Kurikulum ‘Safety Ride’ untuk Usia Sekolah


killingfield

Safety Riding – Harus jadi Kurikulum Sendiri .. begitu headline hal.27 MotorPlus no.594 yang terbit kemarin. Upaya yang patut diberi apresiasi tinggi karena ada semangat untuk membentuk kualitas pengendara roda dua yang lebih baik. Fenomena anak belum cukup umur yang kini ramai berkeliaran di jalan menggunakan sepeda motor membuat miris sebagian penggiat ‘road safety’. Harus ada jalan keluar menekan lahirnya pengendara ‘jadi-jadi-an’ yang tidak mengenal etika berkendara serta minim ketrampilan.

ATPM yang dimaksud adalah PT Astra Honda Motor, saya cukup gembira karena Honda lah yang mau maju sebagai pelopor dalam memberikan edukasi yang lebih intens, khususnya ke usia sekolah. Tidak perlu memandang sebelah mata jika kita menaruh kecurigaan unsur marketing demi meningkatkan populasi Honda. Saya melihatnya dari sudut semangat memberikan edukasi tepat sasaran agar muncul pengendara-pengendara berkualitas.

Kristanto, Head of Corporate Communication AHM menuturkan bahwa kurikulum ini tidak berdiri sendiri layaknya Matematika atau Bahasa Inggris misalnya, tapi edukasi SR ini akan menjad bagian yang ter integrasi dengan mata pelajaran yang sudah ada. Bagaimana bentuk implementasinya saya cukup penasaran untuk bisa melihatnya secara langsung.

Anggono Iriawan, jagoan SR nya Honda yang juga cukup akrab dengan saya menuturkan via email bahwa proyek ini sudah dimulai dari tahun lalu (2009). Kerjasama kemudian dibopong bersama Diknas DI Yogyakarta, gayung bersambut datang juga dari POLRI yang juga memiliki program yang sama. Klop. Jadi kota Jogja lah yang akan jadi pilot project. Isunya Riau juga akan mengikuti langkah serupa dengan dibangunnya Safety Riding Center.

Jadi kita tunggu kekuatan kurikulum ini untuk membentuk paradigma baru tentang keselamatan di mata pelajar SMP dan SMA. Pada usia belia itulah kerap terjadi penyimpangan cara berkendara yang cenderung membahayakan. Berbahaya baik diri mereka sendiri dan orang lain.

Berikut hasil scan artikel yang dimaksud :

Advertisements

About this entry