Iklan Keselamatan dan ATPM


darkmc

Iklan di televisi adalah media ampuh untuk menggoyang pemahaman pemirsa terhadap sebuah produk. Jika sukses maka produk tadi akan senantiasa mampu menyetir pemirsa ke tujuan yang di inginkan. Bagaimana dengan iklan sepeda motor yang kini marak tayang di televisi. Semua memiliki misi masing-masing dalam menanamkan pemahaman terhadap produknya. Saya disini coba melihat dari sisi edukasi tentang keselamatan jalan (Road Safety) dan pernik ilmu Safety Ride.

HONDA
Cukup baik. Itu menurut saya meskipun masih perlu banyak penambahan pesan-pesan keselamatan. Dalam tiap kesempatan acara-acara Honda saya kerap meminta mereka agar lebih maksimal dalam menyampaikan pesan keselamatan melalui iklan. Sebagai pelopor kampanye Safety Ride di kalangan ATPM tentunya ini harus dipertahankan dan diperbaharui secara kontinyu.

Kini dalam beberapa iklannya Honda menitipkan pesan keselamatan berupa kampanye pemakaian helm. Meski durasinya terlampau singkat tapi ini sudah menjadi usaha yang baik. Bintang iklan mereka harus lebih dimanfaatkan dalam membentuk image pengendara yang aman, tidak hanya cuma bilang “jangan lupa pakai helm”. Perlu dimaksimalkan. Imej iklannya menurut saya terbilang sederhana dan tidak muluk-muluk, mencari identitas modern dan gaul masih bisa terus dipertahankan. Honda sebagai salah satu penyumbang populasi motor terbesar tentunya mampu membuat pesan keselamatan tampil apik, modern dan maksimal.

YAMAHA
Belum cukup bagus. Imej yang dipajang memang seputar kesederhanaan dan sesekali tampil modern dan super gaul. Tapi ada satu unsur yang terlalu melekat, yaitu soal performance dalam hal speed / kecepatan. Simak semua iklannya, semua berbau ajakan untuk memutar gas lebih cepat. Ini berbahaya karena pemirsa mudah menelan bulat-bulat bahwa Yamaha ‘mengijinkan’ konsumennya tampil beda di antara pengendara lain. Ironis saat mendengar salah satu tetangga dekat berucap paska kedatangan Yamaha barunya, “Yamaha kenceng mas .. iklannya keren .. gaul abis… oke buat kenceng2an” .. Mudah melekat bukan ?

Yamaha harus berbenah dalam hal kampanye keselamatan melalui iklan televisi. Manfaatkan sosok Rossi hingga Lorenzo untuk bicara banyak tentang pesan keselamatan. Tentunya pembalap wahid ini lebih fasih bicara ‘safety’ dan ini bisa jadi panduan bagus bagi pihak kreatif Yamaha.

SUZUKI
Biasa-biasa saja. Di iklan Titan terbaru saya melihat usaha baik Suzuki dalam hal kampanye keselamatan. Bintang iklannya disematkan semua perlengkapan berkendara secara ideal, dari helm hingga jaket dan sepatu. Meski tidak ada sekelebat informasi kampanye secara jelas tapi paling tidak konsumen Suzuki sudah dibekali pesan agar saat berkendara tampillah seperti bintang iklannya.

OTHERS
Bajaj (Pulsar) .. siapa lagi ? Kawasaki , semua belum memaksimalkan potensi mereka dalam hal penyampaian keselamatan.

Mungkin karena iklan televisi tidak menjadikan pesan keselamatan sebagai sebuah prioritas. Yang perlu dikedepankan hanyalah melulu soal wajah manis bintang iklan serta performance si produk baru tersebut.

Ayo ATPM … suarakan pesan keselamatan ketimbang mengejar profit. Masih banyak nyawa yang harus diselamatkan saat mereka ada di atas tunggangan anda.

sumber gambar

Advertisements

About andryberlianto
Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

3 Responses to Iklan Keselamatan dan ATPM

  1. iklan yang berbeda dari yang lain…keren…

  2. Fr1z says:

    kalo bisa juga tentang perilaku berkendara yang baik dan benar mas, percuma kalo dah pake full safety, tapi gayanya slanang-slonong kaya metromini nguber setoran… 😀

    • andryberlianto says:

      agree … pemakaian safety gear yang baik juga harus dibarengi sikap yang baik pula .. semoga kita semua begitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: