First Impression : TVS Neo X3i


Sabtu (5/6) menjadi hari yang sibuk bagi kami dari Komunitas Blogger Otomotif Indonesia. Pagi hari nya kami diberi kesempatan oleh TVS Motor Company untuk berkunjung ke pabrik mereka di bilangan Kawasan Industri Surya Cipta Karawang, ini sekaligus melakukan test ride pertama untuk produk ‘cub’ baru mereka TVS Neo X3i. Jelang sore hari menjadi kian padat karena APTM lain (AHM-Wahana) membuat acara spesial dalam bentuk Gathering bersama KoBOI sekaligus memperkenalkan produk matik terbaru mereka Honda Scoopy.

Di sini saya akan coba melakukan pendekatan ke TVS terlebih dahulu.

Photobucket

DESAIN
Cakep. Maksudnya adalah desain yang dibuat sungguh menampakkan aura modern. Ga salah TVS selalu menampilkan jargon “Andalah Inspirasi Kami”.

Desain spatbor depan terlihat sangat menarik dengan lekukan unik. Jika dicermati bentuk nya menyerupai milik motor-motor dari dunia offroad. Lancip dan mengembang di bagian depan. Bisa buat alternatif modifikasi motor batangan jika ingin tampil beda.

Photobucket

Photobucket

Ban depan – belakang berikut velg tampil standar ala motor bebek dan tidak ada yang spesial dalam bentuk palangnya.

Knalpot. Dari bentuk saya melihat nya agak sedikit kurang ‘galak’. Tutup muffler hanya setengah dan tidak dibuat memanjang hingga menutup penuh.

tvs015

Dashboard juga tampak standar seperti motor bebek kebanyakan. Yang jadi keunggulan disana ada indikator i-Econo dan i-Start. i-Start ini merupakan indikator kapan motor sudah bisa dijalankan tanpa perlu melakukan pemanasan yang lama. 3 menit langsung jalan, begitu klaim salah satu karyawan/manajemen TVS yang saat itu menemani kami melakukan test-ride.

Photobucket

Photobucket

Sudut lebar stang terbilang ergonomis dan cocok dipakai oleh para konsumen Indonesia. Sementara desain headlamp mengingatkan desain salah satu ATPM lain, seperti penempatan lampu utama yang ada di tebeng depan ketimbang ada di batok motor. Penempatan lampu sein terbilang “kurang cakep” karena desainnya menonjol keluar sementara ada space kosong di atasnya pada desain tebeng / bodi samping.

Tempat kunci kontak memiliki desain beda dengan menggunakan efek “glow in the dark”, ini memudahkan pemilik kendaraan untuk mencari lubang kunci jika cahaya di sekitar lahan parkir mengalami pencahayaan yang kurang.

Photobucket

Di sebelah kiri juga hadir inovasi dari TVS yaitu lubang charger HP. Sayangnya dalam paket penjualan TVS Neo X3i tidak menyertakan kabel charger nya sekaligus.

Photobucket

RIDING IMPRESSION
Jenis motor bebek hadir karena kesederhanaanya dalam memenuhi pasar motor di Indonesia. Dengan label keiritannya produk motor bebek tetaplah produk yang dicari oleh pangsa pasar Indonesia secara umum. Target yang dikejar adalah mereka yang berusia 20 – 40 tahun, para komuter, urban dan mereka yang tinggal di daerah-daerah maupun perkotaan.

Photobucket

Pada kesempatan tanya jawab yang dilakukan sebelum test ride pihak TVS juga menuturkan bahwa TVS berkeinginan untuk mewujudkan mimpi para konsumennya dan terus meningkatkan taraf hidup mereka yang bekerja menggunakan produk dari TVS. Klaim irit dengan tenaga yang besar meski hanya mengemban dapur pacu 110 cc menjadikan TVS Neo X3i menjadi alternatif pilihan dalam skala yang terbaik. Harga jual nya akan berkisar pada rentang hara 9 -11 jutaan, tersedia baik SW maupun CW dengan sistem rem baik dobel tromol maupun dengan yang menggunakan cakram (depan).

Photobucket

Handling motor tampak ringan dengan besutan yang mampu lari di angka 80 km /jam di gigi 3. Lintasan dalam pabrik memang tidak serta mewakili kontur jalanan ibukota tapi paling tidak dengan gaya ringannya konsumen pun mampu dipenuhi rasa puasnya dengan mesin yang responsif plus desain yang baik.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

*Terimakasih kepada seluruh staf/manajemen PT TVS Motor Company Indonesia yang menyempatkan diri menjamu kami, KoBOI untuk merasakan performa produk terbaru TVS, TVS Neo X3i.

Advertisements

About andryberlianto
Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

3 Responses to First Impression : TVS Neo X3i

  1. Christian says:

    CDI TVS itu pakek punyanya apa ya???
    Q udah cari kemana” nggak ada..
    TVS NEO yang 110 cc yag keluaran lama.
    balas di Email nich..
    Christian_daniyanto@ymail.com

  2. Shamael says:

    Selamat pagi / sore semua orang, saya tinggal di Sub-Sahara Afrika dan saya punya TVS Neo x3i. Tidak ada yang mengatakan, mesin ini sangat cocok. Meskipun jalan iklim, debu dan kotoran panas, motor ini berkinerja baik. Saya akan senang bahwa TVS telah memasukkan sebuah heatsink pada X3i neo karena iklim benar-benar panas dan kering sehingga pendinginan dengan sistem cair akan lebih efektif di sini (mengetahui bahwa Afrika Barat menjadi konsumen utama sepeda motor, Yamaha, Honda, TVS …..).
    Saya sarankan motor ini untuk semua dan selamat untuk TVS.

  3. Pingback: Telah Dibuka : Dealer Utama TVS Dewi Sartika Jakarta | [ berbagi ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: