KoBOI : Kuatkan semangat kampanye ‘Road Safety’


Kehadiran narablog (blogger) semakin lama semakin di perhitungkan. Kehadirannya yang independen dirasa mampu memuaskan pembaca nya ketimbang menelan informasi dari media konvensional.

KOBOI_1

Minggu, 10 Januari 2010 menjadi agenda awal tahun dari Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI). Undangan individu Rudi Triatmono (blog http://triatmono.wordpress.com/) dan para blogger untuk para perwakilan pabrikan disambut positif meski pada akhirnya hanya perwakilan dari Honda, TVS, Ducati serta Piaggio saja yang dapat hadir. Nama-nama besar ATPM lain yang berada di bawah bendera AISI urung hadir. Sedangkan di luar jalur produsen motor hadir pula rekan-rekan jurnalis dari Tempo Interaktif, Detik.com serta Kompas. Tak ketinggalan rekan-rekan dari DDOCI dan Vendetta Moto.

Satu hasil yang dapat dilihat dari diskusi santai ini adalah keinginan untuk berkampanye perihal keselamatan jalan (Road Safety) secara lebih intens, dan media blog inilah yang dirasa cukup fasih digunakan sebagai senjata untuk merubah pola pikir pembaca (*masyarakat) agar lebih mengedepankan aspek keselamatan dalam berkendara.

Undangan makan siang yang digelar di Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur di bilangan Cipete ini terbilang cukup sukses dalam menjalankan diskusi dan tukar pikiran. Semua tampak mendukung agar kampanye bernuansa keselamatan terus di kumandangkan. Sudut pandang blogger yang cenderung bersifat pribadi paling tidak dapat membentuk sebuah referensi sendiri untuk pembaca nya.

Blog adalah sebuah sebuah ‘citizen journalism’. Sebuah jurnalisme yang memandang satu topik lebih ke selera pribadi. Tak heran pembentukan opini bisa mendapatkan pro dan kontra melalui setiap komentar yang masuk. Disinilah tampak kepedulian pembaca yang sebenarnya juga memiliki keinginan yang sama dengan si pemilik blog itu sendiri.

Mari kita tunggu aksi para blogger dalam memberikan sebuah metode kampanye efektif melalui media mereka sendiri-sendiri.

Sumber foto : http://didik.blogsome.com/2010/01/10/lunch-with-koboi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s