Titan si Tiada Tanding?


Satu lagi produk motor bebek masuk ke pasar. Kali ini datang dari ATPM Suzuki (SIS/Suzuki Indomobil Sales). Selasa (25/5/10) Suzuki Smash Titan 115 resmi diluncurkan setelah melalui jalan panjang Press Conference pagi harinya serta ‘test ride’ di Sirkuit Sentul selama 60 jam tanpa henti (17/5). Harga yang dipatok ternyata cukup bersahabat dengan kantong konsumen pasar Indonesia kebanyakan, 10.6 juta untuk tipe SW sementara 11.7 untuk versi CW. Harga ini langsung menggoyang dominasi dua produk pabrikan lain yaitu Absolute Revo milik Honda serta Vega ZR milik Yamaha.

titan01

Suzuki dengan melepas Titan dengan range harga diatas sontak membuat penulis dan beberapa rekan blogger lain ramai membahas dampaknya. Bisa jadi ini jadi momen kebangkitan Suzuki meyeruak pasar motor bebek low-end. Sebagai ikon hadir sosok Sule yang sudah terkenal ramai dalam mengisi berbagai acara komedi di tanah air. Penempatannya seperti berusaha menyaingi pabrikan Garpu Tala yang juga mendaulat komedian jadi ikon.

DESAIN

Saya melihat tidak ada yang baru yang coba ditampilkan pada desain keseluruhan bodi Titan, kecuali memang ada pembaharuan pada dapur pacunya. Tengok gambar Sule saat mengendarai Titan. Batok depan malah tampil sedikit membulat dan tidak tampil runcing sesuai selera anak muda (*modern). Dashboard masih terkesan konvensional sebagaimana saya lihat dan tes di Sentul beberapa hari sebelumnya. Fender juga masih standar berikut kaca spion, knalpot, desain bodi depan-belakang, behel hingga model velg.

Maklum dengan harga yang ingin disesuaikan dengan selera pasar plus menggunggulkan semangat irit bahan bakar dan fleksibilitas manuver tentunya desain ini tidak menjadi masalah besar. Yang saya rasakan berbeda ada pada desain handle bar, sudutnya cukup kecil dan memudahkan dalam bermanuver di perkotaan.

Akselerasi spontannya terbilang cukup baik saat bermain di gigi 1 dan 2. Tidak ada hentakan berarti saat berpindah gigi.

Harga terjangkau dengan desain yang biasa saja tentunya Titan masih bisa diajak menggoyang pasar untuk konsumen yang lebih mengedepankan aspek fungsi ketimbang desain dan performa. Maklum, dengan cc 115 ini sudah cukup baik untuk menjadi teman perjalanan dalam kota untuk para komuter.

KAMPANYE SAFETY RIDE

Sejauh ini saya melihat Suzuki masih tertinggal dalam menggelontorkan kampanye berbau keselamatan berkendara. Dalam setiap event otomotif pun rasanya booth Suzuki tidak tampil maksimal. Apapun media acaranya tentunya bisa dimaksimalkan dengan menampilkan pesan keselamatan, beruntung ikon Titan Sule tampil modis dalam iklan yang akan segera beredar luas. Sule lengkap memakai perlengkapan standar mulai dari helm, jaket, sarung tangan hingga sepatu.

titan02

Pada gelaran opera Titan semalam pun tidak sedikit pun menyinggung kampanye berbau keselamatan. Pentas humor bertajuk Satu Suro (Satuan Khusus Super Hero) lebih mengedepankan komedi sulitnya para superhero mendapatkan alat trasportasi yang irit dan nyaman, hingga pada akhirnya muncul Damien (*pesulap) yang mengeluarkan Suzuki Smash Titan dari selubungnya.

Selamat datang Titan dan semoga mau meluangkan waktu lebih banyak untuk mendidik konsumennya untuk bisa mengendarai sepeda motor dengan kompetensi yang memadai.

titan04

titan03

6 thoughts on “Titan si Tiada Tanding?

  1. moga benar Tiada tanding karena akan jadi nomor satu..
    asal jangan tiada tanding karena jalan sendirian
    ngejar Abs Revo & Vega gak bisa..
    dikejar ama Edge juga gak bisa…jadi TAiada tanding di paapn tengah…..xixxixix

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s