Skill Improvement dan Turing Galunggung Part 2


Ada poin penting yang saat ini saya dapatkan kelar menjajal kegiatan kantor bertajuk JDDC Internal Enduro Gathering 2009 akhir Desember lalu. Selama ini saya terlihat terlalu menikmati sebuah turing tanpa ada niatan untuk mempelajari lebih dalam teknik-teknik berkendara. Di perjalanan terlalu biasa, rute pun biasa dan teknik yang dipakai pun terlalu biasa. Sedangkan pada kegiatan di atas tadi saya benar-benar ‘disiksa’ oleh paksaan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik saya dalam berkendara.

Total KM dalam 3 perjalanan : 557,2 km.

ready

Kini jika melihat sebuah aktifitas turing atau perjalanan idealnya sempatkanlah memaksimalkan trek yang ada. Tersedia trek, tersedia waktu untuk mengembangkan kecepatan, tersedia pula ‘apparel’ yang setidak nya mendukung atau mengantisipasi sebuah kecelakaan.

Kini pula waktunya untuk memandang sebuah aktifitas turing tidak hanya untuk sekedar melihat pemandangan, foto-foto, jalan pelan dan menikmati santapan kuliner di daerah-daerah. Tambahkan pula menu pelajaran peningkatan skill. Dari sana saya dapat mengukur sebaik apa saya berkendara jika di dorong dengan situasi yang kondusif.

Medan pun beragam sehingga kita bisa memaksimalkan serta mengukur kemampuan kita sendiri. Seberapa besar gas kita putar. Seberapa berani kita melihat tikungan. Seberapa benar teknik kita melahap trek on-road dan off-road serta hal-hal lain yang bersinggungan dengan teknik dan skill (kemampuan). Belum lagi ketahanan fisik jika pada perjalanan dihadapkan pada situasi terang lalu hujan deras hingga begitu variatif nya keadaan jalan.

Kesempatan mengasah skill pun datang lagi saat kemarin saya dan beberapa rekan menjalani perjalanan turing Galunggung.

Kini di etape 3 yaitu rute kepulangan saya menyusuri jalur Cipanas Garut – Cijapati – Bandung – Padalarang – Jonggol – Cileungsi – Bekasi.

Satu trek baru yang saya cicipi adalah trek Cijapati, sebuah jalur alternatif masuk ke Bandung tanpa melalui Nagrek yang ramai oleh kendaraan besar. Sebuah trek naik turun berhiaskan bukit-bukit di sisi kanan dan kiri.
Disinilah kesempatan saya sekali lagi mengasah skill. Meski masih terbatas dan perlu penyesuaian lanjutan dalam melakukan proses ‘braking’ di tikungan setidak nya saya sudah mulai ber adaptasi dengan semua jenis tikungan. Apalagi ban yang saya gunakan terbilang mendukung untuk semua kondisi. Ban Corsa keluaran Multistrada seri S123 sudah teruji kemampuan di pentas enduro sepekan sebelumnya.

Jadi … nikmatilah dan maksimalkan waktu perjalanan saat mengisi agenda turing panjang. Kapan lagi kita belajar dan mengasah kemampuan kalau bukan di sela-sela perjalanan.

glg day3_01

glg day3_02

glg day3_03

glg day3_04

glg day3_05

glg day3_06

glg day3_08

glg day3_09

glg day3_10

glg day3_11

redd

Leave a Reply

