Morales dan Moto2 Catalunya


morales crash

Banyak hal bisa ditarik saat kita menonton sebuah balapan, akhir pekan ini ada ajang MotoGP di Catalunya yang bisa dinikmati. Minggu (5/7), pentas MotoGP menjadi teman istirahat yang manis di rumah paska pelatihan bermotor pagi hingga sore hari. Sebelum masuk kelas utama seperti biasa hadir kelas 125cc plus Moto2. Kejadian menarik apa yang bisa dibagi ?

Lepas start hadir pemandangan kecelakaan massal di tikungan pertama. Insiden ini seolah mengulangi kejadian balap MotoGP Catalunya di tahun 2006. Rilis resmi pemberitaan di dunia maya menyebutkan 7 rider sukses mencium aspal Catalunya. Entah siapa penyebab kecelakaannya belum bisa saya cari, ini gara-gara pihak Dorna kini kian ketat menyortir video balapan yang di unggah massal oleh pihak-pihak yang belum punya ijin resmi.

Ada lagi saat Iannone harus menjalani hukuman penalti saat melakukan manuver ilegal saat balap. Terlihat pada adegan ulang saat Ian bergerak tajam dari kanan ke kiri, mengenai seberapa ilegal nya saya coba cari untuk saya bagi di lain subjek.

Jawaban illegal move-nya Iannone : Andrea Iannone was penalized for overtaking under the yellow flag regime.

The race was yellow flagged when a huge crash at the start of the race saw a nine-rider pile-up at turn one triggered by Alex Debón that saw Mike di Meglio, Roberto Rolfo, Robertino Pietri , Shoya Tomizawa, Héctor Faubel, Dominique Aegerter, Sergio Gadea, and Alex Baldolini all going down. (http://www.twowheelsblog.com/)

Yang tragis adalah saat pembalap memasuki garis finish. Podium 1-2-3 memang tidak berubah, Takahashi naik podium 1 sementara Luthi dan Simon berdiri mendampingi. Di barisan berikutnya barulah terjadi kecelakaan cukup fatal yang dialami oleh Carmelo Morales, pembalap dari Tenerife 40 Pons.

Lihat pada adegan ulangnya. Ban depan Morales menyentuh ban belakang pembalap di depannya, kalo tidak salah tangkap lewat no motor nya itu adalah Debon (6). Motor Morales melaju lebih cepat tapi tidak pada jalurnya dan sepersekian detik langsung menyentuh ban belakang motor di hadapannya. Oleng, praktis dalam kecepatan tinggi dan trek lurus pasti sulit mengendalikan motor. Hasilnya motor terbanting bersama pembalapnya. Saat Morales meluncur bebas ke sisi kiri lintasan motornya pun tak mau kalah, motor terbang dan membentur punuk Morales, beruntung tidak mengenai dada. Kabarnya Morales baik-baik saja meski sempat shock di lintasan.

Pelajaran apa kira2 yang bisa di dapat? Aksi balap memang menawarkan berbagai macam pengetahuan yang bisa kita tarik. Pada kasus Morales ini sebagai gambaran nyata apa yang akan terjadi saat satu pengendara motor alpa menjaga jarak dengan kendaraan di depannya. Jika ban depan sepersekian detik saja menyentuh kendaraan lain, bayangkan efek domino apa yang akan terjadi jika kecelakaan sejenis terjadi di jalan raya.

Oya .. soal aksi Catalunya kelas utama MotoGP. Hasil podium menempatkan nama Lorenzo – Pedrosa – Stoner. Aksi kelas utama untuk seri Catalunya kalah menarik dari kelas Moto2.

gambar : www.motogp.com

Advertisements

Published by:

andryberlianto

Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

Categories Motorcycling7 Comments

7 thoughts on “Morales dan Moto2 Catalunya”

    1. @ Nunoe … ngeliat gitu sampe ketahan ludah gue tuh xixixix

      @ Maskur … yup … pas motornya ngehantem punuknya itu yang ngeri ..

  1. RALAT bukan menyentuh roda belakang debon tapi kenny noyes yg notabene pembalapnya antonio banderas .makanya doi teriak auw auw auw….

    1. Yup …
      Ternyata Debon justru yang terlibat tabrakan massal jeda start … thanks info nya bro ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s