Apa Helm mu ?


helmmu_02

helmmu_01

Menarik memperhatikan perkembangan industri helm domestik saat ini. Pasar tengah berkembang mengimbangi kebutuhan konsumen dalam hal perlindungan kepala. Apalagi dengan tuntutan berbau sertifikasi SNI. Bersyukurlah perlahan kini konsumen sadar dengan keberadaan perangkat helm. Produsen helm pun kian memanjakan konsumen dengan berbagai pilihan desain, terutama dari sisi desain grafis.

Kini coba perhatikan desain grafis helm domestik dibanding dengan desain grafis helm internasional. Helm domestik lebih ramai dengan corak-corak unik dan tidak membuat bosan. Konsumen tinggal pilih sesuai kebutuhan. Lihat kini di ajang PRJ para produsen ramai-ramai menggelar dagangan barunya dengan banyak corak dan motif dari gambar hingga warna. Motif kartun anak-anak, superhero, warna-warna ekspresif seperi jilatan api dan tribal hingga corak motif-motif naturalis.

Saya jadi ingat komentar pemilik produsen helm Cargloss Harry Suherman, beliau bicara di tengah perbincangan dengan blogger bahwa pasar helm di Indonesia itu unik. Konsumen doyan dengan warna-warna ekspresif yang mengekspresikan gaya mereka sendiri-sendiri. Dibutuhkan ratusan corak dan motif agar konsumen terpuaskan dalam mencari gaya.

Bagaimana dengan desain grafis helm internasional. Simak merk-merk papan atas nya dan kebanyakan pewarnaan yang mereka pakai adalah warna solid, dominan di satu warna. Sedangkan helm-helm ber motif ‘ramai’ baru bisa ditemukan di helm-helm balap. Ini bisa menjadi penggambaran bahwa konsumen hingga produsen pasar internasional tidak terlampau memperhatikan corak, motif hingga desain warna-warni, mereka lebih melihat helm dari sisi fungsi.

Bagaimana dengan anda, cukup terpuaskan dengan helm bermotif ramai seperti helm produksi domestik, atau helm bermotif/warna solid seperi helm produksi internasional. Secara fungsi dan desain saya lebih menyukai helm-helm dengan warna solid. Kalaupun harus berwarna-warni rasanya dua warna dalam satu helm saja sudah cukup. Tinggal bermain di pemilihan warna saja untuk meningkatkan aspek visibilitas pengendara di jalan raya.

sumber gambar : web Shoei dan inilah.com

5 thoughts on “Apa Helm mu ?

  1. Helmku helm Nasional tapi warnanya solid koq..

    MdS Sparta, Full face, warna full-hitam glossy (biar matching ama motornya yg item juga…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s