Dukung Kampanye Lalu Lintas!


Pagi ini, di tengah gerimis kota Jakarta tampak seorang Polisi Wanita sedang sibuk menghampiri setiap pengendara roda dua. Ternyata petugas itu tengah membagikan flyer kecil berisi informasi Undang-undang Lalu Lintas soal penggunaan lajur kiri dan menyalakan lampu bagi roda dua.

Peraturan ini secara lengkap tertuang pada UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Secara spesifik semuanya dapat dilihat pada pasal 107, 287 dan 293, berikut informasi kurungan maupun denda nya.

img01

( Klik disini untuk memperbesar )

Sebuah sosialisasi memang mutlak diperlukan agar informasi per undang-undangan ini tepat sasaran. Dengan cara ini masyarakat pengguna roda dua akan mendapatkan edukasi bahwa ketika berkendara ada hukum yang harus di taati.

Bagaimana dengan fakta di kesehariannya ? Semua memang berbalik kepada individu-individu pengguna jalan raya. Ketaatan terhadap hukum tentunya refleksi kebaikan si pengguna jalan itu sendiri. Pihak Kepolisian –dalam hal ini Ditlantas– telah berupaya keras memberikan edukasi baik berupa kampanye aktif maupun yang sifatnya pasif dimana pengguna jalan dibebaskan mencari informasi hukum secara bebas melalui cara mereka sendiri.

Pembentukan individu taat hukum memang tidak seperti membalik telapak tangan. Disana juga harus ada sosok penegak hukum yang secara konsisten memberi peringatan jika terjadi kesalahan.

Mari sambut baik cara kampanye pembagian flyer pagi ini. Pengguna ruas jalan UKI-Cawang tadi pagi semoga dapat mengambil manfaat bahwa ada sebuah koridor hukum yang secara tegas melindungi keselamatan pengguna jalan secara signifikan. Jadilah pengguna jalan yang taat kapanpun, entah saat mengendarai roda dua, roda empat, penumpang bus bahkan pada saat berjalan kaki di sepanjang jalan kota sekalipun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s