Launching buku UTAK-ATIK OTOMOTIF 2 ala Saft7.com


Bila anda seorang yang banyak berkutat di sejumlah mailing list (milis) otomotif tentunya anda mengenal nama Saftari sebagai sebuah sosok pusat informasi. Melalui website www.saft7.com sosok Saftari terus menguasai ladang informasi seputar dunia otomotif baik roda dua maupun roda empat. Sebagai informasi tambahan, bilangan 7 pada Saft7.com pun ternyata memiliki makna tersendiri, tak lain karena bro Saftari adalah anak ke 7 dari 10 bersaudara.

Bicara web saft7.com, web ini tak hanya bergumul pada soal kelistrikan dan info-info mesin, dalam perkembangannya web ini juga mulai banyak menyentuh soal pembentukan sikap dan etika saat berkendara. Tak ketinggalan juga beragam informasi ‘gadget’ yang layak kita ketahui penggunannya.

saft7com_02

Melanjutkan buku pertamanya di tahun 2006 kini bro Saftari hadir dengan buku kedua berjudul UTAK-ATIK OTOMOTIF 2: Berbagi Pengalaman ala Saft7.com. Bertempat di aula gedung GARDA OTO di bilangan TB Simatupang Jakarta Selatan, 15 Januari 2010, bro Saftari resmi meluncurkan buku cetakan Elex Media ber banderol Rp. 69.800,- ini.

JDDC Crash Free Int’l pada event ini juga turut mendukung peluncurannya, tak lain karena pada buku ini sudah memberi porsi tersendiri pada dunia ‘road safety’ (keselamatan jalan raya) serta pembentukan sikap dan etika yang baik saat berada di belakang kemudi.

Satu tema menarik muncul dengan judul Strategi : Under Estimate & Over Estimate. Disini penulis menekankan pilihan strategi dalam menghadapi situasi berbahaya di jalan raya.

Strategi Under Estimate lebih mengarah ke arah keselamatan diri (Safety) dimana kita sebaiknya memberi perhatian lebih pada kendaraan di sekeliling kita bahwa kita tengah berada di sekeliling mereka. Contohnya dengan membunyikan klakson (friendly tap) saat hendak bermanuver atau saat tengah menghadapi titik-titik di persimpangan maupun tikungan.

Sedangkan strategi Over Estimate lebih mengarah kepada usaha untuk mengalah. Sebagai contoh ketika tengah melaju dengan kecepatan tinggi lalu sontak ada kendaraan lain yang mengeluarkan gelagat ingin adu kebut sebaiknya kita cenderung mengambil sikap mengalah. Biarkan kendaraan tersebut melesat lebih dulu untuk meninggalkan kita.

Di acara peluncuran buku ke 2 dari bro Saftari ini turut pula memberikan kata sambutan dan ucapan selamat dari dua rekan terdekatnya. Mereka adalah Fitra Eri, pembalap roda empat dari tim Garda Oto yang juga kontributor majalah otomotif Auto Bild. Yang kedua adalah dosen seni rupa di Bandung yang juga menjadi mentor dan teman dekat bro Saftari yaitu Bapak Yannes Martinus Pasaribu.

saft7com_03

Hadir pula di kursi undangan rekan-rekan dari komunitas/klub otomotif baik roda dua maupun roda empat, komunitas GPS, Blogger hingga Fotografi. Merekalah komunitas-komunitas tempat bro Saftari melebarkan sayap informasinya agar bisa lebih dikenal.

Selamat dan sukses untuk kemunculan buku ke dua UTAK-ATIK OTOMOTIF 2 : Berbagi Pengalaman ala Saft7.com.

saft7com_01

sumber foto : bro Stephen dan bro Henry

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s