Helmet : Cargloss Devil


Pasar domestik memang belum banyak mengenal Cargloss, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Setidaknya itu sepenglihatan saya tentang penampakan helm ber merk Cargloss di tengah lalu lintas ibukota. Merk yang sudah lebih dulu mapan di industri cat kini bermain di sektor perlengkapan berkendara, khususnya helm (http://cargloss.co.id/).

Photobucket

Photobucket

Kali ini saya berkesempatan mencicipi helm seri Devil. Helm tipe open face seri Devil dengan warna hitam-putih secara kasat mata tampil elegan dan berkelas. Grafis Harley-Davidson dengan tulisan kecil di kanan-kiri bawah kuping helm serta logo khas H-D tampak manis di bagian atas-depan helm. Banderolnya pun terbilang cukup tinggi, yaitu Rp. 550.000.

Visor menganut tipe ‘smoke’, kaca hitam yang bertugas menyaring cahaya agar tidak tampak menyakiti mata ketika dipakai di siang hari. Sistem pengikat menggunakan sistem D-Ring yang diyakini mampu menjaga kepala dengan ikatan/kuncian yang lebih maksimal.

Tipe open face adalah tipe minimum yang harus dipenuhi bikers ketika berkendara, sedang tipe full face adalah tipe yang paling aman karena melindungi secara maksimal. Roadtest saya lakukan sembari melakukan perjalanan dalam kota (city ride) dan sedikit lintas kota (lintas provinsi). Berbanggalah saya karena grafis yang saya pakai saat ini tidak ada di pasaran dan produksinya melalui pemesanan khusus dengan desain grafis yang khusus pula.

DESAIN
Tampil elegan dengan kualitas cat hitam-putih yang berkelas. Ventilasi ada di bagian atas. Sementara rel visor tampak halus saat melakukan buka-tutup visor. Ukuran M ini dilengkapi kaca ber bahan polycarbonate dengan desain telinga luar yang juga tampak apik. Busa terasa pas menempel di kepala. Berat helm pun terbilang sangat ringan plus SNI certified.

Photobucket

Photobucket

VISOR
Warna smoke-nya sukses melindungi mata dari terpaan sinar matahari saat berkendara. Saat siang penampakan ke luar tampak bersih dan ber nuansa mendung yang sejuk. Saat malam pun ternyata juga memiliki kadar kualitas penglihatan yang sama. Mata tetap bisa dengan jelas dan jernih melihat keadaan luar saat bergerak berkendara. Tidak ada efek gelap berlebihan. Warna cahaya di luar saat malam tertangkap baik dan jelas.

Secara umum helm seri Devil, open face dari Cargloss ini tampil sangat baik. Kualitas nya mampu menggoyang kualitas pasar helm open face domestik. Yang kurang adalah distribusi nya dimana konsumen secara langsung belum banyak merasakan kehadirannya. Dengan rentang harga tinggi sebenarnya kualitas ini sudah setara helm open face level impor. Sementara untuk low-entry nya Cargloss sendiri sudah menaruh rentang harga terendah mulai dari 150.000 dengan tipe/seri yang berbeda.

Pemasaran Cargloss sendiri saat ini banyak melalui sistem pameran otomotif atau gerai tunggal di ITC Permata Hijau. Sementara produksi lainnya tetap menyelinap pada produksi helm-helm standar ATPM. PR besar pihak penjualan Cargloss untuk dapat benar-benar meramaikan industri helm domestik dengan kualitas tinggi.

Helm ini saya berikan nilai 10 poin. Sempurna untuk sebuah city riding.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Advertisements

About this entry