Bikers butuh D Ring juga lho


Double D Ring Straps / Retention System , cara ikat yang sederhana dan juga fungsional, dari sisi keamanan ikatan juga sebenarnya lebih aman dibanding sistem ‘buckle’ dan ‘micro lock’. Bahan dasar tali ikat D Ring sendiri menggunakan ‘stainless steel’ pada bulatan D-nya plus tali dari bahan polyester. Kombinasi ini terbilang paling ampuh dalam menjaga ikatan helm pada kepala. Tema D Ring ini lah yang muncul berulang kali dalam sesi tanya jawab dalam acara ‘Cargloss Helmet Factory Visit‘ yang di ikuti oleh Komunitas Blogger Otomotif Indonesia bersama JDDC Crash Free Int’l.

adhi

Adhi, blogger dari Alonrider.wordpress.com tampak bersemangat mengajukan pertanyaan seputar pengadaan helm oleh Cargloss dengan sistem ikat D Ring. Harga pasaran helm domestik dengan sistem ikat D Ring diakuinya masih mahal, nyaris menyentuh angka 1 juta. Pada kesempatan tersebut bro Adhi langsung secara blak-blak an meminta kepada pak Harry Suherman (Owner, President Director)

Dari sisi Cargloss sendiri saat ini permintaan sistem ikat D Ring memang belum ada, kecuali pesanan yang sifatnya client per client dengan jumlah produksi yang masih sedikit. Diakui oleh owner dari Cargloss ini bahwa harga dasar material ini sebenarnya tidak terlampau berbeda dengan harga produksi helm dengan sistem ikat konvensional yaitu sistem ‘buckle’. Masalahnya justru ada pada kebiasaan masyarakat pengguna helm yang lebih mencari ke praktisan.

Sistem ikat ala ‘buckle’ memang masih diakui sebagai sebuah sistem ikat yang aman, tapi ditilik dari tingkat keamanan yang lebih tinggi sebenarnya sistem ikat D Ring ada di peringkat yang lebih baik. Ini diakui juga oleh Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director JDDC Crash Free Int’l yang saat itu urun rembug dalam diskusi soal helm dan D Ring.

Dilihat dari tren pasar pun tampaknya pihak penjual (helm) secara umum masih enggan mengedepankan aspek ‘safety’ dan lebih mengagungkan naiknya angka penjualan sesuai banyak nya permintaan. Tidak heran sistem ‘buckle’ masih mendominasi helm yang ada di pasaran.

Atas dasar berbagai masukan ini lah tampaknya pihak Cargloss akan mencoba inovasi baru pengadaan helm dengan sistem ikat D Ring pada produk Devil (Open Face) dan Racer (Full Face), tentunya dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Ini pun nantinya akan dibarengi dengan kampanye keselamatan seputar helm mulai dari pemilihan helm, cara pakai hingga bagaimana sebuah ikatan ala D Ring sebenarnya bisa lebih maksimal mengamankan helm di kepala.

So .. save your heads ..

Advertisements

About andryberlianto
Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

One Response to Bikers butuh D Ring juga lho

  1. anggiwirza says:

    bro, bahas helmnya yang clourecent donk..

    itu lho yang glow in the dark 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: