Eksebisi Supermoto Sentul


sp001

Sirkuit Karting Sentul atau yang lebih dikenal dengan Sentul kecil tampak ramai pada minggu (11/7). Ada selingan yang saya pikir cukup menarik yaitu eksebisi dari pabrikan Kawasaki, yang digelar ada balapan Supermoto dengan basis mesin KLX yang sudah beredar di tanah air. Eksebisi ini tampil di tengah ajang Indoprix 2010. Saya tidak terlalu ambil pusing untuk melihat hasil akhir balap Indoprix ini, saya hanya ingin lihat seperti apa eksebisi ini berjalan.

Di luar dugaan ternyata tidak banyak hal menarik yang saya dapat. Trek supermoto ternyata mengambil murni trek aspal ajang Indoprix, lupakan melihat trek tanah yang sesungguhnya adalah mainan asli ajang Supermoto.

Tak kurang dari 10 pengendara Supermoto hadir di garis start. Cukup pede meskipun ada loncatan dadakan saat start, ini sontak membuat penonton gemas ‘menyoraki’ para pembalap. Praktis hanya dua pembalap terdepan saja yang mau tancap gas dan adu skill di semua tikungan.

sp004

sp006

sp005

Pada saat menikung tampak tidak banyak teknik supermoto yang di aplikasikan. Supermoto yang memiliki basis dari balap tanah Motocross sesungguhnya menggunakan lebih banyak teknik ‘counter weight’ ketimbang ‘counter steering’. Ada yang telak-telak main ‘counter steering’, ada pula yang ragu-ragu menurunkan kaki atau memainkan badan lebih dinamis.

Bagaimanapun kegiatan eksebisi ini patut diberi acungan jempol meski durasi yang ditunjukkan terbilang minim. Saya yang datang hanya pada hari minggu tidak mengetahui pasti ada ajang lain apa di eksebisi milik Kawasaki ini. Olahraga supermoto pun harus dikemas lebih sering demi memberikan alternatif tontonan baru bagi para penggemar balap. Supermoto yang saya pantau di Indonesia masih berkutat di soal fashion dan gaya hidup tampaknya harus unjuk kemampuan di olahraga sesungguhnya.

sp002

sp003

Advertisements

About this entry