Eksebisi Supermoto Sentul


sp001

Sirkuit Karting Sentul atau yang lebih dikenal dengan Sentul kecil tampak ramai pada minggu (11/7). Ada selingan yang saya pikir cukup menarik yaitu eksebisi dari pabrikan Kawasaki, yang digelar ada balapan Supermoto dengan basis mesin KLX yang sudah beredar di tanah air. Eksebisi ini tampil di tengah ajang Indoprix 2010. Saya tidak terlalu ambil pusing untuk melihat hasil akhir balap Indoprix ini, saya hanya ingin lihat seperti apa eksebisi ini berjalan.

Di luar dugaan ternyata tidak banyak hal menarik yang saya dapat. Trek supermoto ternyata mengambil murni trek aspal ajang Indoprix, lupakan melihat trek tanah yang sesungguhnya adalah mainan asli ajang Supermoto.

Tak kurang dari 10 pengendara Supermoto hadir di garis start. Cukup pede meskipun ada loncatan dadakan saat start, ini sontak membuat penonton gemas ‘menyoraki’ para pembalap. Praktis hanya dua pembalap terdepan saja yang mau tancap gas dan adu skill di semua tikungan.

sp004

sp006

sp005

Pada saat menikung tampak tidak banyak teknik supermoto yang di aplikasikan. Supermoto yang memiliki basis dari balap tanah Motocross sesungguhnya menggunakan lebih banyak teknik ‘counter weight’ ketimbang ‘counter steering’. Ada yang telak-telak main ‘counter steering’, ada pula yang ragu-ragu menurunkan kaki atau memainkan badan lebih dinamis.

Bagaimanapun kegiatan eksebisi ini patut diberi acungan jempol meski durasi yang ditunjukkan terbilang minim. Saya yang datang hanya pada hari minggu tidak mengetahui pasti ada ajang lain apa di eksebisi milik Kawasaki ini. Olahraga supermoto pun harus dikemas lebih sering demi memberikan alternatif tontonan baru bagi para penggemar balap. Supermoto yang saya pantau di Indonesia masih berkutat di soal fashion dan gaya hidup tampaknya harus unjuk kemampuan di olahraga sesungguhnya.

sp002

sp003

14 thoughts on “Eksebisi Supermoto Sentul

    1. yup …. sebenarnya dah beberapa kali di hadirkan balap supermoto di beberapa tempat tapi sepertinya gaungnya kurang dan notabene baru kawasaki yang terjun penuh mengurus eksebisi sejenis, thumb up buat kawasaki🙂 … semangat !

  1. Saat Gelaran ini di gelar di sentul . . . saya sedang lihat Final FIM supermoto dis alah satu chanel TV . .. dan Ternyata memang saat itu treknya 100% adalah tarmac .. . cuma emang memiliki beberapa handy cap semacam gunung2an dan beberapa belokan tajam . . . cukup seru memang
    kukira KLX 150 ternyata Varian 250 cc nya ya
    sayang harusnya ajang ini bisa dimaksimalkan Kawak buat Promosi Dtracker 150S yang baru, semoga Berguna

    Taufik of BuitenZorg

    1. supermoto .. 80 % asphalt .. 20 % dirt … kalo liat di video asosiasi supermoto nya siy …. sayang kemarin ga maksimal ….. mudah2an ada agenda dari Kawasaki lagi …….

      klx 150 ada yang turun juga kok saat eksebisi🙂

  2. kemaren nyoba D-tracker 250 ga tinggi2 bgt bro..
    Malah tinggian Monstrac Enduro 200cc..
    Kalo supermoto itu, 80% aspal + 20% tanah = 100% keren!!😀

  3. klu menurut sy untuk counter weight itu dibutuhkan power engine yg bsar pdahal yg dipake cuma klx 150&250 itupun untuk harian..pdahal supermoto sejati itu cc motor minim 450cc dan udh racing semua..dan skill pembalap sendiri msh tahap belajar…
    yg penting kawasaki berani maju dalm olah raga otomotif yg diindonesia itu baru..
    salut deh ma kawasaki…
    thanks..

    1. counter weight sejatinya bisa di aplikasikan di tikungan yang terbilang tajam, ini untuk memaksimalkan daya putar kendaraan ketika masuk tikungan, jadi teknik ini pun bisa di gunakan baik saat balap maupun harian, soal beraninya Kawasaki saya juga sependapat, dan ini harus diteruskan agar tidak berhenti di tempat …

      thanks for sharing bro

  4. YA karena kemarin KLX 150 dikit, jadi panitia memperbolehkan 250nya turun, lumayan buaat having fun
    seru juga lohhh..
    Bahkan ada yang bawa KTM EXCF 250 mau di ikutkan karen ini event Kawasaki jadi ga jadi Xixixixiiii..

    nice article sob!
    salam SMI

  5. tepatnya bukan kawasaki bro yg ngadain.. cuma sekumpulan teman”yg hobi supermoto..
    banyak jg motor”lain slain kawasaki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s