Buta Road Safety !


Look

Egois, ceroboh, dan tidak peduli dengan keselamatan. Tipikal mayoritas jenis pengendara di ibukota kah ? Anda tidak perlu menjawabnya, toh semua sudah tersedia dengan fakta. Lihat bagaimana pengendara roda dua enggan memperlambat kendaraan, enggan memberi jalan, enggan untuk me nomor satukan keselamatan. Mari simak baik-baik video berikut yang bisa di unduh melalui IDM masing-masing. Anda hanya perlu meluangkan waktu tak lebih dari sembilan menit untuk mencari ‘lesson learn’ yang dibutuhkan.

Video ini berada pada suasana kota Inggris di tahun 1960-an. Cukup jadul. Lihat motornya, rem kaki berada di kiri, inilah bentuk klasik dari motor-motor Eropa. Belum ada kaca spion sehingga diperlukan kerja ekstra dari tangan si pengendara. Lihat perlengkapan berkendaranya, helm, goggle, sampai bentuk sarung tangannya. Sarung tangan yang digunakan adalah model dua jari penutup (satu menutup ibu jari, satu menutup empat jari sisa). Selain untuk memberi efek hangat saat berkendara, sarung tangan jenis ini memberikan pengendara untuk melakukan porsi teknik pengereman dengan empat jari untuk mencari efek ‘full stop’. Saat ini teknik dua jari lebih efektif dalam menyikapi potensi ber manuver ketimbang empat jari.

Adalah TOM, pemuda pekerja yang berteman dengan seorang pemuda yang ceroboh. Pertemanan mereka sudah terjadi sejak kecil tapi sayangnya perilaku ceroboh temannya tadi terus terbawa hingga dewasa. Lihat bagaimana cara Tom berkendara di kesehariannya, berbanding terbalik dengan cara temannya berkendara. Cara berkendara Tom begitu rapi, konsisten pada prosedur. Simak saat Tom bepindah lajur. Dia melihat (Look!), dia memberi tanda (Sign!) dan baru dia melakukan manuver (Manoeuvre). Saat memberi tanda seolah ini sebagai pengganti lampu sein karena memang pada motor yang digunakan tampak tidak / belum ada fitur lampu sein.

Tibalah saatnya kecerobohan berbuah hasil. Saat tengah memasuki wilayah kerja, rekan Tom bernasib naas karena harus menabrak muka truk yang tengah melaju di lingkungan kantornya. Tom yang sampai di tempat dengan selamat hanya bisa terpana melihat rekannya datang dengan bala bantuan alat penyangga kaki.

Secara ekstrem memang tidak bisa dibandingkan dengan situasi lalu lintas yang ada saat ini. Tapi banyak poin-poin penting yang bisa diambil, mulai dari manajemen waktu, manajemen resiko, bahayanya kecerobohan hingga konsistennya seseorang dalam menerapkan prosedur yang aman. Jakarta sebagai ibukota saat ini sudah  begitu banyak menyimpan individu yang lemah dalam hal-hal yang disebut di atas. Egoisme menjadi nomor satu dan seolah unsur bahaya hanya menjadi hasil akhir yang bisa dimaklumi sebagai takdir.

Sekarang nilai lah diri anda sendiri sudah seberapa baik dalam mengatur irama berkendara dalam koridor keselamatan. Ber-empati menjadi mutlak untuk menjauhkan diri dari resiko yang lebih besar. Angka kecelakaan sudah demikian tinggi dan berita-berita kecelakaan sudah menjadi menu harian. Mau dibawa kemana nyawa kita jika saat berkendara pun kita jauh dari konsep aman.

Ambil prosedur sederhana yang bisa kita petik dari video ‘jadul’ ini. Kita hendak ber manuver (pindah lajur atau berbelok dsb) jangan lupa untuk selalu : LIHAT SITUASI SEKITAR .. pantau melalui spion dan gerakan mata untuk menghapus efek blind spot, BERI TANDA .. akan kemana pergerakan di bawa dan jauhkan dari gerakan mendadak , SEGERA MANUVER .. respon cepat melalui gerakan dengan perhitungan matang sesuai kondisi lalu lintas yang ada.

Mudah dan coba saja segera di biasakan.

5 thoughts on “Buta Road Safety !

  1. persoalannya bagai mana dengan biker’s disekitar kita?, setengah mati kita menerapkan safety riding tapi selama banyak bikers semprul rasa2nya kok mubayir juga. harusnya selain pengetahuan safety riding, penerapan peraturan yang bener mesti dijalankan terlebih dahulu.

    1. justru disinilah peran aktif kita terhadap orang2 di sekitar kita untuk membuat iklim aman berkendara, antara gampang dan susah tapi kita terus harus berusaha🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s