedua.

BALAPAN MOTOGP
Sachsenring sudah penuh drama sejak Moto2 digelar. Bahkan sejak sesi kualifikasi, Sachsenring sudah ‘membakar’ dua motor. Satu milik JL di sesi kualifikasi, serta satu milik De Puniet di sesi balapan.

Lepas start balapan tampil menarik apalagi setelah tampilnya kembali Valentino Rossi. Tiga depan tetap jadi milik Lorenzo-Pedrosa-Stoner. Posisi tiga pembalap muda terbaik 2010 ini sedikit berubah di akhir lomba setelah Pedrosa tampil gemilang paska re-start MotoGP. Lorenzo yang tampil superior di balapan sebelumnya justru melorot makin jauh di tinggal Pedrosa. Stoner pun sama, tampaknya mesin Ducati sudah kalah kecepatan dari Yamaha dan Honda. Gap makin jauh dari Lorenzo, apalagi Pedrosa. Beruntung Stoner mampu memanfaatkan kehati-hatian Rossi di tikungan terakhir untuk tembus tiga besar. Tampak ban depan Stoner sukses ‘mendorong’ kaki kiri Rossi untuk sedikit keluar racing line. Hasil ini membuat Stoner mampu naik di klasemen sementara dengan bertengger di 4 besar.

Re-start nya sendiri akibat jatuhnya De Puniet di Turn 4, beruntun Espargaro dan Bautista jadi korban motor De Puniet yang sudah kadung rebah di trek. Praktis 3 pembalap tidak bisa lagi mengikuti re start.

sachs02

VALENTINO ROSSI
Saya melihat VR tidak tampak sedang cedera karena justru tampil seperti biasanya, agresif dan mengurut celah untuk mendahului. Hanya sedikit terlihat sifat kehati-hatian Rossi agar tidak jatuh di saat lomba. Hasil akhir tampaknya VR legowo menerima hasil, sama halnya dengan situasi pit VR yang tampak gembira dengan hasil ini.

Hasil ini membuktikan kehebatan VR dalam menyikapi keterbatasannya akibat cedera. Salut.

Tontonan yang menarik di seri Sachsenring yang memaksa para pembalap untuk rebah lebih lama di lintasan, tikungan raksasa ala U-Turn nan lebar membuat pemandangan rebah tersaji lebih lama sepanjang balapan.

RESULT :
1. DANI PEDROSA
2. JORGE LORENZO
3. CASEY STONER

sumber gambar tak lain dan tak bukan motogp.com

2 thoughts on “MotoGP Sachsenring : Dominasi Duo Mini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s