Motorcycle Racing Final Race di Valencia


250 CC … Selamat buat Hiroshi Aoyama ! Juara dunia 250cc 2009 !

Ini adalah kelas terakhir 250cc. Tahun depan -2010- gemuruh mesin 600cc Moto2 akan bersuara lantang. Hiroshi Aoyama, rider asal Jepang menjadi kampiun terakhir ajang 250cc. Bertanding di Valencia Aoyama hanya butuh finish ke 11 untuk mengunci gelar. Pesaing terdekat adalah Marco Simoncelli asal Italia.

Photobucket

Pertarungan terasa lebih menegangkan ketimbang seri MotoGP, ini karena persaingan menuju kampiun ditentukan di seri terakhir. Simoncelli butuh Aoyama jatuh sedangkan Aoyama butuh finish minimal ke 11. Dengan hanya finish ke 11 Aoyama masih cukup mengantongi satu poin lebih tinggi dari Simoncelli.

Lap demi lap Simoncelli terus memforsir tenaga untuk terus merangsek di depan. Aoyama juga terlihat tidak main aman. Adegan mendebarkan terjadi ketika Aoyama masuk gravel. Situasi ruangan nonbar di lobi salah satu hotel di Bandung bergemuruh antara mensyukuri keluarnya Aoyama hingga terus meneriakkan nama Simoncelli.

Keluar dari gravel dan kembali masuk lintasan ternyata Aoyama masih di lindungi keberuntungan. Posisi di nomor 11, cukup beberapa lap akhirnya merangsek ke posisi yang lebih baik untuk menyaingi poin Simoncelli.

Dari awal balapan layar kaca terus menyorot tangan kanan Simoncelli saat menggenggam handle rem. Terlihat empat jari menekan keras saat melakukan hardbraking di tikungan. Kami para instruktur sepeda motor yang duduk di antara penonton lain bergumam gemas kenapa dia melakukan cara 4 jari. Dengan cara itu memang putaran gas akan menutup sempurna tapi tidak cukup baik dalam mengendalikan setang. Idealnya -dan itu dilakukan sebagian besar pembalap- adalah melakukan pengereman 2 jari -tuning finger di jari telunjuk dan tengah-.

Karena gemas kami spontan menduga Simoncelli akan jatuh dengan perilakunya ini. Benar saja. Setelah nyaris tergelincir beberapa meter memasuki tikungan saat motor belum lagi stabil Simoncelli pun jatuh. Benar-benar jatuh hingga keluar gravel dan memberi tempat kedua untuk Hector Barbera. Aoyama pun bersorak.

Begitulah balapan. Emosi berdampingan dengan skill tinggi belum tentu membuahkan hasil positif. Sebuah kemenangan besar buat bangsa Jepang di kelas menengah balap motor dunia. Hiroshi Aoyama JUARA 250cc 2009.

KELAS MOTOGP

Kelas ini sudah tidak penting lagi, Juara sudah didapat yaitu VALENTINO ROSSI. Gelar juara dunia yang dimiliki kini menjadi 9 titel.

Catatan kecil yang bikin gemas tentunya saat Stoner jatuh di sesi pemanasan. Padahal di saat yang sama Stoner berhak atas pole position GP Valencia. Alasan teknis ban dingin yang muncul di berbagai media otomotif menjadi pelengkap cerita naas Stoner.

Menikung. Ban dingin. Nyaris high side. Ya kecelakaan minor pun bisa terjadi pada siapa saja. Dan malam itu kata naas menjadi milik Stoner. Beruntung Hayden tidak mendapatkan naas yang sama. Entah tyre-warmer yang tidak berjalan baik atau memang sikap belum siap saat balapan. Mengunci rem depan seketika yang mungkin tidak disengaja berakhir sedikit memalukan.

Well .. every rider can make a mistake. Be positive.

“Obviously this is a frustrating and disappointing way to finish the season. There have been plenty of highs and lows throughout the year and we have ended on a low, but with another lesson learnt for next season,” said Stoner. (www.motogp.com)

Photobucket

Photobucket

dokumentasi : motogp.com

Advertisements

About andryberlianto
Daily life a modern motorcycle traveler and a (motorcycle) safety consultant. Fell in love with Kulonprogo sampe ngaku-ngaku asal Jogja ... #proud #TamanSungaiMudal #KulonprogoYuk #JogjaIstimewa #progomoto #RifatDriveLabs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: